Rabu, 22 Februari 2017

# blog # tutorial

Mudah Membuat Blog dengan Blogspot

Haloo semua..apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik ya.. :) Kali ini saya mau berbagi tutorial tentang cara membuat blog dengan mudah. Kenapa saya tertarik untuk menulis ini? Karena kemarin pas saya posting tentang update template blog baru, ada beberapa teman yang DM saya untuk diajari gimana caranya bikin blog.. Udah saya bales DM nya, namun alangkah lebih enak kalau bisa diposting disini.. Siapa tau ada temen-temen lain yang pengen baca juga.. :)

Nah sesuai judulnya, platform yang akan digunakan saat ngeblog adalah Blogspot. Kenapa bukan Wordpress atau platform yang lain? Jawabannya adalah karena blog saya pake Blogspot..wkwkwk..remeh banget ya? Ya gimana, saya udah terlanjur cocok sama si Blogspot jadinya saya setia aja.. :D

Sebelumnya, alat dan bahan yang diperlukan adalah komputer/PC, laptop atau smartphone. Pilih salah satu aja kok. Dan pastikan peralatan tersebut sudah terkoneksi dengan internet ya. Lalu pastikan anda memiliki akun Gmail, karena Blogspot ini satu rumpun sama Gmail yang sama-sama di bawah Google. Saya asumsikan panjenengan-panjenengan udah bisa gimana caranya bikin email di Gmail.. ;)

Yuk mari dimulai, sebenernya gimana sih cara membuat blog dengan Blogspot?
1) Pada browser, buka situs www.blogger.com 
2) Klik tombol "Sign In" pada pojok kanan atas. Maka akan muncul tampilan untuk memasukkan username dan password email Gmail kita.
Masukkan username dan password Gmail
3) Setelah memasukkan username dan password dengan benar, halaman akan redirect ke pilihan konfirmasi profil. Pilih Profil Blogger, dengan menekan tombol "Buat profil Blogger terbatas".
Pilih "Buat profil Blogger terbatas"
4) Setelah memilih profil Blogger maka akan muncul tampilan untuk memasukkan nama kita di blog. Silahkan isi nama tersebut sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu klik tombol "Lanjutkan ke Blogger".
Masukkan nama tampilan dan klik "Lanjutkan.."
Nama Tampilan ini merupakan nama alias kita yaitu sang penulis blog. Nama tampilan ini akan muncul di bagian paling bawah saat tulisan kita berhasil dipost. Dari pengaturan di profil di atas, maka di di bawah postingan saya nanti akan ada keterangan "Diposkan oleh Tutorial Granit".

5) Setelah klik "Mengerti" pada pesan pop up, halaman Selamat Datang di Blogger pun sukses terbuka.
Klik "Buat Blog Baru"
6) Klik "Buat Blog Baru" maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Masukkan "Judul" dan "Alamat" blog yang diinginkan. Judul blog ini akan muncul pada header blog. Pada bagian Alamat, jika terdapat checkbox "Alamat blog ini tersedia" berarti alamat blog anda belum dipakai orang lain. Jangan lupa juga untuk memilih tema bawaan yang ingin diterapkan pada blog anda. Klik tombol "Buat blog!".
Klik "Buat blog!"
7) Hore, blog kita udah sukses terbuat, tapi tampilannya masih kosong. Untuk membuat entry baru di blog, silahkan tekan "Entri Baru".
"Entri Baru" untuk membuat tulisan di blog
8) Saya akan kasih contoh gimana tulisan pertama saya di blog sebagai berikut.
Contoh tulisan di blog
Tampilan Entri di Blogspot ini mirip sama tampilan text editor yang lain. Disini kita bisa menambahkan attachment seperti gambar, video dan link. Kita juga diberi kebebasan untuk memilih style tulisan apa yang akan kita pakai. Ohya saya selalu mengelompokkan tulisan saya dengan menggunakan fitur "Label". Tulisan ini juga bisa diatur kapan tayangnya dengan mengkostumisasi menu "Jadwal". Kayaknya cuma fitur itu aja yang sering saya pake di Blogspot ini.. :D

9) Setelah selesai menulis jangan lupa tekan tombol "Pratinjau" untuk melihat tampilan tulisan kita sebelum diposting. Misal ada sesuatu yang kurang pas, kita bisa balik lagi mengedit tulisan kita.
Halaman "Pratinjau" blog
Begitulah penampakan tulisan sebelum diposting ke blog. Setelah kita yakin bahwa tulisan kita siap terbit di blog, silahkan tekan tombol "Publikasikan".

10) Apabila tulisan masih ingin diedit lagi di lain waktu, cukup tekan "Simpan" saja. Tulisan akan berubah statusnya menjadi "Draft".

Okay, kurang lebih seperti itulah langkah mudah gimana caranya bikin blog. Penasaran dengan hasil blognya? Tinggal buka browser dan buka situs alamat browser yang udah kita setting di awal tadi. Atau cara mudahnya adalah tekan "Lihat Blog" pada halaman utama Blogspot.
Klik "Lihat Blog" untuk melihat blog
Taraaaa.. tulisan kita udah berhasil terbit nih.. Begini nih penampakan aslinya :
Hasil tampilan blog
Okay, kayaknya cukup sekian tutorial dari saya. Semoga bermanfaat ya..Nanti di postingan yang lain InsyaAllah saya akan cerita gimana cara ganti template blog kita supaya tampilannya lebih kece gitu. Sampai jumpa di postingan berikutnya..

Baca : Ini Cara Mudah Bikin Tampilan Blogmu Jadi Keren

Selamat menulis..selamat ngeblog.. :)

Sumber Gambar :
Judul : https://abcdentalkids.com/wp-content/uploads/2012/11/1764082084_1369401699.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara