Jumat, 06 Januari 2017

# diy toys # mom & kids

Permainan Murah Meriah : Tuang Air dan Memeras Spons

Hi semua, berjumpa lagi dengan rubrik Permainan Murah Meriah. Rasanya lama sekali saya ga posting tentang ini. Ga papa kan kalau saya pengen bercerita tentang mainan murah meriah yang dimainkan Sakha beberapa waktu lalu. Sebenernya Sakha udah main ini sedari bulan Agustus lalu, tapi sayang emaknya males buat nulis topik ini. Baru sempat sekarang (*karena mulai kehabisan bahan) Hahaha.. :D

Masih inget kan kalau dulu kita pernah memanfaatkan bola dan sedotan untuk sarana bermain anak. Kalau yang sekarang kita akan memanfaatkan spons. Yupii, spons yang sehari-hari kita gunakan untuk cuci piring itu buk. Buibu pasti punya semua kan. Ide permainan ini juga masih dari buku Rumah Main Anak. Saya mau minta maaf lagi karena belum sempat juga review bukunya karena memang saya belum pernah review buku jadi musti banyak belajar (*alasan klasik, padahal males).
Jadi kita akan bikin permainan apa? Jeng..jeng..jeng.. simple aja kok yaitu main tuang air dan memeras spons. Saya kira pasti anak kecil pasti akan tertarik dengan mainan ini, karena permainannya mengandung air. Siapa sih yang ga suka main air coba? Saya aja suka..kecuali berenang ya.. karena saya ga bisa :D. Yang pasti siap-siap lantai rumah basah ya buibu..

Bahan apa aja yang perlu dipersiapkan? Cekidot..
  1. Spons cuci piring : saya belah jadi 2 supaya ga terlalu besar saat dipegang anak
  2. Mangkuk untuk wadah air
  3. Nampan
  4. Cat air : saya pake warna merah
  5. Teko kecil transparan
Karena saya pake bahan seadanya di rumah, cara memainkannya pun saya bikin seadanya aja ya..hehehe.. Sebelumnya ambil air dalam teko dan beri warna merah. Kenapa saya pake warna merah? Karena supaya air terlihat jelas saat diserap spons dan saat dituang dari teko.

Begini cara main tuang air :
  1. Taruh mangkuk di atas nampan.
  2. Ajak anak untuk menuangkan air dari teko ke mangkuk. Lalu tuangkan air dari mangkuk ke nampan.
  3. Kosongkan isi nampan dengan menuangkan air ke dalam teko lagi.
  4. Ulangi berkali-kali sampai bosan..hahaha.. :D
Untuk main tuang air ini, sebaiknya menggunakan lebih dari satu teko dan beberapa gelas. Sayangnya saya cuma punya satu teko. Gelas plastikpun juga ga ada..hahaha.. Jadi kalau bahan-bahan yang lengkap tersebut tersedia, anak bisa memainkan tuang air antar teko, tuang air dari teko ke gelas, atau tuang air dari gelas ke gelas lainnya. Tingkat kesulitannya jadi berbeda kan..

Lalu kalau memeras spons, gimana cara mainnya ya?
  1. Taruh mangkuk di atas nampan.
  2. Tuang air dari teko ke dalam mangkuk. Ga usah sampe penuh, kira-kira sampai seperempat bagian mangkuk.
  3. Minta anak untuk merendam spons ke dalam mangkuk. Pada kegiatan ini kita bisa menjelaskan kenapa air di mangkuk akan berkurang, sedangkan spons menjadi berat dan berwarna merah karena air.
  4. Minta anak untuk memeras spons ke bagian nampan yang kosong. Pada kegiatan ini kita bisa menjelaskan kenapa sekarang nampannya menjadi basah.
  5. Ulangi berkali-kali sampai air pada nampan terisi penuh.
Senagnya Sakha main air
Gimana reaksi Sakha waktu mainan ini? Dia seneng bangeeet. Kami main ini di pagi hari saat Sakha belum mandi. Jadi ga papa lah berbasah-basahan. Kalau udah puas main, tinggal deh si Sakha dimandiin..hehehe.. Lokasi bermain kami di teras rumah. Kalau basah, tinggal dipel "sret-sret", beres dah. :D

Ternyata kegiatan sesimpel ini bisa punya banyak manfaat untuk si kecil lho, antara lain :
  1. Melatih motorik halus
  2. Melatih kekuatan tangan dan lengan
  3. Melatih koordinasi mata dengan tangan
  4. Melatih problem solving
  5. Melatih kemandirian dan kesabaran
Jadi gimana buibu semua tertarik untuk mencoba mainan ini? Yuk ajak si kecil berbasah-basahan dengan main tuang air dan memeras spons.. Selamat bermain ya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara