Selasa, 29 Agustus 2017

# mainan # mom & kids

Macam-macam Pretend Play Untuk Anak

Saat Sakha memasuki usia dua tahun dia semakin lancar dalam berbicara. Selain itu daya imajinasinya sudah semakin berkembang juga. Dari buku saya sering membacakan cerita tentang bermacam-macamnya jenis profesi di Indonesia. Sakha paling tertarik dengan profesi dokter, driver, penyanyi, tukang bangunan dan koki. Mungkin karena Sakha pernah bertemu profesi itu secara langsung, jadi dia lebih tertarik. Sebagai contoh saat Sakha bertemu dokter anak di rumah sakit, dia antusias sekali..


Saat di rumah, Sakha juga sering berpura-pura menjadi dokter. Saat saya bilang kalau lagi ga enak badan, Sakha langsung bilang "Ama lagi sakit ya, coba Sakha liat". Langsung dia berpura-pura memeriksa saya sambil sesekali bergaya sok meminumkan obat ke saya. Dalam hati saya berkata "Wow, anakku sudah pinter acting". Alangkah lebih baik kami sebagai orang tua memfasilitasinya..hoho..

Selesai gajian seperti biasa saya mengalokasikan uang untuk keperluan mainan atau buku Sakha. Kalau ga salah inget saat itu bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional, dimana pasti banyak diskon-diskon bermunculan. Karena mengetahui Sakha yang senang berimajinasi, akhirnya saya putuskan untuk membelikan mainan pretend play di Lazada. Free ongkir kan..hoho...

Baca : Tips Belanja Hemat Dan Nyaman Saat Harbolnas

Karena Sakha suka banget profesi yang saya sebutkan di atas, sementara saya belikan mainan dokter-dokteran, potong-potong buah dan alat pertukangan..hehehe.. Kalau media untuk pura-pura jadi penyanyi kan gampang tinggal pake botol aqua dibalik jadilah mic. Kalau media untuk pura-pura jadi driver cukup ambil piring nganggur, trus dibalik, jadilah setir mobil. Sama kayak yang dilakuin Tipa Tupa, yang memanfaatkan barang di sekitar sebagai media mainan.


Berikut penampakan pretend play Sakha yang saya beli di Lazada. Harganya cukup murah sekitar Rp. 40.000 per set nya. Dan ternyata setelah saya buka, plastik sebagai bahan dasar mainan ini kualitasnya bagus banget. Plastiknya tebal dan tidak tajam.

Set dokter-dokteran
Ceritaya di toko Toylogy di Lazada ini, untuk mainan dokter-dokteran dengan merk ini ada banyak jenisnya. Nah karena saya milihnya cepet-cepet, akhirnya saya beli yang jenis ini. Padahal ada jenis lain yang di dalamnya terdapat stetoskop..huhu.. Padahal Sakha demen banget sama stetoskop, karena tiap ke dokter selalu nunjuk-nunjuk stetoskop yang dipakai dokter.
Set dokter-dokteran
Set mainan dokter-dokteran ini terdiri dari alat pengukur tekanan  darah, kaca mata, id card staff, perban, penjepit, sendok obat, botol obat, pisau, jarum suntik dan alat pengukur gula darah. Dengan mainan ini si kecil bisa berpura-pura menjadi dokter, seperti melakukan kegiatan memeriksa pasien, menyuntik pasien, atau memberikan obat ke pasien. Seru sekali, Sakha paling demen berpura-pura nyuntik saya dan kasih obat, ga lupa dia selalu pake kacamata saat pura-pura jadi dokter ini..wkwkwk..

