Sabtu, 04 Februari 2017

# curhat # travelling

Kesalahan Kami Sebelum Travelling, Jangan Dilakukan Ya!!

 
Halo semua, mumpung masih hot-hotnya karena saya masih belum bisa move on dari pengalaman ini, saya pengen berbagi cerita tentang kesalahan-kesalahan yang kami lakukan sebelum melakukan travelling beberapa hari yang lalu..huhuhu..


Ceritanya kami sekeluarga akan ada urusan penting di Malang di awal Februari, sekalian juga mau dateng ke acara nikahan sohib kerja kami. Tiket kereta api udah dipesan jauh-jauh hari oleh pak suami, sedangkan tiket hotel belum dipesan. Rencananya kami pengen menginap lagi di hotel Trio Indah 2, karena kami sangat puas banget nginep disana saat bulan November lalu.


Nah pada saat menginap itu kami melihat hotel Trio Indah 2 ini punya banyak kamar namun pengunjung hotelnya ga terlalu banyak. Akhirnya kami berpikir, kalau booking hotelnya deket-deket hari H pasti ga akan kehabisan kamar. Apalagi di bulan Januari kemarin kami kena musibah kebanjiran, bikin kami ga mood ngapa-ngapain karena kecapekan bersih-bersih rumah. Pulang kerja yang biasanya kami nonton tivi atau browsing-browsing, boro-boro itu dilakukan. Kami lebih memilih mager di kasur..hehehe.. Alhasil tiket hotel pun babay ga dibooking-booking.. :D


Tanggal 1 Februari kami sudah bertekad bulat untuk booking hotel Trio Indah 2 lewat agoda. Kenapa pake agoda? Karena setelah kami bandingkan harga, ternyata harga di agoda jauh lebih miring daripada situs booking hotel yang lain. Setelah kami masukkan range tanggal menginap, ternyata kamarnya habis sodara-sodara.. :| Kami udah cari ke situs booking lain, ternyata kamar hotel Trio Indah 2 juga sama udah habis. Kami bingung dong, tiket kereta udah ada tapi hotelnya belum jelas.. :D Yap, jadi kesalahan pertama kami adalah terlalu menyepelekan tentang booking hotel
Jangan booking hotel mendadak
Akhirnya kami cari-cari hotel lain yang budgetnya ga jauh beda sama Hotel Trio Indah 2. Kebetulan pak suami punya kode voucher diskon 10% dari pegipegi.com. Ya udah deh kami cari-cari hotel di pegipegi yang sesuai budget. Muncul lah hotel Sahid Montana, Splindid Inn, Same Hotel, Everyday Smart Hotel dan Amaris Hotel di hasil pencarian. Setelah baca-baca reviewnya kami mantap memesan kamar di Same Hotel. Horay, urusan booking hotel akhirnya sudah kelar.. :)

Baca : Menginap di Same Hotel Malang

Selanjutnya untuk urusan packing, kami melakukannya secara mendadak. Saya udah selesai packing baju saya dan baju Sakha di H-1. Kalau untuk packing baju ayah Sakha malah dilakuin di hari H. Berangkat naik kereta malam, beliau packingnya sore..super sekali kan. Packing ini saya lakukan dengan melihat list barang bawaan yang akan dibawa saat travelling ke Malang bulan November lalu, yang saya simpan di note. Udah bisa ditebak kan kesalahan kami selanjutnya apa. Yap, kesalahan kedua kami adalah packing dengan mengikuti packing list yang ga diupdate.
Please follow correct packing checklist ya!
Jadi kalau travelling November lalu saya lupa bawa jas hujan, bisa dipastikan sekarang juga lupa bawa. Kalau November lalu saya lupa bawa payung, bisa dipastikan sekarang juga ga akan dibawa payungnya. Lha wong listnya ga saya update!! Hahaha.. Jadi sebaiknya setelah kalian travelling, jangan lupa update list barang bawaan untuk acuan travelling berikutnya. Kesalahan kedua ini membuat kami di Malang membeli jas hujan lagi untuk persiapan motoran karena emang disana lagi musim hujan. Padahal bulan November lalu kami juga membeli jas hujan di Malang! Hahaha..jadi boros kan..huuuffftt.. Okay, perkenalkan kami adalah keluarga kolektor jas hujan.. :|

Okay, jangan dikira insiden di atas sudah cukup melengkapi kesalahan kami. Belum dong.. :D Jadi biasanya sebelum berangkat naik kereta, kami selalu udah ngeprint kode booking tiket kereta pada jauh-jauh hari. Entah kenapa ya kali ini engga, mungkin karena efek banyak kerjaan kantor plus efek kebanjiran membuat kami jadi males dan pelupa..hahaha.. (alesan klasik). Jadinya saat naik taxi waktu otw ke stasiun baru deh saya minta ke pak suami buat cari kode booking tiket kereta yang dikirim ke emailnya. Apa yang terjadi sodara? Emailnya ga ketemu dong!! Cuman kode booking tiket Malang-Jogja aja yang ada emailnya, tiket Jogja-Malang engga ada!! Padahal jam udah menunjukkan pukul 20.10 dan kereta akan berangkat pukul 20.45.. Amazing.. siapa yang ga panik coba?

Suami saya malah mengira dia lupa beli tiket, karena pas dicari di transaksi i-banking ga nemu. Akhirnya setelah saya cari lagi, ternyata sudah ada di transaction history nya. Akhirnya kami berpirkiran negatif gimana kalau ternyata pembayarannya mental. Ga masuk ke rekening KAI, trus tiketnya dibeli orang lain..huhuhu..gimana dong? Kami udah pasrah aja deh yang penting berangkat ke Malang, ga papa beli tiket lagi. Walaupun duduknya nanti kepisah ga papa deh.. :'(

Bisa dibayangkan kan gimana ekspresi kami di dalam taxi? Kami panik dan cemberut2an. Padahal kami udah gaya banget bilang ke sopir taxi mau pergi ke Malang saat beliau bertanya mau kemana..hahaha. Setelah tau kode bookingnya belum ada..heniiinggg. Sopir taxi pun sampai mendoakan semoga segera nemu kode bookingnya, semoga dapet tiketnya..Amin.. Turun dari taxi kami langsung ke Customer Service, dan ternyata sudah TUTUP sodara! Tambah panik deh.. :| Untung masih ada mba CS di dalam, suami langsung nyelonong masuk untuk tanya. Saya cuma bisa berdiam mematung sambil jagain Sakha di depan pintu..pasrah aja dah..

Selesai tanya seadanya di CS, pak suami langsung ke bagian pembelian tiket. Pada saat beliau mengantri, beliau liatin saya sambil mesem-mesem aneh. Saya kan sebel ya, duh ini tiket berangkat belum ada kok bisa beliau mesam-mesem santai tanpa rasa bersalah..wkwkw.. Setelah menunggu beberapa menit ternyata cukup dengan menunjukkan KTP di bagian pembelian tiket, kode booking pun sudah bisa didapat. Viola!!! Tiwas saya deg-deg'an ga karuan. Ternyata pas pak suami mesam-mesem itu dia udah tau dari mba CS kalau untuk ngecek kode booking tinggal setorkan KTP di bagian pembelian..huffft.. Yap, jadi kesalahan ketiga kami adalah tidak mengecek email konfirmasi tiket kereta atau hotel.
Jangan lupa cek email konfirmasi tiket atau hotel
Sebaiknya email konfirmasi pembelian tiket itu dicapture di HP. Supaya misal pas di stasiun ga ada sinyal internet, kita bisa langsung lihat galerry HP untuk tau kode booking supaya bisa ngeprint boarding pass. Untung kami ga lupa mengecek konfirmasi booking hotel. Karena ada pernyataan seperti ini :
Kayaknya ini emang peraturan dari pegipegi.com, karena dulu pas booking via agoda ga ada peraturan harus telpon pihak hotel kalau mau late check-in. Untungnya kami lihat email konfirmasi di atas tersebut. Karena emang kami akan nyampe Malang di saat subuh, langsung deh pak suami telpon pihak hotel untuk menginformasikan late checkin. Ga bisa dibayangkan kalau kita ga info kesana, bookingnya bakal batal dong.. kita akan kleleran di jalan dong.. *lebay

Ya begitulah cerita kami tentang travelling kali ini. Jangan sampai melakukan kesalahan yang sama seperti yang kami lakukan ini ya. Selain bikin deg-degan pastinya akan menimbulkan percekcokan antar suami istri (walaupun cuma sebentar)..hehehe.. Okay, sekian postingan saya..semoga bermanfaat ya..

Sumber Gambar :
Pusing : http://supersmarttag.com/wp-content/uploads/2016/02/cdffeb648bd24a2ab34c726a552eb1c6.jpg 
Meme hotel : https://cdn-webimages.wimages.net/05017e0270c5bf54398270ac1a1fe53324c3-wm.jpg?v=3
Email : http://www.techlicious.com/images/phones/never-miss-an-important-email-640px.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara