Jumat, 01 September 2017

# curhat # unexpected

Hati-Hati Penipuan Berkedok Kupon Berhadiah!

 
Kali ini saya pengen cerita kronologi percobaan penipuan yang dilakukan sebuah PT, sebut saja PT Abal-Abal. Ceritanya di suatu sore yang cerah, saya, Sakha dan ayahnya pergi ke tempat cetak foto yang terletak di suatu jalan di kota Jogja, sebut saja Jalan Bunga. Selesai memarkir kendaraan, di area parkiran tersebut kami dihampiri oleh embak2 yang bilang kalau kami mendapatkan kupon berhadiah dalam rangka ulang tahun PT Abal-Abal ke 16. Voucher itu masih dalam keadaan tersegel. Si embak bilang nanti ada dua kemungkinan hasil yang keluar, yaitu "Ucapan Terimakasih, Maaf Anda Belum Beruntung" atau "Voucher makan & Grand Prize". Kalau dapet hasil yang kedua, si kupon bisa ditukarkan voucher makan KFC plus kami akan berkesempatan mendapatkan grand prize berupa motor, mobil, logam mulia dan banyak hadiah yang lain. 

Sejujurnya saya tertarik sama voucher makan KFC nih. Si embak bilang kalau ingin voucher makan ini, kami harus ikut ke kantornya untuk mengambilnya. Dengan ikut ke kantor dan membuka vouchernya, si embak bilang dia akan mendapatkan beasiswa untuk kuliah dari kantornya. Karena alasan kemanusiaan saya pengen membantu si embak, apalagi si embak ngomongnya memelas gitu, saya jadi tak tega. Jadi saya ambil satu kupon deh. Setelah saya membuka kupon yang saya pilih, keluarlah hasil yang kedua. Saya bilang ke ayah Sakha lumayan lho dapet voucher makan di KFC. Dengan wajah terpaksa, ayah Sakha menemani saya berjalan menuju ke kantor si embak buat ambil voucher. Di perjalanan menuju kantornya ini si embak menunjukkan satu halaman penuh potongan koran yang memuat tentang iklan gebyar hadiah dalam rangka ulang tahun PT Abal-Abal ini. Ada gambar mobil, motor, logam mulia, emas, dan lain sebagainya yang sama seperti si embak ucapkan di awal pertemuan tadi.

Kantor si embak ini berada ga jauh dari tempat cetak foto tujuan kami. Kira-kira ga sampe 5 menit berjalan kami udah nyampe disana. Kami disambut sangat manis dengan beberapa pegawai yang stand by di kantor. Pertama sampe sini saya udah agak curiga, soalnya kantornya minimalis banget. Nyampe sana kami langsung dipersilahkan masuk ke dalam ruangan si supervisor. Yang aneh lagi, saya mendengar ada musik bervolume keras di bagian resepsionis. Tambah aneh lagi, saat kami menunggu sang supervisor datang, mereka menutup rapat pintu ruangan itu. Di dalam ruangan itu hanya terdapat satu meja, tiga kursi, dan spanduk yang ditempel di dinding tentang gebyar hadiah ulang tahun PT Abal-Abal yang mirip dengan iklan yang saya lihat di potongan koran tadi. Selain itu di sisi dinding yang lain terdapat pajangan foto-foto hasil penyerahan hadiah pihak PT Abal-Abal kepada pemenang, plus ada foto aparat kepolisian yang mengawasi proses penyerahan hadiah itu.. Wowww..

Nah saat duduk menunggu supervisor ini ayah Sakha langsung gerak cepat. Beliau langsung buka hp dan search di google dengan keyword PT Abal-Abal ini. Di halaman pertama hasil pencarian google muncul judul artikel "Dugaan penipuan mengatasnamakan PT Abal-Abal". Langsung hp ayah Sakha disodorkan ke saya. Kami saling memberi kode. Sambil menunggu si supervisor datang, ada embak2 lain yang datang menyuruh saya tanda tangan serah terima voucher makan KFC. Sayang ternyata nominal vouchernya cuma 10.000 cuy, takkira 50.000 gitu kek...hahaha.. Jadi menyesal kenapa mau digiring ke kantor PT ini.. :D Dapetlah saya voucher 10k ini..wkwkwk..

Wait, kami tidak terbebas begitu saja. Sang supervisor pun datang menjelaskan bahwa kami berkesempatan mendapatkan hadiah grand prize dengan memilih kupon undian tambahan. Sama seperti kupon yang pertama, kupon yang kedua ini juga terdapat dua kemungkinan hasil, yang pertama "Ucapan Terimakasih, Maaf Anda Belum Beruntung" dan yang kedua adalah "Gambar hadiah yang tertutup kotak hitam yang harus digosok". Sang supervisor pun mengeluarkan kertas yang berisikan list hadiah yang didapat. Dia menjelaskan minimal hadiah yang akan didapat adalah uang tunai 20 juta rupiah dan maksimal hadiahnya adalah mobil Toyota Sienta. Saya pun dipersilahkan mengambil kupon undian tambahan itu, bodohnya saya kok ya manut aja ya..wkwkwk.. Saya cuma pengen proses ini semua cepat selesai..

Ternyata setelah saya buka, kupon saya berisikan gambar kotak hitam yang harus digosok. Si supervisor itu pun menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu salah satu hadiah di dalam list ini akan menjadi milik kami apabila saya membayar biaya iklan sebesar 11.999.000 rupiah.. Dengan membayar biaya segitu, apabila setelah digosok muncul gambar mobil maka saya akan langsung dapet mobil.. Begitu lah kata si supervisor yang sangat pandai speak-speak itu..

Si supervisor pun mulai bertanya tentang KTP saya, untungnya dompet saya ketinggalan di mobil jadi aman bilang ga bawa KTP. Si supervisor pun berkali-kali bertanya apakah hadiah mau diambil. Jika hadiah diambil, dia akan mempersiapkan berkas-berkasnya. Saya udah bilang ga mau ambil, tapi si supervisor ini tetap mendesak saya.. (Supervisor : S, Emak Sakha : G).

S : Bu, jadi gimana bu, Ibu menjadi salah satu yang beruntung lho bu. Cukup membayar 12 juta ini ibu sudah bisa mendapatkan salah satu hadiah yang ada di list ini..
G : Waduh mba, ga usah mba..
S : Ga usah gimana bu, iya emang kalau 12 juta tunai kan pasti ibu ga ada. Tapi kalau di ATM pasti ada kan bu..
G : (zzzzzzz..mulai mangkel) Ga ada mba, ini anak saya baru mulai masuk sekolah biaya nya banyak. Saya ga ada biaya segitu.. Maaf ya mba..
S : Oh jadi ibu terkendala masalah biaya ya?
G : Iya mba, saya ga mau ambil..
S : Kalau gitu, gimana kalau ibu cukup membayar 20% dari biaya itu saja. Jadi sekitar 2 juta yang harus ibu siapkan. Pasti ada kan?
G : Hmm..maaf ga ada juga e mba, ya ini tadi mba, anak saya mulai masuk sekolah jadi kebutuhannya banyak. Saya ambil voucher KFC nya deh mba, lumayan buat beliin es krim anak saya (mulai berani bahas es krim soalnya tadi di awal ada embak2 pegawainya yang bilang "Alhamdulillah ya dek, dapet voucher KFC bisa buat beli es krim")
S : (mulai merasa sebal) Bu, ayolah dipikirkan lagi. Kapan lagi ada kesempatan seperti ini. (mulai ganti sasaran ke ayah Sakha) Ayolah Pak, ambil ya Pak bisa dapet mobil lho Pak Bu..
G : (mulai males plus takut kalau tiba-tiba digendam, langsung beranjak dari tempat duduk) Saya sudah punya mobil e mba. Maaf ya mba, saya ambil voucher KFC nya aja (sambil langsung menyalami si supervisor dan pegawai-pegawainya yang lain untuk pamitan)
S : (no komen dengan wajah males)
G : (bahagia bisa terbebas dari ruangan tertutup itu) :D
Waaaah.. rasanya kami bersyukur banget bisa keluar dari kantor PT Abal-abal itu. Di jalan kami langsung googling artikel tentang modus penipuan PT ini. Ternyata banyak juga korban yang berhasil tertipu. Berdasarkan kisah orang lain di kaskus, ada yang sampai menggesek kartu debitnya dan membayar uang 11 juta. Dia merasa seperti sedang digendam atau dihipnotis sehingga tanpa kesadaran penuh melakukan proses tanda tangan di atas materai. Selesai tanda tangan dia juga merasa terperdaya sehingga langsung menggesek kartu debitnya itu. Selesai menggosok kupon hadiahnya, ternyata dia hanya mendapat sejumlah alat kesehatan yang ternyata sudah tercantum di list hadiah namun tulisan hadiah itu diletakkan di urutan tengah-tengah list supaya konsumennya terkecoh. Harga asli alat tersebut jauh banget di bawah 11 juta. Woww.. serem juga ya...

Yuhuuu begitulah secuil pengalaman kami tentang modus penipuan kupon berhadiah. Semoga dari kisah ini kita bisa menjadi individu yang bisa lebih berhati-hati dan waspada. Berikut saya coba bagi tips supaya terhindar penipuan semacam ini :
  1. Ingat bahwa untuk dapet hadiah itu prosesnya ga gampang lho. Zaman sekarang ga ada easy money di dunia ini, kecuali warisan. Hari gini ada orang atau perusahaan bagi-bagi kupon hadiah gratis? Nama perusahaannya aja ga familiar di telinga kita lho. Masak kita ga patut curiga? :D
  2. Harus tegas dengan petugas lapangan yang membagikan kupon undian. Jangan sekali-sekali bilang "iya saya mau kuponnya" kepada mereka. Mending kita belajar menolak secara halus. Kalau misalnya petugas itu memaksa kita untuk menerima kupon, ya mending kita langsung lari aja atau meminta pertolongan orang di sekitar.
  3. Ingatlah, kalau suatu perusahaan memberi hadiah biasanya merekalah yang akan menanggung segala bentuk pajak dan tetek bengeknya. Ga ada ceritanya kita harus bayar uang dulu baru bisa dapetin tuh hadiah. Kalau gitu brarti mereka ga ikhlas buat kasih hadiahnya..mending buat situ aja deh barangnya.. :p
  4. Selalu berdoa ya guys. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan dan dijauhkan khususnya dari tindakan penipuan ini dan dari tindakan kriminalitas pada umumnya.
Mungkin sekian dulu ya sharing tentang penipuan berkedok kupon ini. Hayo hayo, apakah ada dari teman-teman pembaca yang mempunyai pengalaman ya mengenakkan seperti yang terjadi pada kami ini? Ditunggu sharing nya ya.. ^_^

Sumber gambar :
Judul : http://blog.laruno.com/wp-content/uploads/2016/08/S_3749426348715.jpg

3 komentar:

  1. SELAMAT ANDA MENDAPATKAN UNDANGAN RESMI DARI SUMOQQ.ORG Kunjungi skrg Live Chat nya u/Info lbh Lanjut,Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma-Cuma BBM : D8ACD825
    Daftarkan Segera ID Hokimu Di SumoQQ.ORG ! WinRate Terbesar Untuk Semua Permainan Kartu Anda ! Min Depo Cuma 15RB !
    Pin BBM : D8ACD825

    BalasHapus
  2. Makasih yaa kak sharing nya. Td ibu mertuaku ngalamin gitu jg. Untung gak bawa duit trus pulang dulu ngajak aku ke kantornya. Aku gak mau krn udh mencium aroma penipuan.
    Setelah aku bacain blog nya kakak ini ibuku baru percaya, katanya persis bgt kejadiannya. Smoga gak ada lagi kejadian kaya gitu. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ya.. Syukurlah ibu mertua ga jadi ketipu dek..
      Amiin..semoga ga ada kejadian kyk gitu lagi ya..lumayan meresahkan jg..

      Hapus

Follow Me @granitprihara