Rabu, 12 April 2017

# mainan # mom & kids

Asyiknya Bermain Playdough

Tentunya buibu semua ga asing kan dengan mainan playdogh ini. Dulu pas jaman kecil kita pernah kok mainin dolanan ini, dulu dia terkenal dengan sebutan 'malam'..wwkwkw. Seiring perkembangan zaman, berubahlah sebutan dia menjadi playdogh alias lilin mainan. Sebenernya playdough ini bisa dibikin secara DIY, dari tepung terigu plus air. Tapi emak Sakha ini lagi males bikin-bikin, jadi mending beli aja.. Kita beli yang versi murah kok..bukan yang merk Playdough itu.. :p

Saya beli playdough yang merknya Fun Doh. Saya beli untuk Sakha kira-kira sekitar bulan Agustus tahun lalu. Saya milih beli di Shopee karena waktu itu dia lagi ada promo bebas ongkir dengan minimum transaksi tertentu. Saya pernah beli mainan Water Doodle untuk Sakha dengan memanfaatkan free ongkir dari Shopee juga. Nah waktu itu si toko penjual playdough ini juga menjual Play Sand alias pasir kinetik. Sekalian saya beli juga si pasir kinetik itu. Nanti review lengkapnya di postingan lain aja yaa... :D

Baca : Water Doodle, Belajar Mewarnai Tanpa Takut Berantakan

Saya membeli playdough seri Animal seharga Rp. 15.000. Playdough ini sebenrnya punya banyak seri, mulai dari Fried Chicken, Sweet Candy, Pizza, Ocean Life, Dinosaurus, Ice Cream, dll. Saya sengaja pilih seri yang sederhana dulu yang ga terlalu ribet untuk anak seumuran Sakha. Beginilah penampakannya..
Playdough pertama Sakha
Isi dari playdough ini antara lain :
  • 4 buah cetakan, antara lain pohon, ikan lumba-lumba, kuda dan anjing
  • 1 buah mini roller alias penghalus atau penggiling adonan playdough
  • 1 buah pisau mini
  • 2 cup kecil dough berwarna merah dan hijau
Saya memperkenalkan mainan ini ke Sakha ketika dia berusia sekitar 2 tahunan. Pas tau mainan ini dia sempat bingung. Dia lebih tertarik sama cup doughnya dong, soale ada cetakan mobil kecil di bagian bawah cupnya.. :D

Yuk mari main. Jangan lupa sebelum main kita siapkan alas dulu, berupa perlak, kain atau koran bekas, supaya si dough ga mengotori lantai. Jujur Sakha juga belum terlalu mudeng sama mainan ini. Soale tangan Sakha belum bisa mencetak doughnya. Sakha cuma tertarik buat potong-potong doughnya jadi bagian lebih kecil.
Potong dulu yes
Belajar mencetak
Fiuh, Sakha emang keliatan ga begitu tertarik sama ini mainan, ya mungkin karena kesulitan mencetak itu. Nanti kalau usia Sakha udah makin gede dan tangannya makin terampil, mari kita main ini lagi.. :D
Udah bosen aku maa..
Sebenernya permainan playdough ini banyak manfaatnya lho... Selain bisa bikin happy berikut ya manfaat lain bermain playdough :
  1. Melatih kemampuan sensorik
    Permainan playdough ini merupakan permainan yang menggunakan media sentuhan. Kemampuan sensorik anak akan terlatih ketika dia mengenal tekstur dari suatu benda yang disentuh.
  2. Melatih kemampuan berfikir
    Dengan memberi contoh bagaimana cara memainkan playdough serta bagaimana caranya mencetak atau menciptakan suatu bentuk dari playdough, maka kemampuan berfikir anak akan terstimulasi.
  3. Melatih daya imajinasi
    Tidak ada aturan dalam bermain playdough. Mau adonannya dicetak, dibentuk, diiris, digunting, digiling monggo-monggo aja. Dengan demikian daya imajinasi dan kreatifitas anak akan semakin meningkat.
  4. Mengenal warna
    Playdough bisa dijadikan media untuk mengenalkan warna pada si kecil. Sambil membentuk sesuatu, mintalah si kecil untuk menyebutkan namanya. Selain itu kita juga bisa bereksperimen dengan mencampur warna-warna dasar pada adonan supaya menghasilkan warna baru lho..
  5. Mengenal bentuk
    Dengan mencetak playdough menggunakan berbagai jenis cetakan, si kecil akan mengenal berbagai jenis bentuk. Setelah selesai mencetak mintalah si kecil untuk menyebutkan bentuknya.
  6. Melatih kemampuan sosial
    Selain bermain dengan orang tua, berilah kesempatan si kecil untuk main dengan keponakan atau teman sebayanya. Pastinya lebih asyik kan main bareng, kemampuan sosial pun semakin terstimulasi.
Yuhhuu, sekian sharing saya tentang bermain playdough bersama Sakha. Semoga di kesempatan lain Sakha lebih semangat dan tertarik mainnya..hoho.. Seperti ketika dia semangat banget main tenda-tendaan beberapa waktu yang lalu..

Baca : Tenda, si Mainan Favorit Anak? Iya Dong..

Sampe jumpa di postingan saya yang lain ya.. Yuk ajak si kecil main dulu supaya quality time tetap terjaga.. ^_^

Sumber gambar :
Judul : http://image.iyaa.com/article/2015/04/__icsFiles/afieldfile/2015/04/10/in_lilin_untuk_anak_QnrN22oycO-7471784054279889207_jpg.png

2 komentar:

Follow Me @granitprihara