Sabtu, 01 April 2017

# travelling # wisata jogja

Cantiknya Wajah Baru Malioboro Jogja


Tiap orang pasti tau tentang Jalan Malioboro yang tersohor di Jogja itu kan ya. Yap, selain terkenal dengan Candi Prambanannya, kota Jogja juga terkenal dengan Jalan Malioboro. Ceritanya sejak saya dan suami relokasi ke Jogja, kira-kira sekitar pertengahan tahun 2013an, kami jarang banget jalan-jalan ke jalan ini. Paling sering ya cuma lewat doang sambil mengamati kerumunan orang dan juga kerumunan kuda dari kendaraan. Pengen jalan-jalan kesini juga males karena keadaan trotoar jalannya ga ramah buat pejalan kaki. Kenapa ga ramah? Karena trotoarnya dibuat PARKIR MOTOR dan JUALAN. Pasti bikin para pedestrian males buat berlama-lama jalan disini..


Sekitar awal tahun 2016 lalu, pemerintah merelokasi tempat parkir motor disini ke kawasan Parkir Abu Bakar Ali. Lokasinya adalah di sebelah utara Jalan Malioboro. Tempat parkir ini terdiri dari 3 lantai. Setelah berhasil merelokasi tempat parkir, pemerintah mulai mempercantik kawasan trotoar jalan supaya lebih ramah untuk pejalan kaki. Kira-kira akhir tahun 2016, proses renovasi selesai. Pas kami lewat sana buat nganterin Sakha liat kuda, kami dibuat terpana karena Jalan Malioboro jadi semakin cantik. Akhirnya diputuskan di hari minggu pagi kami akan menikmati jalan-jalan di lokasi pedestrian Malioboro..horeee..

Yuhuu hari Minggu pun tiba, kami berangkat dari rumah sekitar jam 6.45. Kami naik sepeda motor supaya parkirnya gampang. Kami memilih parkir kendaraan di Parkiran Abu Bakar Ali di lantai 2. Selesai parkir langsung cuzz dah ke Jalan Malioboro. Udah hampir 4 tahun berdomisili di Jogja masak saya belum pernah foto sama plang Jalan Malioboro..hahaha..miris.. jadi foto dulu aaah.. :p

Terharu bisa foto sama plang yang legendaris

Ngomong-ngomong soal plang ini, saya jadi inget kalau saya pernah liat gerombolan wisatawan antusias foto dengan plang ini walaupun cuaca lagi hujan. Jadi mereka kompakan pake jas hujan plastik 10 ribuan itu sambil pose di bawah plang ini..totalitas sekali.. :D

Yuhuu, selesai foto kami langsung berjalan di kawasan trotoar jalan Malioboro yang sekarang sudah diperlebar. Suasana pagi itu tidak terlalu ramai, cocok banget buat jalan-jalan sambil membawa si kecil. Ternyata disini masih terdapat warung untuk berjualan, tapi posisinya sekarang lebih ke pinggir trotoar. Di area pedestrian ini terdapat banyak jenis kursi yang bisa digunakan untuk duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan jalan.
Kursi bulat
Kursi tanpa sandaran
Kursi dengan sandaran
Terdapat kursi bulat, kursi dengan sandaran dan tanpa sandaran. Dari ketiga jenis kursi itu, Sakha paling demen sama kursi bulat. Dia girang banget naik turun dari kursi ini. Sayang banget di atas kursi-kursi ini ga ada semacam pelindung dari hujan atau panas. Ya kalau hujan bakal basah semua, dan kalau cuaca lagi panas ya ga bakal ada orang yang mau duduk-duduk disini..
Spot favorit Sakha
Sebenernya ke depan kayaknya pemerintah udah merencanakan kalau kawasan ini bakal hijau rindang. Soalnya saya melihat ada tumbuhan bakal pohon yang ditanam di area ini, tapi memang masih pendek dan kecil-kecil. Ya bersabar aja semoga lekas tumbuh tinggi besar biar area ini semakin adem..
Tanaman yang masih kecil
Selain terdapat kursi-kursi yang unik, di area pedestrian ini juga memiliki tempat sampah dan tempat parkir sepeda. Pejalan kaki ga perlu bingung buang sampah dimana, karena jumlah tempat sampahnya banyak dan tersebar di banyak area juga. Kebetulan kalau jam-jam pagi ini banyak banget orang-orang bersepeda santai di jalan ini. Kalau mau duduk-duduk buat leyeh-leyeh sebentar, tinggal parkir sepedanya di tempat yang disediakan..praktis kan..
Tempat sampah disini
Tempat parkir sepeda
Kalau jalan-jalan ke Malioboro ga lengkap kalau ga mengunjungi mallnya, alias Malioboro Mall. Sebenernya tujuan saya kesini bukan untuk masuk mall, melainkan cuma buat foto sama patung kuda warna-warni yang tersohor itu :p Mau ga tersohor gimana, lha si patung kuda ini udah nangkring di depan Malioboro Mall bertahun-tahun lamanya.. Apalagi tiap lewat sini, Sakha selalu nunjuk-nunjuk patung ini..
Patung kuda warna-warni
Selesai foto-foto kami lanjut ke area pedestrian lagi untuk menuju parkiran. Di perjalanan balik ini, saya baru ngeh kalau area pedestrian ini dilengkapi sama tiang tinggi yang dipasangi speaker. Saat itu lagu-lagu Jawa khas Jogja mengalun lewat speaker tersebut. Wow, bikin suasana jadi adem aja.. Mungkin speaker ini nantinya juga bakal berfungsi kalau misal ada pengumuman-pengumuman penting untuk pejalan kaki..
Ada speakernya lhoo
Waktu jalan di area ini Sakha demen banget jalan di tengah. Dia bergaya banget ga mau digandeng ayah sama amanya, gaya banget mau jalan sendiri, duluan pula.. :|
Nyeruntul sendiri
Ya ga papa sih, berarti Sakha menikmati jalan-jalan disini. Sakha demen, si ama pun ikut demen. Ga terasa kami nyampe juga di tempat parkiran. Saya pikir sebelumnya jarak antara parkiran Abu Bakar Ali ke Malioboro Mall ini jauh banget, ternyata engga lho. Deket.. saya ga merasa kecapekan soale.. :p
Parkir Abu Bakar Ali
Dari atas parkiran
Dari atas parkiran kita bisa liat rel kereta. Saking asyiknya liat rel kereta, Sakha ga mau beranjak lho. Dia 'ndekem' di atas situ lumayan lama. Akhirnya setelah negosiasi Sakha mau diajak pulang..hehehe.. Untuk tarif parkir motor disini Rp. 3.000 saja..

Nah demikian cerita jalan-jalan saya dan keluarga ke area pedestrian Malioboro. Menurut kami wajah Jalan Malioboro sekarang semakin cantik dan bersih. Cocok banget untuk dijadikan tempat wisata jalan-jalan murah meriah di Jogja. Lha gimana lho..cukup membayar 3000 perak aja buat parkir, hati kami udah bahagia melihat lalu lalang aktifitas orang-orang disini. Kami juga bisa leyeh-leyeh sambil wefie disini..hehe.. Saran saya jangan kesini pas siang bolong, karena bakal panas bangeeeet. 

Yuk-yuk kalau ke Jogja jangan lupa mampir ke Jalan Malioboro ya... :)

Jangan lupa cek destinasi wisata Jogja lain yang pernah kami kunjungi di link di bawah ini ya.. See you on my next post.. :)




Sumber gambar:
Jalan malioboro : http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/11/Jalan-Malioboro-3-300x172.jpg

2 komentar:

Follow Me @granitprihara