Senin, 04 September 2017

# buku

Mengenalkan Profesi Pada Anak Lewat Buku Tiga Serangkai

Memasuki usia tiga tahun ini Sakha semakin suka sama kegiatan pretend play alias bermain peran. Seringnya sebelum bobok, dia akan berpura-pura menjadi dokter yang lagi memeriksa pasien. Saya harus legowo jadi korbannya pasiennya :D. Seru sekali melihat Sakha berpura-pura memeriksa, menyuntik, menginfus, memberi resep dan memberi obat pada saya. Saat saya tanya besok kalau gede pengen jadi apa, dia mantab menjawab pengen jadi dokter. Mungkin dia tau profesi dokter ini saat dia periksa ke rumah sakit.


Mengetahui Sakha sudah paham tentang tanggung jawab profesi dokter, saya jadi semangat untuk mengenalkan Sakha profesi lain yang ada di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan berinteraksi secara langsung. Misalnya saat kami sedang membayar barang belanjaan di kasir, kami menjelaskan ke Sakha gimana itu profesi kasir. Sama halnya saat kami bertemu perawat, penjaga parkir, bapak becak, waiters, polisi, customer service, atau teller bank, kami akan menjelaskan tugas-tugasnya.

Di suatu hari saya pengen mengenalkan Sakha profesi yang lebih bervariasi lagi, akhirnya terpikirlah gimana kalau saya beli buku yang menceritakan bermacam profesi aja. Dari hasil googling nemulah buku Ensiklopedia Profesi dari penerbit Tiga Serangkai. Harganya terjangkau, dengan membeli seharga Rp. 49.000 saya udah dapet buku yang menjelaskan 50 jenis profesi yang ada di Indonesia. Lengkap banget kan..
Buku Ensiklopedia Profesi
Pada bagian masing-masing profesi akan dijelaskan deskripsi dan tanggung jawab apa saja yang harus dilakukan profesi tersebut. Menariknya lagi terdapat bagian yang menjelaskan bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai profesi tersebut. Wow keren kan. Walaupun Sakha masih belum mudeng apa itu arti kata sekolah, kuliah, penjurusan atau sarjana, tetep seru aja menceritakan proses apa saja yang ditempuh untuk menjadi profesi yang dia sukai.
Profesi dokter
Saat membacakan buku profesi ini, Sakha paling tertarik dengan profesi dokter, penyanyi, kameramen, sutradara, dan koki. Gambar di bukunya diliatin terus sambil bolak balik bertanya kenapa kok di ruangan dokter anak ada TV, kenapa dokternya pake jas, kenapa kok koki pake topi putih, kenapa kok sutradaranya bawa mic, dll. Huwaaa.. PR buat kami nih untuk menjelaskan, capek tapi seru lah... :D


Nah kebetulan lagi di suatu malam yang syahdu, saat si emak Sakha ini me time ke Pamella swalayan, mampirlah ke rak buku. Rencana saya mau beliin buku gambar buat Sakha, karena dia lagi demen mainan mewarnai corat-coret. Eh tapi saya nyantol dong di bagian buku anak-anak. Saya girang banget pas nemu buku Seri Mengenal Profesi, lagi-lagi dari penerbit Tiga Serangkai. Langsung saya kalap beli tuh buku, soalnya harganya murah banget, Rp. 17.000 per bukunya.


Saya membeli seri Dokter Anak dan Dokter Kandungan, karena Sakha lagi demen-demennya sama profesi dokter. Pas kami buka bukunya di rumah, ternyata buku ini memiliki kualitas bagus. Sampulnya soft cover, trus per halamannya dicetak memakai kertas glossy. Jadi lumayan banget bisa tahan lecek. Selain itu gambar di dalam bukunya sangat jelas, full colour, dan menarik. Recommended banget..
Buku Seri Mengenal Profesi
Sakha paling demen sama seri profesi Dokter Anak, karena ceritanya persis banget sama yang pernah dia alami di rumah sakit. Saat dia muntah-muntah, trus diinfus dan harus dirawat di rumah sakit. Sakha ga berhenti ngoceh tentang profesi dokter anak ini..hohoho..


Saya jadi tertarik buat belikan Sakha buku seri profesi yang lainnya, karena Tiga Serangkai menerbitkan banyak sekali buki seri profesi, mulai dari dokter gigi sampai kapten kapal ada semua.. Tapi sabar, nunggu bulan depan aja ya buk.. Ingat bugdet anggaran buku dalam sebulan sudah hampir limit.. :D
Banyak seri Mengenal Profesi dari TS
Wow, seru banget kan sesi mengenalkan profesi pada anak. Selain dengan cara berinteraksi langsung dengan sumber profesi, bisa juga dengan cara lain, seperti bermain game tentang profesi, memperlihatkan video atau TV tentang macam-macam profesi. Tapi menurut saya tetap lebih asik kalau menggunakan media buku.

Karena dengan media buku, pasti akan lebih banyak terjadi komunikasi dua arah antara orang tua dengan anak. Orang tua juga bisa memberikan wejangan-wejangan atau nilai moral supaya anak menghargai bermacam jenis profesi. Semakin dini anak mengenal berbagai jenis profesi, maka dia akan memiliki pandangan tentang cita-citanya saat besar nanti. Dengan mengetahui cita-cita sejak dini, para orang tua akan lebih mudah mengarahkan anak sesuai minat dan bakatnya. Jadi ga ada ceritanya nanti di kemudian hari si anak akan kuliah pada jurusan yang dipaksakan orang tua. Atau cerita dimana saat besar nanti ga tau mau meneruskan kuliah jurusan apa. *curcol detected

Hohoho.. jadi tunggu apa lagi, yuk mulai dari sekarang kenalkan si kecil dengan berbagai macam profesi. Tapi jangan diburu-buru yaaa.. Jangan sampe dalam satu hari kita langsung mengenalkan banyak jenis profesi, nanti anak bisa stress.. :D Pelan-pelan aja ya mom..

Sumber gambar :
Macam profesi : http://tutorialbahasainggris.com/wp-content/uploads/2015/12/Daftar-Nama-Pekerjaan-dalam-Bahasa-Inggris.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara