Senin, 02 Januari 2017

# mainan # mom & kids

Yuk Main Puzzle Knob!

Hi semua, kali ini saya pengen bercerita tentang mainan Sakha yaitu Puzzle Knob. Sebenernya Sakha udah punya mainan ini sejak bulan Agustus lalu. Emang rencananya puzzle ini dibeli buat kado pas Sakha ultah. Padahal Sakha masih ga mudeng lho apa itu kado, tapi dasar emaknya aja yang semangat kasih Sakha mainan baru :D.

Baca : Happy 2nd Birthday Sakha :D !!

Udah lama saya tertarik dengan Puzzle Knob ini. Puzzle Knob ini terbuat dari kayu. Sebenarnya apa sih bedanya Puzze Knob dengan puzzle biasa. Bedanya adalah di bagian puzzle yang bisa dilepas dari papannya ini, terdapat semacam pegangan kecil yang memudahkan anak untuk memegangnya. Lebih lanjut bagian ini dinamakan knob. Pemasangan knob ini tidak menggunakan paku, jadi sangat aman untuk anak. Dengan adanya knob ini, si anak dapat terstimulasi untuk latihan menjimpit benda. Puzzle Knob ini cocok banget dimainkan anak range usia 2 - 4 tahun.

Saya beli puzzle knob ini di Tokopedia. Toko mainan online di instagram juga banyak yang jual. Tapi saya ga menyerah untuk cari harga yang paling murah, ketemulah harga termurah di tokopedia ini. Harga per puzzlenya Rp. 35.000. Puzzle knob ini berukuran 30x22.5 cm dengan tebal 5mm.

Saya membeli 4 tema, yaitu : Serangga, Hewan Laut, Abjad, serta Angka & Bentuk. Kenapa saya beli banyak banget ya? Ya supaya ga berat di ongkir..hehehe.. Selain itu saya belum pernah mengenalkan Sakha tema-tema di atas secara detail. Jadi saat main nanti Sakha bisa tau lebih jauh apa itu serangga, hewan laut, huruf dan angka :)

Alhamdulillah orderan saya diproses cepat sekali lewat Tokopedia. Setelah paketan datang, saya langsung buka puzzle dengan tema serangga dan hewan laut terlebih dahulu. Untuk tema huruf dan angka saya buka belakangan, nunggu usia Sakha agak gedean..hehehe..
Puzzle Knob tema serangga
Puzzle Knob tema hewan laut
Pas Sakha tau ada mainan ini dia seneng banget. Dia langsung penasaran sama Puzzle Knob ini. Langsung deh puzzlenya diberantakin. Saya sebutin nama hewannya satu persatu dan kasih contoh gimana cara masang puzzlenya ke Sakha. Di bagian papan puzzle terdapat gambar yang serupa dengan bagian puzzle yang bisa dicopot. Hal itu akan memudahkan anak dalam mencocokkan serta memasang puzzlenya.
Terdapat gambar di papan puzzlenya
Gambar hewan-hewan di puzzle ini sangat menarik, bikin Sakha betah berlama-lama main. Lucu dan colourfull gitu dah. Sakha paling suka yang gambar nyamuk. Pernah si puzzle nyamuk dimainin sampe ketiduran. Sebelumnya dia peragain si nyamuk lagi gigit tangannya.. :D

Pas awal-awal main Sakha belum bisa langsung pas masangin puzzle dengan papannya. Tapi lama kelamaan dia bisa. Horaay. Saya paling heboh nyorakin Sakha kalau dia berhasil pasang puzzlenya. Pernah juga Sakha ga minat main puzzle, jadinya kami main tebak gambar pakai media puzzle ini.

Beberapa waktu kemudian saya iseng ngintip puzzle yang bertema Angka & Bentuk, serta Huruf. Ternyata di tema ini, tidak terdapat bantuan gambar di papan puzzlenya. Jadi ya cuma berwarna kayu polosan gitu. Jadi cocok untuk anak yang menginginkan permainan puzzle dengan tingkat yang lebih sulit.

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari bermain puzzle? Berdasarkan informasi yang saya baca, saat anak bermain puzzle setidaknya ada 3 manfaat keterampilan yang didapat anak yaitu :
  1. Keterampilan Fisik
    Kegiatan anak menjimpit atau memegang puzzle sampai dengan memasangkannya hingga cocok merupakan aktifitas yang dapat melatih kemampuan fisik, yaitu kemampuan koordinasi mata dengan tangan, kemampuan motorik kasar dan halus. Hal tersebut akan sangat berguna saat anak belajar menulis kelak.
  2. Keterampilan Kognitif
    Dengan bermain puzzle, secara tidak langsung anak dilatih untuk mengenali bentuk, ukuran dan gambar yang berbeda. Hal tersebut membantu anak dalam meletakkan potongan puzzle secara tepat di bagian papannya. Hal tersebut juga berhubungan dengan kemampuan problem solving dan melatih daya ingat. Latihan seperti ini membantu anak meningkatkan keterampilan kognitif.
  3. Keterampilan Emosional
    Bermain puzzle tidak hanya membutuhkan kemampuan kognitif, namun juga membutuhkan kesabaran. Dalam bermain puzzle anak belajar bersabar dalam menyelesaikan suatu tantangan. Mereka akan merasa puas saat berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Dengan bermain puzzle ini, si kecil juga akan belajar menetapkan tujuan dan merancang strategi.
Mengingat manfaat bermain puzzle yang ternyata sangat bagus untuk melatih keterampilan anak, ga ada salahnya kita sebagai orang tua memperkenalkan mainan ini. Untuk tingkat pemula atau fase pengenalan puzzle, puzzle knob ini sangat cocok dimainkan. Jika anak antusias dan sudah mahir dalam memasang puzzle knob ini, lebih baik diperkenalkan puzzle gambar sederhana yang terdiri dari beberapa bagian kepingan. Supaya anak merasa tertantang untuk belajar hal-hal baru. Beberapa waktu yang lalu, Sakha saya kenalin puzzle yang merangkap sebagai water doodle.

Baca : Water Doodle, Belajar Mewarnai Tanpa Takut Berantakan

Namun perlu diingat lagi kalau kemampuan dan minat tiap anak itu berbeda-beda. Di usia yang sama si A mungkin bisa menyelesaikan puzzle dengan tingkat kesulitan lebih kompleks, sedangkan si B main puzzle knob pun masih bingung. Jadi saat anak sudah terlihat frustasi saat bermain puzzle, baiknya orang tua mengajak sang anak untuk berhenti bermain dan melakukan aktifitas lain.

Selamat mendampingi anak bermain puzzle ya.. :)

Sumber Gambar :
Anak main puzzle : http://1.bp.blogspot.com/-ZaCzKIqW5-I/Ua-lmhdBIFI/AAAAAAAAAHc/dXdCc1V616c/s1600/puzzle11.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara