Rabu, 08 Februari 2017

# travelling # wisata malang

Bundaran Tugu dan Alun-Alun, Tempat Rekreasi Ramah Anak yang Murah Meriah di Kota Malang

Awal Februari lalu kami sekeluarga berkesempatan main lagi di kota Malang. Selain ada suatu hal penting yang harus diurus disini, kami juga akan menghadiri undangan nikahan rekan kerja. Di tengah padatnya jadwal (cieh), kami menyempatkan jalan-jalan sebentar di bundaran Tugu dan Alun-alun. Jadi ceritanya pulang kondangan sekitar pukul 12.30 kami lewat bundaran Tugu ini saat mau balik ke hotel. Kebetulan hotel tempat kami menginap lokasinya ga jauh dari bundaran Tugu ini. Ayah Sakha tetep kekeuh ga mau mampir Tugu karena emang cuaca lagi panas banget. Tapi saya ga berhenti bujuk ayah Sakha lewat sounding ke Sakha, saya bilang "Sakha ayo lihat bunga besar". Sakha pun antusias..horeee..ayah Sakha pun tak kuasa untuk menolak.. :p


Kami parkir motor di depan area Tugu yang ada tulisan "Tempat Parkir Umum", tepatnya di depan SMA 4 Malang. Tarif parkirnya Rp. 2.000. Setelah nyebrang jalan yang lumayan rame, akhirnya kami menginjakkan kaki di area Tugu. Horaaay, Sakha demen banget. Dia langsung "nyeruntul" lari-lari ke arah kolam. Emaknya juga demen soalnya berasa nostalgia dulu jaman pacaran sama ayah Sakha...uhukk... Gambar-gambar di bawah ini langsung terlintas di pikiran saya saat itu.. <3
Tahun 2009 foto dengan ayah Sakha
Balaikota Malang di jaman kolo bendu
Gambar-gambar di atas diambil tahun 2009. Gimana perbandingannya sama gambar Tugu yang sekarang?
Tahun 2017 foto dengan Sakha
Balaikota di jaman sekarang
Yap, bundaran Tugu sekarang beda banget sama Tugu pas jaman kami kuliah dulu, sekitar tahun 2009. Sekarang Tugu jauh lebih bagus dan bersih. Tempat duduknya sekarang jadi tambah banyak. Kolamnya juga jadi banyak ikannya. Sayang pas kami kesana kemarin bunga teratai di kolamnya lagi ga mekar, kalau mekar pasti jadi tambah cantik. Sayang juga air mancurnya pas lagi ga nyala. Tapi kami sangat terhibur karena Sakha girang banget lihat bunga besar.
Ini adalah bunga besar, alias lampu taman berbentuk bunga.. :D
Sebenernya kami pengen banget goler-goler di rumput hijau. Tapi takut juga kalau ternyata ada larangan menginjak rumput. Yah, akhirnya saya dan Sakha foto-foto aja sebelum Sakha ga mood berfoto ria. Ayah Sakha ga mau diajak wefie, beliau jadi sie dokumentasi aja.
Rasanya pengen leyeh-leyeh di rumput
Sakha betah banget disini, kami muterin bunderan ini satu kali. Sakha lari-lari di jalan setapak itu, sesekali dia nengokin ikan yang lagi mangap-mangap di kolam. Ayah Sakha malah yang rewel pengen pulang, soalnya cuacanya panas banget. Ya uwis, akhirnya kami bujuk Sakha untuk balik ke hotel. Sebelum balik ke hotel kami menikmati es degan yang dijual di depan SMA 4 Malang. Mayan, bisa menyegarkan tenggorokan tanpa menyerikkan.. *duh bahasaku

Malam harinya kami menyempatkan waktu untuk jalan-jalan di alun-alun kota Malang. November lalu pas ke Malang, kami menikmati serunya jalan-jalan di alun-alun saat pagi hari. Waktu itu Sakha sangat happy, karena dia bisa lari-lari di rumput sambil ngejar burung dara. Jalan-jalan di alun-alun pada malam hari kayaknya bakal lebih seru..


Yup, benar saja keadaan alun-alun di malam hari jauh lebih ramai daripada di pagi hari. Parkiran di depan kantor pos sangat penuh. Untuk menyeberang ke lokasi pun membutuhkan effort ekstra karena lalu lintas sangat ramai. Untungnya ada beberapa orang lainnya yang bareng untuk menyeberang, jadi ga ngeri.

Sampe di alun-alun Sakha langsung lari-lari heboh. Bisa ditebak kan apa yang menarik perhatian Sakha? Yep, Sakha demen banget liat air mancur di alun-alun ini. Mungkin karena di dalamnya terdapat lampu warna-warni yang bisa berganti-ganti warnanya. Sakha bilang ini air mancur besar.. :D
Air mancuuurr
Selesai menikmati air mancur dari dekat, kami memilih untuk duduk di tangga yang melingkar sambil nyemil jajanan yang sebelumnya kami beli di area food court toko buku Siswa. Kami menikmati suasana alun-alun malam itu. Banyak sekali orang tua yang ngemong anaknya di tempat ini. Namun perhatian kami jatuh pada banyaknya anak-anak yang main rollerblade. Mereka sliwar-sliwer sambil main rollerblade yang di rodanya bisa muncul cahaya warna-warni. Ya mungkin di Malang lagi musim anak-anak bermain rollerblade ya..soalnya pas di Jogja kami jarang melihat nak kanak mainan ini..

Kurang lebih sekitar 1 jam kami menikmati suasana alun-alun. Sebelum pulang ga afdol kalau ga foto bareng tulisan "Alun-alun Malang"..Ckckck..padahal beberapa waktu lalu saya udah foto sama tulisan ini..hehehe.. 
Alun-alun Malang di malam hari
Ayas cinta ngalam
Siapa yang setuju kalau Bundaran Tugu dan Alun-alun ini merupakan tempat rekreasi yang murah meriah? Saya..saya..hehehe.. Ya soalnya emang cuma dengan merogoh kocek buat bayar parkir aja kita bisa menikmati hamparan rumput yang luas serta suasana yang menyenangkan. Apalagi tempatnya yang bersih bikin kita betah berlama-lama disini. Dijamin si kecil pasti suka jalan-jalan disini.. :) Kapan ya di Jogja dibangun taman bermain atau ruang terbuka hijau yang ramah anak seperti ini..hmmmph..

Bagi teman-teman yang cari tempat rekreasi ramah anak yang murah meriah di kota Malang, jangan lupa datang ke Bundaran Tugu dan Alun-alun ya.. Sebelum travelling pastikan kalian ga melakukan kesalahan seperti yang kami lakukan ya..


Selamat liburan.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara