Jumat, 22 September 2017

# curhat # mom & kids

Gimana Playgrup Tempat Sakha Bermain dan Belajar?

Setelah survey beberapa playgrup di kota Jogja akhirnya kami nemu PG yang sreg. Disini Sakha masuk PG B, untuk range usia 3 sampai 4 tahun. Nah ternyata ada juga PG A dengan range usia anak 2 sampai 3 tahun. Ceritanya kemarin kami memanfaatkan daycare secara maksimal sampai Sakha berumur 3 tahun.


Trus saat usia Sakha sekitar dua tahunan, di kantor kami lagi ada hot issue pembukaan kantor cabang baru di Surabaya. Kami pengen pindah sana, jadinya kalau Sakha usia 2 tahun masuk PG di Jogja, abis itu dia harus pindah dan masuk PG di Surabaya tuh kasian juga. Dia musti bolak balik adaptasi. Jadinya kami mantap menitipkan Sakha di daycare sembari menunggu kepastian pembukaan kantor cabang Surabaya. Ehhhh.. taunya setelah menunggu kabar ternyata rencana pembukaan cabang baru ga jadi dong... *kecewaaa

Akhirnya sekalian deh Sakha di daycare sampe 3 tahun. Beberapa hari setelah ulang tahun yang ketiga Sakha langsung masuk PG. Sebelumnya kami udah dua kali survey PG ini. Kali ini saya mau kasih gambaran tentang PG ini baik dari survey maupun fakta setelah beberapa hari Sakha sekolah disini. Siapa tau bisa buat perbandingan ibu-ibu yang mau cari playgrup di kota Jogja, tapi maaf saya ga akan sebut nama PGnya ya.. ^_^


1) Lokasi
Terletak di jalan yang ga terlalu besar, tapi dua mobil bisa berpapasan. Nah di sekitarnya ada perumahan dan kampung gitu. Jadi suasananya ga sepi-sepi banget.

2) Kondisi Bangunan
Gedung bangunan untuk anak TK dan PG ini dipisah, kantor pusatnya ada di gedung TK. Letak kedua bangunan itu berseberangan. Untuk bangunan PGnya ini rumahnya memanjang, di bagian depan ga ada mainan anak-anaknya, cuma ada rak sepatu yang berjejer plus kursi kecil untuk anak memakai sepatu.

Semua mainan yang besar diletakkan di halaman belakang. Di bagian dalam terdapat ruang kelas dan kamar yang terpisah. Areanya cukup luas dan cukup cahaya matahari karena di bagian belakang dibiarkan terbuka. Dapur dan kamar mandi juga terletak di bagian belakang.

3) Biaya
  • Uang pendaftaran : Rp. 200.000
  • Uang pendidikan : Rp. 1.500.000
  • Dana pengembangan : Rp. 5.100.000 *karena Sakha masuk gelombang III jadi dana pengembangannya agak tinggi. Dana pengembangan gelombang III ini bisa diangsur sebanyak dua kali, sedangkan untuk gelombang I dan II bisa diansur tiga kali.
  • SPP reguler : Rp. 315.000
  • Tambahan kalau full day : Rp. 300.000
4) Jadwal
  • Reguler PG : 07.30 - 11.15
  • Full day PG : 07.30 - 16.15
  • Overtime : Rp. 50.000 per jam, kalau OT cuma beberapa menit aja nanti di pro rata ngitungnya
  • Karena kami pulang kerja jam 16.30, Sakha bakal OT tiap hari. Jadinya harga overtime sebaiknya didiskusikan dengan kepala sekolah PG dulu.
5) Fasilitas umum
  • 4 set seragam
  • 1 tas sekolah
  • Alat tulis
  • Buku daily report
  • Outing tematik
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Kegiatan parenting
6) Perbandingan jumlah siswa dan pengajar
  • TK --> 1 Guru : 12 Siswa
  • PG --> 1 Guru : 6 Siswa
7) Makanan
  • Reguler PG : Snack pagi satu kali, diberikan jam 09.00
  • Full day : Snack pagi, makan siang, buah plus snack sore 
Saya paling demen kalau di menu ada buahnya, pernah survey di PG lain ternyata ga dapet buah cuma snack aja. Sakha ini tipe anak yang suka buah, biasanya saya bawakan bekal buah juga, biar sehari dia makan dua jenis buah yang berbeda, satu dari rumah satu dari sekolah.

Baca : Pentingnya Buah-buahan Ini Untuk Si Kecil

8) Tidur 
Jadwal tidur siang full day adalah satu kali. Biasanya dilakukan setelah makan siang. Setelah bangun tidur anak akan diajak bermain, hafalan surat pendek, atau melihat video. Setelah itu mandi sore, makan snack sore dan menunggu jemputan.

9) Mainan 
Di halaman belakang terdapat ayunan, prosotan dan rumah-rumahan. Selain itu disini juga tersedia mainan edukatif yang cukup lengkap, plus banyak banget buku-buku bacaan anak-anak di rak, mulai dari buku Halo Balita sampai buku tentang kisah-kisah nabi.


10) Toilet Training 
PG ini sangat mendukung toilet training. Anak akan dilatih supaya mereka bebas dari diapers. Saat saya bilang kalau Sakha lagi proses toilet training, bundanya pun senang hanti membantu Sakha. Sempat Sakha beberapa kali ngompol, alhamdulillah bunda disini dengan sabar dan sering menawari Sakha pipis. Kurang lebih 3 minggu disini Sakha udah ga ngompol lagi..


11) Jadwal Harian
Saat survey kedua di PG ini, bunda pengasuhnya bilang kalau jadwal di PG itu beda sama daycare. Di daycare biasanya bobok siangnya dua kali, kalau di PG cuma sekali dan harus sesuai jadwal. Kurang lebih jadwal harian Sakha setelah beberapa hari di PG tuh kayak gini :
  • Dateng di PG pagi, lepas sepatu ditemenin bunda atau yanda
  • Masuk ke ruang tengah menonton video atau bermain sambil nunggu teman yang lain
  • Sarapan bagi yang belum sarapan
  • Sholat dhuha
  • Makan snack pagi
  • Belajar di kelas
  • Makan siang dan buah
  • Sholat dhuhur
  • Tidur siang
  • Bermain
  • Mandi
  • Makan snack sore
  • Tunggu jemputan
12) Lain-lain
Sekolah ini sering melakukan kegiatan outing, cooking class ataupun market day. Saat saya tanya apakah akan ditarik biaya lagi, bundanya bilang engga. Jadi biaya yang saya jembreng di atas itu sudah termasuk kegiatan di luar sekolah.

Yang saya suka dari sekolah ini adalah saat melakukan outing di luar sekolah, mereka akan menyediakan transportnya, biasanya berupa bus. Nah selama beberapa hari disini Sakha udah dua kali ikut outing ke museum dan kolam renang. Senang banget dia pertama kali naik bus. Sakha sebelumnya juga pernah ikut outing pas di daycare, tapi ga naik bus karena emang anak-anak di daycare ga sebanyak di PG.

Baca : Oleh-oleh Outing Sakha

Outing memperingati hari kemerdekaan RI
Kegiatan berenang
Selain itu waktu menjelang Idul Adha kemarin, pihak sekolah juga menyerahkan hewan kurban empat ekor kambing, yang dananya diambil dari hasil tabungan kurban para siswa. Wah saya kagum banget karena mereka melatih siswanya berkurban sedari kecil.

Kayaknya sekian dulu ya postingan saya tentang playgrup ini. Semoga bisa memberikan gambaran ya..Mohon doanya semoga Sakha betah sekolah disini... ^_^

Sumber gambar :
Kartun : https://tiaross.eq.edu.au/SiteCollectionImages/Playgroup.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara