Selasa, 20 Mei 2014

# pregnancy

USG 4 Dimensi

Alhamdulillah usia kehamilan saya sudah memasuki 7 bulan. Usia kandungan segini konon lagi pas-pasnya buat dilakukan USG 4D. Saya dan mas semangat sekali pengen lihat wajah dedek, pengen lihat gerakannya di dalam rahim saya, pengen lihat organ-organ dedek tumbuh sempurna..hohoho..

Baca : Perkembangan Dedek Part 1

Kami masih bingung mau lakukan USGnya dimana, apakah di rskia sadewa, rs happyland, atau di laboratorium. Banyak temen sesama ibu hamil yg bilang kalau USGnya jangan sampe lebih dari 7 bulan karena air ketubannya semakin sedikit, sehingga kita ga bisa liat pergerakan dedek dengan jelas. Akhirnya setelah survey kesana kemari akhirnya kami memantabkan hati untuk USG ke Pramita Lab. Selain karena ada temen kerja yg USG disana dan bilang kalau peralatan USG disana paling up to date dan dapat paketan lengkap seperti hasil usg print, rekap medis dan vcd gerakan dedek, saya juga sreg karena pas saya survey2 lewat telpon operatornya ramah bener. Walaupun harganya agak sedikit mencekik, tapi kalau pelayanan dan hasilnya memuaskan kenapa engga. Saya udah males dijudesi oknum perawat-perawat yg kerja di rs umum..hihihi.. :p (maafkan)

Baca : Perkembangan Dedek Part 2

Prosedur USG 4D di Pramita Lab sangat simpel, kita tinggal telpon aja lho. Bilang ke operator kalau kita mau USG 4D. Operatornya ngecek jadwal yg available kapan. Selanjutnya operator menghubungi kita jadwal yang tersedia kapan. Pada hari dan jam yg dijadwalkan, kita tinggal datang menyebutkan nama dan kebutuhan kita apa. Ceritanya saya dapet jadwal hari Senin jam 19.00. Pulang kantor cepet, mandi, maem, langsung habis maghrib tancap ke Pramita Lab deket UGM sana.

Baca : Perkembangan Dedek Part 3

Nyampe tujuan saya langsung disambut dengan bapak satpam untuk menunjukkan cara mengambil nomor antrian customer service. Setelah menunggu sebentar saya menemui mbak CS yg ramah dan bilang apa kepentingan saya. Langsung embaknya memverifikasi berkas pendaftaran saya dan nota untuk USG ini dan selanjutnya dikasih ke bagian kasir. Saya dipanggil lagi di bagian kasir untuk melakukan pembayaran, selanjutnya saya dan mas disuruh menunggu dokternya di ruang tunggu. Ruang tunggu nya nyaman bener, kursinya empuk berhadapan dengan taman dan kolam ikan.
Beberapa saat kemudian dokternya datang, saya lupa nama dokternya..hehehe..yg pasti cewek dan beliau adalah dokter spesialis radiologi. Setelah selesai berbincang-bincang kenalan sebentar, dokternya mulai melakukan USG. Ternyata pertama-tama dilakukan USG 2 dimensi dulu untuk mengetahui letak posisi yg pas dari dedek. Baru setelah nemu posisi yg pas, USG 4D nya diaktifkan. Dokter nemerangkan kalau berat badan dedeknya besar tapi masih diambang normal, selain itu memperlihatkan organ-organ dedek yg tumbuh normal. Dokter juga bilang kalau dedeknya berjenis kelamin cowok. Selain itu dokter juga bilang kalau posisi dedek masih sungsang..huhuhu..

Tahap yg ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, dokter udah nyalain fungsi 4D di mesin USGnya. Dokter mulai merekam gerakan-gerakan dedek. Sayang posisi dedek ga gitu bagus, dia lagi asik duduk 'mekokok' sambil nutupin wajahnya..huhuhu..sedihnyaaaaa.. Saya dan mas kan pengen liat wajah dedek :( Mengetahui raut kekecewaan muka saya, dokternya ngasih kesempatan saya jalan-jalan dulu sembari beliau nerima pasien berikutnya. Siapa tau posisi adek berubah, gitu kata beliau. Hwaaaaa saya seneng banget dong, akhirnya saya jalan-jalan sebentar muterin taman di deket ruang tunggu sambil ngajak ngobrol dedek. "Ayo dek tolong ubah posisinya, bunda sama ayah pengen liat wajah dedek", sambil ngelus2 perut.

Selesai muterin taman sambil ngobrol sama dedek, dokter mempersilahkan saya masuk lagi ke ruangan setelah pasiennya keluar. Kembali dokter meraba2 perut saya dengan alat USG dan mengaktifkan fitur 4D nya. "Ini lho mbak sudah keliatan, dedeknya lagi ngantuk nih". Hihihi betapa senang saya ngeliat dedek lagi "angop" karena ngantuk lalu beberapa saat kemudian dedek ngucek-ngucek matanya..huwaaaaa..lucuuu. Ga lupa doker men-capture moment itu. Selain itu saya juga bs ngeliat dedek berangkat bobok, dia "ngelonin" plasenta saya dibuat guling sama dia...hwaaa...lucu bangeeeet.. :) Saya juga bisa liat wajah dedek dengan jelas, nyempluk banget pipinya..huwaaaa...
Dedek lagi bobok ngelonin plasenta :')
Alhamdulillah saya dan mas lega bisa liat dedek berkembang dengan baik. Saya dan mas selanjutnya disuruh menunggu di lobby untuk mengambil hasil dari USG ini. Hasil USG terdiri dari print2an serta VCD berisi foto dan video pergerakan dedek. Setelah selesai, kami langsung pulang. Seneng banget rasanya bisa melihat wajah dedek. Semoga ke depan nya proses melahirkannya lancar dan dedek sehat selalu. Bunda dan ayah ga sabar ketemu dedek..muach..muach..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar