Senin, 25 September 2017

# diy toys

Transfer Air Pake Pipet


Ceritanya saya pengen ajak Sakha main sesuatu yang baru, yang simple tapi berhubungan dengan air. Dulu pernah kami main tuang air dan memeras spons, seru sekali. Kami belajar mentransfer air dengan menggunakan media spons. Kali ini saya pengen coba transfer air tapi menggunakan media yang berbeda, yaitu pipet. Mengingat banyak banget pipet bekas minum obat Sakha yang ga terpakai.. :D


Yuk mari dimulai, kira-kira bahan apa aja yang perlu dipersiapkan?

  1. Tiga buah wadah air
  2. Air secukupnya
  3. Dua cat air dengan warna berbeda, saya pakai warna kuning dan hijau
  4. Satu buah pipet besar
  5. Satu buah pipet kecil
Nah cukup simple kan bahan-bahannya, pasti bisa ditemui di sekitar rumah. Setelah semua bahan-bahan tersebut siap saya membuat dua jenis larutan berwarna kuning dan hijau, yang masing masing ditempatkan di wadah berbeda. Satu wadah air khusus dikosongkan karena memang untuk tempat tujuan transfer air.
Larutan yang sudah disiapkan
Setelah semua larutan siap, yuk mari kita mainkan..hoho.. Cara mainnya seadanya saja sih ga pake patokan..
  1. Contohkan ke anak bagaimana cara memegang pipet, mengambil air dan memindahkan ke wadah yang lain
  2. Minta anak memencet pipet untuk mengambil air di wadah asal
  3. Minta anak menahan pencetan pipet
  4. Minta anak melepas pipet untuk memindahkan air ke wadah tujuan
  5. Ulangi sampe bosan :D

Untuk memindahkan air menggunakan pipet ini Sakha kadang masih kurang sabar. Saya berulang kali kasih petunjuk "pencet, masuk ke air, lepas, pindah, pencet" hahhahaha.. Ya Alhamdulillah Sakha udah mulai ngerti dikit-dikit. Sebelumnya dia cuma bisa mindahin air sedikit banget, wajahnya pun tampak ga bersemangat.
Cuma dikit yang ada di pipet
Setelah beberapa kali coba akhirnya Sakha bisa. Setelah setetes demi setetes mengumpulkan air ke wadah kosong, akhirnya tercampurlah warna hijau dan kuning. Setelah semua air sukses ditransfer ke wadah kosong akhirnya Sakha semakin ga sabar pengen pindahin air ke wadah yang lain lagi. Kali ini ga pake pipet, melainkan langsung dituang..hahaha.. ya udah monggo le..

Permainan transfer air menggunakan pipet ini berfungsi untuk memperkuat otot-otot jari anak dan bisa melatih koordinasi mata dengan tangan. Dengan ini daya konsentrasi anak juga akan semakin terlatih.
Pipetnya dua ama
Sejujurnya Sakha lebih gampang menggunakan pipet kecil daripada pipet besar..hohoho. Kegiatan transfer air ini bisa dilakukan dengan variasi yang lain lho, misalnya dengan media sendok atau suntikan. Pasti lebih seru, yang pasti anak akan belajar sabar dalam bermain transfer air.

Seru kan.. Dengan kegiatan simple seperti ini lumayan banyak manfaat yang didapat. Yuk ajak main si kecil menggunakan barang-barang di sekitar kita.. Contoh variasinya bisa klik kategori diy toys di blog saya ya.. Thanks..

Sumber gambar :
Pipet : https://i.ytimg.com/vi/7UXikHtgPs4/maxresdefault.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara