Selasa, 17 Januari 2017

# diy toys # mom & kids

Ide Kegiatan Permainan Menggunakan Pompom

Halo buibu semua, pasti ga asing lagi kan dengan alat atau media bernama pompom. Bukan pompom untuk property cheerleaders bersorak sorai lho ya, tapi pompom yang sering dipakai untuk menghias baju, kerudung, boneka atau barang-barang crafting. Pompom ini terbuat dari benang. Banyak tersedia tutorial untuk membuat pompom secara DIY. Kali ini saya ga akan cerita gimana caranya bikin DIY pompom, ya karena emang saya ga bisa..hehehe. Saya akan berbagi cerita bahwa pompom ini bisa menjadi macam-macam permainan yang mengasyikkan untuk si kecil. Setidaknya menyenangkan bagi Sakha.. :D Yuk intip permainannya..

Sorting Warna Dengan Pompom
Pompom bisa dijadikan media pengenalan warna untuk si kecil. Kebetulan Sakha punya pompom dengan 6 macam warna, yaitu merah muda, kuning, hijau, biru, ungu dan orange. Sakha sebenernya belum terlalu ngerti nama-nama warna, tapi dia udah bisa membedakan warna yang satu dengan yang lainnya pas main sorting warna ini setelah beberapa kali main.

Alat dan bahan :
  1. Pompom warna merah muda, kuning, hijau, biru, ungu dan orange
  2. Mangkok plastik warna merah muda, kuning, hijau, biru dan orange
  3. Alas main/tray
Cara main :
  1. Tuang pompom dengan bermacam warna ke dalam alas main/tray
  2. Tata manguk warna mengelilingi tray
  3. Ambil satu pompom dan sebutkan warna pompom tersebut kepada si kecil
  4. Ajak si kecil untuk memasukkan pompom ke dalam mangkuk yang warnanya sama seperti pompom yang diambil
  5. Lanjutkan sampai selesai
  6. Biarkan si kecil untuk mengeksplor sendiri langkah 1 sampai 5
Serunya main sorting warna
Pas pertama kali main ini kira-kira pas umur 18 bulan, Sakha belum ngerti kalau dia diminta buat kelompokin warna. Dia malah antusias buat tuang pompom dari satu mangkok ke magkok lainnya.. :D

Menjepit Pompom
Permainan ini sebenarnya merupakan modifikasi dari permainan sorting warna, namun membutuhkan alat tambahan yaitu penjepit kue atau tweezer sebagai media memindahkan pompom dari alas main ke mangkuk warna.

Alat dan Bahan :
  1. Pompom warna merah muda, kuning, hijau, biru, ungu dan orange
  2. Mangkok plastik warna merah muda, kuning, hijau, biru dan orange
  3. Alas main/tray
  4. Penjepit kue atau tweezer
Cara main :
  1. Tuang pompom dengan bermacam warna ke dalam alas main/tray
  2. Tata manguk warna mengelilingi tray
  3. Ambil satu pompom dengan menggunakan penjepit atau tweezer dan sebutkan warna pompom tersebut kepada si kecil
  4. Ajak si kecil untuk memasukkan pompom ke dalam mangkuk yang warnanya sama seperti pompom yang dijepit
  5. Lanjutkan sampai selesai
  6. Biarkan si kecil untuk mengeksplor sendiri langkah 1 sampai 5
Ciee ada yang belajar menjepit
Pas pertama kali main ini kira-kira pas umur 18 bulan, Sakha ga antusias sama si tweezer. Karena emang dia belum bisa menjepit. Akhirnya si tweezer ini baru bisa dimainin ketika Sakha berumur 2 tahun, pas tangannya kuat buat menjepit.

Memasukkan Pompom Ke Dalam Botol
Ini merupakan permainan favorit Sakha, karena dia ga perlu mikir tentang perbedaan-perbedaan warna. Intinya Sakha ini demen banget main keluar masukin benda-benda, entah itu ke dalam kotak, botol atau wadah kecil. Kebetulan saya punya banyak stok botol bekas Miranda latte, ga ada salahnya dimanfaatkan buat mainan.. :D

Baca : Jatuh Hati sama Miranda Latte

Alat dan Bahan :
  1. Pompom aneka warna
  2. 2 Botol bekas
  3. Alas main/tray
Cara main :
  1. Tuang pompom ke dalam tray
  2. Minta si kecil untuk memasukkan pompom ke dalam botol
  3. Jika sudah penuh, minta si kecil untuk menutup botol
  4. Lakukan sampai semua botol terisi
  5. Jika semua sudah terisi, minta si kecil untuk mengeluarkan pompom dari dalam botol
  6. Lakukan kembali langkah 1 sampai 5
Sakha dijamin anteng main begini
Pas main ini Sakha mengalami kesulitan di langkah 5, yaitu saat mengeluarkan pompom dari dalam botol. Hal tersebut bikin Sakha penasaran, jadinya dia ngerti kalau mau ngeluarin pompom dari botol itu ga bisa langsung dituang. Musti diambil dikit-dikit pompomnya baru bisa keluar :D

Transfer Pompom Antar Botol
Ide permainan ini muncul saat Sakha main memasukkan pompom ke dalam botol. Saya minta Sakha untuk menuang pompom dari satu botol ke botol lainnya. Dia akhirnya paham kalau pompomnya berjumlah satu atau dua bisa dituang ke botol lain. Tapi kalau pompomnya berjumlah banyak tuh ga bisa dituang deh.. :D

Alat dan Bahan : Sama seperti permainan Memasukkan Pompom Ke Dalam Botol

Cara main :
  1. Sediakan 2 buah botol
  2. Minta si kecil untuk memasukkan satu atau dua pompom ke dalam botol pertama
  3. Minta si kecil untuk menuang pompom tersebut dari botol pertama ke botol kedua
  4. Jelaskan mengapa si kecil bisa menuang pompom dengan mudah
  5. Minta si kecil untuk memasukkan banyak pompom ke dalam botol pertama
  6. Minta si kecil untuk menuang pompom tersebut dari botol pertama ke botol kedua
  7. Jelaskan mengapa si kecil kesulitan saat menuang banyak pompom
  8. Ulangi langkah 1 sampai 7, sampai bosan :D 
Sukses menuang pompom
Mandi Pompom
Ide permainan ini muncul saat Sakha udah bosen mainan pompom trus mulai deh disebar-sebar pompomnya. Akhirnya daripada saya sebel pompomnya berserakan dimana-mana, lebih baik Sakha main mandi pompom aja di dalam bak.

Alat dan Bahan :
  1. Pompom warna-warni
  2. Bak mandi
Cara main :
  1. Masukkan banyak pompom warna-warni ke dalam bak mandi
  2. Minta si kecil untuk bermain pompom di dalam bak
  3. Buat peraturan boleh disebar-sebar asal masih di dalam bak :D
Sayang banget soalnya Sakha ga kefoto pas main ini. Dia demen banget apalagi pas ada pompom yang nempel di baju dan celananya. Dia girang banget.. :D

Menyusun Pola
Kalau si kecil udah mudeng sama pola angka atau huruf, pompom ini bisa dijadikan media supaya mereka lebih tertarik belajar pola lho. Sayang pas main ini Sakha belum tertarik. Jadi susah payah si emak nyusun pola huruf menggunakan pompom, eh ga lama udah diberantakin lagi sama Sakha :D

Alat dan Bahan :
  1. Pompom warna-warni
  2. Alas main
Cara main :
  1. Letakkan pompom ke alas main
  2. Beri contoh si kecil membuat pola huruf atau angka menggunakan pompom
  3. Sebutkan nama pola tersebut
  4. Minta si kecil untuk menirukan pola tersebut
  5. Lakukan kembail langkah 1 sampai 4
Saya lagi cari-cari dokumentasi saat Sakha main ini, tapi ternyata ga nemu. Padahal dulu sempat saya pake DP BBM. Ya sudahlah, maaf banget karena permainan terakhir ini juga tanpa foto.. (bow)

Selain bermain pompom dapat dikreasikan menjadi banyak kegiatan, permainan menggunakan pompom di atas juga memiliki banyak manfaat, antara lain :
  1. Mengenalkan warna kepada si kecil
  2. Mengasah otak, karena si kecil belajar mencocokkan warna pompom dengan mangkuk
  3. Melatih motorik halus
  4. Melatih koordinasi mata dengan tangan
  5. Melatih kesabaran, karena si kecil belajar mengeluarkan pompom dari dalam botol 
  6. Meningkatkan bonding orang tua dan anak, karena mereka bermain bersama-sama
Jadi gimana buibu semua, jadi tertarik kan untuk bermain pompom? Selamat bermain dengan si kecil ya.. :)

Kalau ingin bermain dengan memanfaatkan barang di sekitar kita seperti bola plastik, sedotan dan spons cuci piring, jangan lupa cek link di bawah ya :)

Permainan Murah Meriah : Memetik Bola

Permainan Murah Meriah : Meronce Sedotan

Permainan Murah Meriah : Tuang Air dan Memeras Spons

Sumber Gambar :
Pompom : https://img0.etsystatic.com/000/0/5412333/il_fullxfull.250537558.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara