Rabu, 16 Januari 2013

# travelling

Wisata ke Gili Trawangan, Lombok [1]

Gili Trawangan 1
Yeii..gili trawangan, siapa yang gak tau tentang Gili Trawangan coba..hehe.. Pulau private yang ada di sekitar lombok, yang terkenal di kalangan bule-bule sono. Yak, waktu weekend saya dan teman2 di awal Desember 2012 lalu diputuskan untuk pergi liburan kesana, walaupun cuma semalam. Ya, cuma semalam, soalnya kami cuma libur di hari Sabtu dan Minggu aja. Kebetulan dari pertengahan November sampai akhir Desember lagi ada tugas kerja di pulau sejuta sapi alias Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Sumbawa :p. Kebetulan dengan pacar juga..alhamdulillah.. :D Jadi jarak ke Lombok tak terasa begitu jauh gitu..hehe..

Pagi itu kami berangkat jam 7 pagi, naik bus dari Townsite ke Benete. Perjalanan dari Townsite ke Benete membutuhkan waktu 45 menit jika ditempuh menggunakan bus. Dari Benete, kami naik boat yang biasa dinaiki karyawan PT Newmont. Boat yang bernama "Jety" ini akan menempuh waktu satu setengah jam untuk sampai di Pelabuhan Kayangan di Lombok. Lumayan punya kesempatan naik speed boat milik PT Newmont, berikut penampakannya :
Jety PT Newmont
Berpose dengan Jety PT Newmont
Sampai dipelabuhan Kayangan, kami telah dijemput oleh travel yang telah kami pesan sehari sebelumnya untuk membawa kami ke kota Mataram. Rencananya kami ingin makan KFC di Mall Mataram dulu. Maklum selama di Sumbawa kami gak bisa menikmati makanan kayak begitu (melas sekali thoooo). Makanan di mess semuanya bebas micin,,hahaha. Travel Pak Yudhi pun sudah melaju manyusuri jalan jalan, travel dari pelabuhan Kayangan ke Mataram bertarif 35 ribu per orang dan akan ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Dan dengan 35 ribu itu kita dikasih gorengan yang super enak "all you can eat" (maklum pas tugas kerja jarang makan gorengan) dan air mineral lokal bermerk "Narmada"..hehe..

Setelah kurang lebih 2 jam, sampailah kita ke Mataram mall, langsung cuzz ke KFC dan kalap makan creme soup favorit saya. Kami makan dan bercengkerama selama kurang lebih 1 jam, ada temen yang nambah porsi soalnya..hihi.. Untuk menyeberang ke Gili Trawangan, kita harus ke pelabuhan dulu, pelabugan Bangsal namanya. Tadi nemu pelabuhan "Kayangan" sekarang "Bangsal", unik sekali namanya. Untuk menuju pelabuhan Bangsal kami memutuskan untuk naik taxi, dan pilihlah taxi Blue Bird di kota manapun Anda berada karena sistemnya argo..hihi.. Kita bisa cari taxi di halaman depan mall, jangan sampe salah pilih ya, soalnya ada taxi serupa berwarna biru berinisial "R" dan kangmas saya hampir salah buka pintunya. Untung kita-kita pada teriak "bukan blue bird ituuuu!!". Hehe, lebay sih, tapi lebih murah lebih baik kan .. :D


Kami bertiga menghabiskan waktu di taksi sekitar 1 jam, dan saat argo menunjukkan rupiah ke 98ribu tibalah kami di Pelabuhan Bangsal. Saya kira pelabuhannya serem kayak di pilem "Bangsal 13" itu ternyata lumayan rame lah. Demikian penampakannya :

Pelabuhan Bangsal
Pelabuhan Bangsal
Nyampe disana kami langsung pesen tiket buat nyebrang, harga tiketnya 10ribu aja per orang. Kita bisa naik perahu jangkang yang akan ditempuh selama 30 - 45 menit, tergantung ombak sih. Di perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa sekali, air lautnya bening berwarna biru. Kita akan melewati Gili Air dan Gili Meno terlebih dahulu sebelum sampai ke Gili Trawangan. Keadaan di Gili Air ini sepi, gak ada rumah sama sekali, cuman ada pohon-pohon sama hutan gitu, di Gili Meno juga begitu keadaannya. Akhirnya kita nyampe nih di Gili Trawangan. Langsung tancap cari objek foto alias objek tulisan "Welcome to Gili Trawangan" yang tersohor itu..hihihi.. Demikian penampakannya waktu kumus-kumus (baca:berkeringat)
Gili Trawangan 2
Welcome to Gili Trawangan :)
Gili Trawangan 3
Perahu-perahu yang diparkir di pinggir pantai
Nah itu tadi cerita tentang perjalanan awal menuju pulau ini. Untuk singkatnya, berikut ini list biaya yang dibutuhkan untuk menuju Gili Trawangan dari Sumbawa, tepatnya daerah Benete dan sekitarnya :
  • Mess ke Pelabuhan Benete : Bus karyawan (gratis), ato bisa naik taxi (60 ribu)
  • Pelabuhan Benete ke Pelabuhan Kayangan : Jety (gratis), ato alternatifnya bisa naik kapal feri (@18 ribu), tapi harus ke Pelabuhan Poto Tano dulu (taxi: kurang lebih 200 ribu)
  • Pelabuhan Kayangan ke Mataram : Travel (@35 ribu per orang, ato kalo pengen nyewa 1 mobil itu kurang lebih 250 ribu)
  • Mataram ke Pelabuhan Bangsal : Taxi Blue Bird (98 ribu)
  • Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan : Perahu jangkang maksimal 20 orang (@10 ribu) 
Baca juga : Wisata ke Gili Trawangan Lombok [2]

12 komentar:

  1. pengen banget ke gili trawangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rajasinopsisfilm.com... lumayan recomended kalau mau cari tempat wisata yang ga ada asap kendaraan... :)

      Hapus
  2. kalo penginapan yg rekomen di gili trawangan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang rekomen belum tau ya.. kemarin kesana itu nginep di wisma Melati, itu dapetnya pas tanya ke bapak penyewaan sepeda.. Lumayan 100 rb per malam..

      Hapus
  3. mbak aku kapan diajak ksana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kapan bi,, nunggu sakha agak gede ya,,hehe,, sambil nabung dulu,, :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Maaf saya kurang tau spot mana yg bagus,,karena memang waktu disana tidak snorkeling,, :)

      Hapus

Follow Me @granitprihara