Minggu, 10 September 2017

# travelling # wisata jogja

Minggu Pagi Mati Gaya? Ke Pelataran JEC Aja Yuk..



" Senin Selasa
Rabu Kamis
Jumat Sabtu Minggu
Kita ke JEC lagi "

Itulah lagu favorit Sakha saat weekend tiba. JEC alias Jogja Expo Center ini ceritanya terletak di dekat kontrakan kami. JEC ini juga merupakan rute kami sehari-hari saat mengantar Sakha ke sekolah. Tiap Sakha lewat JEC, dia selalu tanya "Ini hari apa ama?" "Hari Minggu bukan?" :D Karena dia tau hari Minggu adalah agenda kami untuk jalan-jalan ke JEC.

Yes, tiap minggu pagi keluarga kami sering jalan-jalan di pelataran JEC ini. Kalau lagi prepare banget ya kami belain mandi pagi-pagi trus kesini. Kalau lagi males ya cuci muka aja langsung cuz kesini. Di pelataran JEC ini banyak terdapat pedagang makanan, baju, mainan, jajanan. Mirip seperti sunmor di UGM atau pasar minggu di kota Malang. Tapi jumlah pedagangnya ga banyak seperti di dua tempat itu. JEC ini masih ramah anak lah. Ga ada ceritanya sampe susah jalan atau gencet-gencetan karena sumpek.

Bagi teman-teman pembaca yang mati gaya saat Minggu pagi tiba, yuk mari jalan-jalan ke pelataran JEC aja. Selengkapnya ada apa aja sih disini kok sampe kami agendakan setiap minggu jalan-jalan kemari? Yuk simak..

1) Area Rumput Hijau
Siapa yang ngerasa kalau di Jogja susah cari area rumput hijau? Saya saya.. Yap, saya ngerasa di Jogja ini kami sulit menemukan area hijau. Kadang buat cari area taman bermain aja susah nemu kok. Ada tempat namanya Taman Pintar emang, tapi disana musti rame banget, jadi kami agak males..hehehe..

Kalau di Blitar atau Malang, tersedia area terbuka hijau yang bisa dijadikan tempat bermain anak-anak semacam Alun-alun, Bunderan Tugu atau Kebon Rojo. Nah di Jogja ini, salah satu pilihan area hijau bisa ditemukan di halaman JEC ini, karena terdapat padang rumput yang luas disana..
Area rumput hijau
Saat Sakha dulu masih dalam tahap belajar berjalan, kami sering menetahnya disini. Kadang kami biarkan Sakha belajar jalan sendiri tanpa menggunakan alas kaki, supaya kakinya mengenal tekstur rumput. Kadang kami juga membawa bola kesini. Kalau bosan berjalan-jalan di area rumput ini biasanya kami bermain bola tangkap. Sakha demen banget, apalagi kami.. :D

Baca : Bundaran Tugu dan Alun-Alun, Tempat Rekreasi Ramah Anak Yang Murah Meriah di Kota Malang

Baca : Bon Rojo : Tempat Angon Anak Murah Meriah di Blitar

2) Area Jogging Track
Siapa yang suka jogging? Siapa suka jalan pagi? Di Jogja sebenernya banyak banget area yang bisa dijadikan jogging track, seperti di pelataran Grha Sabha Pramana di UGM sana. Tapi karena tempat tinggal kami jauh dari UGM yaudah mari jogging di area yang dekat saja alias di JEC sini.

Yes, di JEC terdapat area jogging yang cukup luas. Rutenya macem-macem sih, kita bisa pilih untuk memutari area rumput hijau dan parkiran. Selain itu kita juga bisa pilih untuk memutari gedung JEC itu sendiri. Biasanya kami jalan pagi memutari gedung JEC maksimal dua putaran.

Saya juga baru tau area JEC ini menjadi favorit para pejogging ga cuma di hari Minggu pagi saja. Ternyata di hari biasa saat pagi atau sore tiba, banyak juga orang yang kesini untuk olah raga jalan dan jogging.

3) Tempat Memanjakan Perut
Setelah capek olah raga jalan dan jogging, jangan khawatir kalau kelaparan atau kehausan. Di pelataran JEC sebelah barat terdapat banyak pedagang makanan, mulai dari bubur ayam, soto, nasi goreng, nasi kuning, lontong sayur, pecel, dll. Cemilan dan minuman seperti cilok, batagor, telur gulung, sosis bakar, takoyaki, empek-empek, roti canai, tahu petis, es kecang merah, es krim, es jeruk peras dan banyak lagi tersedia disini. Pokoknya mantab banget untuk tempat memanjakan perut.
Sebagian stand pedagang yang terfoto
Tempat memanjakan perut langganan kami adalah soto ayam dan jajanan takoyaki, yang letak tempat jualannya berseberangan. Jangan khawatir harga makanan, jajanan atau minuman disini cukup terjangkau kok. Oh ya semua tempat makan disini lesehan pake tikar ya, kecuali stand nasi goreng yang menyediakan meja kursi untuk tempat makan. Yuk mari kita ngesoto dulu..
Soto ayam favorit kami
4) Tempat Shopping Dadakan
Yuhuuu, selain terdapat banyak pedagang makanan disini juga banyak pedagang barang-barang kebutuhan sehari-hari, misalnya baju, gamis, baju anak, celana anak, jilbab, mainan, tupperware dll. Kadang juga ada mbak-mbak mahasiswi yang menggelar dagangan Oriflame..hohoho..

Lumayan lah selain memanjakan perut kita juga bisa memanjakan mata disini.. Jangan kalap ya belanja disini..hohoho..

5) Tempat Memanjakan Anak
Kenapa Sakha demen banget ke pelataran JEC? Karena disini dia bisa main lompat-lompat di istana balon. Saya masih inget dulu pas awal-awal kesini Sakha ogah menapakkan kakinya ke istana balon ini. Eh sekarang dia happy banget main lompat-lompat disini.
Istana balon favorit Sakha
Selain istana balon, disini juga ada permainan lain yang bakal memanjakan anak kita, seperti kereta mini, odong-odong dan wahana pancing ikan-ikanan. Istana balon dan kereta mininya pun ada di dua lokasi yang berbeda, bentuknya juga berbeda, silahkan mau pilih yang mana.. :D

Untuk tarif permainan disini jauh lebih murah daripada tarif wahana permainan di Timezone, Amazone atau Fun World.. (yaiyalah.. :D).

Baca : Akhirnya Sakha Bisa Main di Timezone

Baca : Main Sepuasnya di Amazone Jogja City Mall (JCM)

Baca : Serunya Main di Fun World, Hartono Mall Jogja

Mau lompat-lompat di istana balon, cukup bayar Rp. 10.000 sepuasnya. Untuk naik kereta mini, cukup membayar Rp. 5.000. Putaran kereta mini ini dijamin lama, Sakha aja kadang sampe bosen pengen turun. Trus untuk naik odong-odong, siapkan Rp. 2.000 per lagu ya.. Mayan murmer..
Yuk naik kereta mini
Kalau pengen memanjakan anak tapi dengan wahana gratisan, jangan khawatir! Disini juga ada permainan anak seperti prusutan dan ayunan..hohoho..
Main prusutan yuk
6) Tidak Terlalu Ramai 
Menurut saya pelataran JEC ini ramah untuk anak, karena pengunjungnya tidak terlalu ramai. Atau bisa dibilang, kadar ramainya masih bisa ditoleransi. Jadi selain bisa kulineran, kita bisa ajak keluarga untuk melakukan kegiatan outdoor disini.

Karena kondisi yang tidak terlalu ramai, banyak ayah ibu yang melakukan olah raga bersama anak-anak mereka disini, seperti bermain bulu tangkis, sepak bola, sepatu roda, jogging dan bersepeda. Tapi peralatan seperti sepeda itu dibawa sendiri dari rumah ya, ga bisa sewa kayak di Taman Fatmawati.

Baca : Ngadem di Taman Fatmawati Wonosobo Yuk!

7) Parkiran Luas
JEC memiliki tempat parkir mobil dan motor yang sangat luas, jadi ga perlu khawatir kehabisan tempat parkir. Saya masih ingat kejadian saat main ke Taman Pintar, tapi ga dapet tempat parkir mobil. Akhirnya kami harus parkir di halaman Bank Indonesia. Saat weekend itu tarif parkirnya sangat mencekik, yaitu Rp. 30.000.. woowww..

Kalau di JEC ini cukup bayar Rp. 4.000 untuk tarif parkir mobil dan Rp. 2.000 untuk tarif parkir motor. Mayan tidak mencekik kan ya...
Area parkiran yang luas
8) Banyak Spot Lucu Untuk Foto
Kalau tentang spot lucu ini untung-untungan. Semua tergantung sama event yang sedang diadain di dalam gedung JEC..hohoho.. Kalau ada event tentang anak-anak pasti ada property-property lucu yang diletakkan di depan pintu masuk gedung. Nah emak Sakha ga pengen kehilangan moment nih, jadinya memanfaatkan property yang lucu itu untuk spot foto..hehehe..
Wow, itu dinosaurus Nak!
Foto sama kastil
Sakha, ini mural
Hohoho..gimana..kita bisa dapet paket lengkap kan disini. Recommended banget. Yuk, jadi tunggu apa lagi, abadikan keceriaan hari Minggu pagi bersama keluarga di pelataran JEC...hohoho.. Thanks for reading.. See yaaa..

Sumber gambar :
JEC : http://2.bp.blogspot.com/-Bu64lS2S-8g/UtjpqhGlKXI/AAAAAAAAAHU/rk9NSlTuk4g/s1600/Logo+Jogja+Expo+Center.jpg

6 komentar:

Follow Me @granitprihara