Set pertukangan
Kadang saat ayah Sakha lagi benerin motor atau lagi pasang-pasang sesuatu, Sakha penasaran banget sama obeng, mur, paku atau palu yang sering dibawa ayahnya. Mau ngenalin Sakha dengan alat pertukangan yang beneran kok saya masih ngerasa agak berbahaya. Akhirnya ngenalinnya lewat mainan aja.
Set pertukangan
Set mainan pertukangan ini terdiri dari kunci penjepit, kunci tabung, baut, tang, kunci inggris, obeng, dan kunci pas. Sakha paling tertarik sama obengnya, karena dia pernah liat ayah Sakha lepas pasang obeng plus dan minus, akhirnya Sakha ikut-ikutan deh. Dengan mainan ini, saat si ayah sibuk dengan kegiatan pertukangan "nyata", si anak bisa juga dilibatkan tapi dengan media mainan. Pasti seru sekali bikin bonding antara bapak dan anak jadi bertambah lengket. Trus si emak bisa me time deh.. :p

Set potong buah
Sebelum masak saya biasanya potong sayur lesehan di depan TV. Nah Sakha ini kadang penasaran sama pisau yang saya pegang. Daripada Sakha deket-deket sama pisau, akhirnya saya melipir pergi ke dapur aja. Nah sejak nemu mainan potong buah ini Sakha jadi ga gitu penasaran sama pisau yang saya pegang. Dia antusias potong-potong mainannya sendiri.
Set potong buah
Sebenarnya banyak jenis mainan potong sayur dan buah. Tapi akhirnya saya memilih ini karena warnanya menarik. Eh ternyata setelah saya coba, selain warnanya menarik, plastiknya juga tebal dan bagus. Set potong buah ini terdiri dari piring, pisau, buah apel, jeruk, pisang, lemon, dan semangka.

Mainan di atas kira-kira saya beli bulan Desember tahun lalu dan sekarang kondisinya masih awet walaupun sering dimainin Sakha. Kalau saya lagi capek banget, yaudah Sakha main ini sendiri, sedangkan saya atau ayah Sakha sering jadi korbannya objeknya, misalnya jadi si pasien atau customer
Sakha memeriksa Saliha
Biasanya saya yang sering diperiksa Sakha, tapi waktu itu dia lagi semangatnya memeriksa Saliha yang pura-puranya lagi sakit..hohoho.. Kalau mainan potong buah, biasanya saya sering jadi customernya. Jadi Sakha berpura-pura menjadi chef yang lagi bikin salad buah, kemudian disajikan ke saya.
Sakha lagi bikin salad buah
Seru banget kan ternyata pretend play atau bermain peran ini. Selain seru, pretend play ini juga memiliki manfaat antara lain :
  1. Membangun rasa percaya diri. Dengan bermain peran menjadi sosok yang si kecil inginkan dapat menjadikan si kecil lebih percaya diri.
  2. Belajar memecahkan masalah. Saat bermain peran, pikiran si kecil akan berkembang sehingga dia seakan-akan menemukan masalah yang akan dipecahkan. Misalnya ketika ada pasien sakit, si kecil akan bepura-pura memeriksa dan memberikan obat.
  3. Melatih kecakapan sosial. Bermain peran terutama saat bersama teman-temannya membuat si kecil berlatih untuk saling berempati, berbagi, bergantian dalam memainkan sesuatu, mendengar atau mengemukakan pendapat.
  4. Mengembangkan kemampuan berbahasa. Dengan sering "mengoceh" saat bermain, akan membuat kosa kata anak semakin meningkat sehingga pelafalannya menjadi lebih sempurna.
Wah yuk tunggu apa lagi, mari ajak si kecil bermain peran. Selain dengan jenis mainan di atas, ada juga ide pretend play yang lain contohnya bermain menjaga toko, main polisi-polisian, main sekolah-sekolahan, main rumah-rumahan dalam tenda, atau berpura-pura mencetak kue dengan menggunakan pasir kinetik atau playdough.

Baca : Tenda, si Mainan Favorit Anak? Iya Dong..

Baca : Asyiknya Bermain Playdough

Anyway thanks for reading ya.. Sampe jumpa di postingan yang lain.. ^_^

Sumber gambar :
Judul : http://3.bp.blogspot.com/-S2aY_96rz8o/Ua-V8sPQxtI/AAAAAAAADdU/fVilkFN-i5E/s1600/01(800)v01.gif 
Mainan : Lazada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara