Kamis, 06 April 2017

# mainan # mom & kids

Apa itu Mainan Maze?

Saya mungkin satu dari banyak emak-emak yang suka follow-follow akun instagram toko mainan online. Godaan dari follow banyak akun itu adalah kalau lagi pas ada mainan keluaran terbaru, atau saat si pemilik akun memposting mainan lucu-lucu. Langsung deh saya kepincut pengen beli.. Dasar emak-emak..

Eits, sebelum beli pasti saya akan kepoin mainan ini berhari-hari. Googling sana googling sini mencari tau apa manfaat dari mainan ini. Setelah sreg, baru deh belii.. Nah salah satu toko mainan yang saya follow ini menjual mainan Maze. Nah saya akan sedikit berbagi cerita tentang mainan Maze ini yang saya beli kira-kira setahun yang lalu.. Jadi apa itu mainan Maze

Dalam bahasa Inggis, Maze ini artinya labirin. Intinya terdapat jalur yang membingungkan untuk mencapai suatu tujuan. Nah Maze yang dijual ini berbentuk papan yang memiliki jalur tertentu. Orang-orang sering menyebut mainan Maze ini dengan sebutan papan alur. Tujuannya adalah mencocokkan suatu benda dengan yang lain, namun dengan melewati alur tertentu..

Mainan Maze ini mempunyai bermacam-macam tema, contohnya adalah tema mencocokkan hewan dengan makanannya, mencocokkan alat-alat transportasi, mencocokkan geometri, mencocokkan hewan ternak dengan habitat, dan lain-lain.. Berhubung Sakha udah pernah belajar tentang transportasi lewat buku pertamanya, trus dia juga udah punya media belajar geometri lewat busy booknya, kayaknya mending pilihin Sakha tema hewan ternak aja..



Di online shop instagram ini harga mainan Maze hewan ternak adalah Rp. 85.000, belum ongkir pula. Seperti biasa, sebelum beli saya kepoin dulu e-commerce lain seperti Shopee, Lazada atau Tokopedia, siapa tau dapet harga lebih murah. Akhirnya nemu harga paling murah di Tokopedia Rp. 60.000, belum ongkir Rp. 15.000 ke Jogja. Mayan lah ngirit sepuluh ribu.. *dasar emak-emak.. :P

Horay, setelah beberapa hari menunggu akhirnya mainan datang. Ternyata bentuknya lumayan besar, tapi beratnya ringan. Mainan Maze ini terbuat dari kayu dan triplek dengan dimensi 30x30x20 cm. Bentuknya kotak, sedikit lebih besar dari bentuk mainan Water Doodle. Mainan Maze ini dibuat sangat rapi dan bersih. Saya ga menemukan adanya serbuk-serbuk kayu yang mengganggu. Gambarnya pun juga jelas dan memiliki warna yang menarik. Kurang lebih seperti ini penampakannya :
Maze hewan ternak
Baca : Water Doodle, Belajar Mewarnai Tanpa Takut Berantakan

Di mainan ini terdapat gambar habitat hewan ternak seperti sapi, domba, ayam, angsa, ikan dan kuda. Selain itu juga terdapat knob berbentuk hewan yang bisa dipindahkan dengan melewati papan alur yang tersedia. Jadi kalau mau pindahin knob hewan ke habitatnya tuh ya tinggal digeser mengikuti jalur di papan.

Baca : Yuk Main Puzzle Knob!

Nah pas pertama kali main, Sakha masih belum tau caranya geser knob-knob hewan itu. Maklum Sakha masih 1,5 tahun waktu itu. Jadi dia kurang sabaran akhirnya ya langsung angkat aja knob itu dari jalurnya..wkwkwk.. Sakha juga belum keliatan antusias main ini, karena dia merasa kesulitan. Jadi akhirnya saya yang mainin ini sambil kasih liat ke Sakha.

Nah seiring bertambahnya usia Sakha, bertambah pula keterampilan tangannya. Sakha juga udah bisa niruin apa yang saya lakuin. Akhirnya dia baru mudeng cara mainin mainan Maze ini sekitar umur 2 tahunan. Dia anteng banget pas main ini. Dia juga udah bisa lepasin knob-knobnya lewat jalur yang paling ujung.. :D

Di mainan ini kan juga ada tiga gambar orang. Sakha sering bilang kalau yang kasih makan ayam itu saya, yang kasih makan domba itu ayahnya trus yang mancing ikan itu dia..wkwkw..lucu banget kamu le..
Sakha main Maze
Lalu apa sih sebenernya manfaat bermain Maze itu? Berikut manfaat yang bisa diambil dari bermain Maze :
1) Melatih Kesabaran
Untuk mengarahkan suatu knob ke tempat tujuannya, dalam hal ini knob hewan ke gambar habitatnya, tentunya diperlukan kesabaran ekstra karena harus melalui jalur yang berkelok-kelok. Dengan minan ini anak akan belajar bersabar untuk menyelesaikan suatu tantangan.

2) Melatih Kemampuan Klasifikasi
Dengan mainan Maze bertemakan hewan ternak ini, anak diminta untuk mengklasifikasikan hewan sesuai dengan habitatnya. Kemampuan klasifikasi melalui media mainan seperti ini tentunya akan lebih mudah dimengerti anak daripada dengan metode menghafal.

3) Media Belajar
Karena papan alur bertema peternakan ini memiliki gambar yang menarik, tentunya akan mempermudah anak dalam mempelajari konsep dasar, misalnya berbagai jenis hewan, alam, cuaca, tumbuhan, warna, bentuk dan lain-lain.

4) Prewriting
Dengan bermain Maze akan membuat tangan anak menjadi lentur yang akan sangat berguna saat anak mulai belajar menulis nanti.

Wohooo, mayan banget kan manfaatnya. Permainan ini cocok banget untuk anak berusia 2 sampai 5 tahun. Mainan Maze Sakha ini udah berumur setahunan, alhamdulillah masih awet-awet aja. Semoga ke depannya juga bakal tetep awet yes..hehehe. To sum up, saya akan bilang kalau mainan ini rekomended untuk dimiliki. Selain karena manfaat yang disebutkan di atas tadi, mainan ini juga memiliki bentuk kotak yang ringkas, tentunya memudahkan untuk dibawa dan dimainkan dimana saja..

Yuk ajak si kecil mainan Maze.. :)

Sumber gambar :
Apple maze : http://www.thinkmaze.com/wp-content/uploads/Apple_maze_print.jpg 
Maze : https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/300/product-1/2016/1/24/2301538/2301538_dd8ee2e4-6ded-4aed-9f6b-eddb8fd27b24.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara