Senin, 27 Februari 2017

# mainan # mom & kids

Tenda, si Mainan Favorit Anak? Iya dong..

Halo semuanya..mulai bosan dengan postingan saya sebelumnya yang berbau blog? hahaha.. Kali ini saya bakal bahas hal lain deh. Mumpung keinget kalau akhir-akhir ini Sakha lagi demen banget mainan tenda alias main rumah-rumahan. Lanjut nulis tentang itu aja ya..kembali ke seputar mainan anak.. :D

Sebenernya saya udah belikan Sakha mainan ini sejak tahun lalu. Waktu itu saya lagi punya Top Points di Tokopedia. Ya daripada mubazir, mayan dah buat beli mainan tenda ini. Jatohnya lebih murah, seharga 90 ribuan udah plus ongkir. Saya milih tenda yang kecil murah aja, soalnya kontrakan kami kan kecil, biar hemat tempat gitu. Untung masih ada motif yang cocok untuk anak cowok, yaitu motif Planes, karena rata-rata yang dijual adalah motif Hello Kitty. Begini nih penampakan tenda mini buat Sakha..
Tenda planes
Mainan lain yang pernah saya beli di Tokopedia adalah Puzzle Knob. Kalau cermat, bisa kok kita nemu mainan murah di Tokopedia.


Back to tent, tenda mini ini berukuran 71x71x38cm dan memiliki bahan parasut. Pada tau tempat cucian kotor bermotif jaring yang bisa dilipat? Nah tenda ini bentuknya mirip kayak gitu..hahaha..bisa dilipat juga biar nyimpennya lebih ringkes..

Gimana reaksi Sakha pas pertama kali liat tenda ini? Dia TAKJUB sodara-sodara. Kenapa kok ampe takjub gitu, ndeso banget ah..hahaha.. Ya karena saya mendemokan proses membuka tenda, si lipetan tipis ini bertransformasi menjadi sebuah tenda yang cukup besar (bagi dia) untuk masuk. Pas si tenda udah dibuka, langsung deh dia kegirangan trus masuk ke dalam.. :D

Karena tenda ini berbahan parasut, otomatis sangat ringan kan. Nah sebagai pemberatnya saya kasih bantal di dalam, ya supaya Sakha merasakan empuk juga. Begini nih penampakan Sakha mainan rumah-rumahan di dalam tenda..
Private area Sakha
Sakha bisa betah berlama-lama di dalam situ. Biasanya dia akan memboyong masuk banyak mainannya ke dalam. Kadang saya dan suami pun disuruh masuk ke dalam tenda juga bok.. :| Mana muat nak..hahaha.. Kadang cuma kepala saya doang yang masuk ke dalam sebagai syarat. Gitu aja Sakha udah girang banget dong.. :|

Seiring bertambahnya umur Sakha, semakin bongsor juga badannya. Dia lebih tumbuh ke atas daripada ke samping, alhasil tendanya ga muat dong ya. Tapi dia ga habis akal buat tetep bahagia saat mainin tenda ini. Dia sering gelar tendanya di atas kasur. Jadi ceritanya sebelum bobok malam Sakha sering masuk ke dalam tenda trus tendanya ditutup. Saya pun ga boleh ngintip. Ya mungkin Sakha butuh me time.. :D

Ternyata oh ternyata karena dia merasa tendanya sempit akhirnya tenda itu dimiringin sama dia. Jadi tendanya memanjang gitu. Trus dia gaya-gaya bobok di dalam..hahaha..
Apa liat2? hahaha
Tutup ah, Sakha mau me time

Seru kan..hahaha.. Kalau badan lagi capek banget, saya biasanya leyeh-leyeh di sebelah Sakha sambil mainan HP, biarkan Sakha main sendiri berkesplorasi dengan si tenda. Sakha happy, emak pun happy.. :D

