Sabtu, 21 Januari 2017

# diy toys # mom & kids

Permainan Murah Meriah : Bikin Mainan Bowling Sendiri Yuk!

Halo buibu cantique, jumpa lagi di rubrik Permainan Murah Meriah, dimana mainan buat si kecil bisa dibikin dari bahan-bahan di sekitar rumah. Kali ini saya akan sharing pengalaman bikin mainan bowling buat Sakha beberapa waktu lalu. Mengingat saya punya banyak stok sisa botol plastik, alangkah baiknya dimanfaatkan dulu sebelum mereka benar-benar terbuang di tempat sampah.. :D

Yuk, alat dan bahan apa aja sih yang perlu dipersiapkan? Simple aja kok :
  1. 6 buah botol bekas, kalau bisa yang sama ukurannya
  2. Kertas krep warna-warni
  3. Lem plastik
  4. Bola plastik
Cara membuat :
  1. Bersihkan botol
  2. Gunting kertas krep warna-warni
  3. Tempelkan kertas krep di badan botol
    Sebenernya kertas krep bisa ditempel semua sampai seluruh botol tertutup kertas krep. Tapi sayang karena saya males, jadinya sekenanya aja asal botolnya ga polosan..hehehe..
Walaaaa.. akhirnya udah jadi deh. Botol-botol bekas tadi udah keliatan agak cakep, siap untuk dimainkan.. :)

Trus gimana cara mainnya? Simple aja kok :
  1. Susun botol dengan urutan 1 botol di depan, 2 botol di tengah dan 3 botol di belakang
  2. Minta si kecil berdiri menjaga jarak dari susunan botol tersebut
  3. Minta si kecil untuk menggelindingkan bola sampai mengenai botol
  4. Minta si kecil untuk mencoba menyusun botolnya kembali
  5. Ulangi sampai bosan :D
Dengan permainan sesimpel ini Sakha bisa melatih koordinasi mata, tangan dan kaki. Sakha juga jadi belajar mengarahkan bola ke target sasaran. Untuk menyusun kembali botol yang jatuh juga diperlukan kesabaran, otomatis dia juga belajar gimana caranya supaya sabar dan ga tergesa-gesa. 

Lalu berapa lama permainan ini betah dimainkan Sakha? Kurang lebih 20 menit, abis itu dia bosen dan lebih tertarik buat mukul-mukul botol di lantai.. :D Okay deh.. Besok lanjut bikin mainan yang lain ya.. 

Gimana buibu yang lain, tertarikkah membuat mainan sendiri? Yuk manfaatkan barang di sekitar kita untuk main bareng si kecil.. Selamat maiinn..jangan lupa kepoin permainan murah meriah yang lain ya.. Cekidot..




1 komentar:

Follow Me @granitprihara