Kelihatannya permainan ini sangat simpel, tapi pasti menjadi favorit anak-anak. Trus sebenernya apa sih manfaat bermain tenda alias main rumah-rumahan untuk si anak? 
  1. Membentuk imajinasi dan kreativitas
    Anak bisa berkreasi di dalam tenda, seakan-akan mereka punya rumah sendiri. Di dalam tenda si kecil bisa memasukkan bola, mobil-mobilan, boneka, bantal, guling, selimut, dll, sehingga mereka bisa berimajinasi secara bebas di dalam tenda.
  2. Menstimulasi kemampuan bermain peran
    Tenda juga bisa menjadi media pendukung untuk bermain peran. Misalnya si anak berperan sebagai tuan rumah, dan orang tua berperan sebagai tamu. Si anak akan berpura-pura mempersilahkan masuk rumah serta menyajikan makanan atau minuman untuk tamu.
  3. Belajar mengucap salam saat masuk dan keluar tenda
    Saat masuk dan keluar tenda, orang tua bisa mengajarkan ucapan salam pada anak.Bisa juga mengajarkan doa sebelum masuk atau keluar rumah.
  4. Melatih kemandirian
    Anak secara tidak langsung akan berlatih mandiri karena mereka akan berusaha mendirikan tendanya sendiri. Kemudian setelah selesai bermain, mereka akan berusaha merapikannya sendiri.
  5. Melatih bersosialisasi dan kerjasama
    Jika si kecil mengajak main tenda saudara atau temannya yang lain, maka mereka akan bersosialisasi, karena tidak bermain sendirian. Dengan bersosialisasi, kerjasama pun bisa muncul karena semua dilakukan bersama.
  6. Melatih motorik kasar
    Untuk masuk tenda, biasanya si kecil harus merangkak. Merangkak ini sangat baik untuk melatih motorik kasar anak, terutama si bayi. Selain itu merangkak juga menunjang koordinasi mata dengan tangan sehingga si kecil lebih seimbang dan terampil.
  7. Membuat bahagia
    Mana ada sih mainan diciptakan untuk tidak membuat bahagia? hehehe.. Ya pasti dengan mainan tenda ini anak akan merasa happy, karena dia berasa punya rumah sendiri.. Yang gede kayak saya aja bakal happy kalau punya rumah sendiri.. #eh :D
Jadi sudahkah anak anda bermain tenda? Kalau belum, yuk ajak mereka main rumah-rumahan. Bagi yang jago berkreasi, bisa juga lho bikin DIY tenda dari kardus bekas, lebih kreatif dan pastinya lebih ekonomis bukan.. :)

Sumber gambar :
Tanda : http://d1whee3s2ff61n.cloudfront.net/product/extralarge/148677.jpg
Tenda planes : https://www.tokopedia.com/chloeandrika/mainan-tenda-anak-planes/gallery

6 komentar:

  1. wah menarik sekali ya mainana anak tendanya!!


    promo shopee nih Lebaran Sale Habis-Habisan: 12-19 Juni 2017

    https://shopee.co.id/web/events3/code/3619662286/

    BalasHapus
  2. Kami dari Hidup Jaya Cargo merupakan perusahaan logistik di bidang jasa forwarder door-to-door service. Bagi kalian yang ingin import dari luar negri dan membutuhkan jasa ekspedisi / cargo untuk pengiriman barang all in (termasuk pajak, custom,dll) dapat menghubungi kami.

    Jasa yang kami tawarkan meliputi:
    -Jasa cargo
    - Jasa pencarian barang & pembelian
    - Jasa titip tranfer (Harga terjangkau & cepat)
    - Jasa konsultasi panduan import bagi pemula (FREE)
    JAKARTA OFFICE:
    Jl. Terusan Bandengan Utara, Komp Soka 2 Blok A no12
    Phone: 021-6621172
    Whatsapp: 0812-9090-8883
    Website: www.hidupjayacargo.com
    Email: info@hidupjayacargo.com
    Instagram & FB Pages for Updates and Testimonial : @hidupjayacargo

    BalasHapus
  3. Banyak mainan yang terdapat di pasaran sekarang. Patut ibubapa perlu pilih dengan teliti supaya mainan kanak-kanak yang dibelikan boleh bermanfaat bagi anak-anak mereka.

    BalasHapus

Follow Me @granitprihara