Sabtu, 25 Februari 2017

# blog # tutorial

Ini Cara Mudah Bikin Tampilan Blogmu Jadi Keren

Hai hai jumpa lagi dengan saya disini. Kali ini saya masih pengen membahas tentang dunia blogging. Mumpung dapet moodnya nulis tentang tema ini, jadinya lanjoooot. Jangan bosen ya..ya mungkin kalau bosen bisa jalan-jalan ke postingan saya dengan kategori yang lain.. :p Monggo lhoo..

Sebelumnya saya udah pernah nulis tentang cara mudah membuat blog dengan Blogspot. Nah, tema atau template blog tersebut masih menggunakan bawaan Blogger. Jadi ya tampilannya begitu-begitu aja..terkesan agak flat..

Baca : Mudah Membuat Blog dengan Blogspot

Kurang lebih tampilannya kayak gini yes.. Pada halaman Home terdapat judul. Untuk satu judul tulisan, isinya memanjang ke bawah sampe tuwek elek alias sampe bosan. Berasa kayak baca makalah.. :D Pasti bikin orang malas untuk baca karena dia udah tau isi blognya bakal panjaaaaang..
Bagian atas
Bagian bawah
Gimana solusinya? Solusinya adalah di halaman Home cukup lah menampilkan Judul tulisan dan pembukaan tulisan kita. Selanjutkan sediakan link untuk mengarah ke inti postingan kita. Biasanya link tersebut bertuliskan "Read More.." atau "Baca" atau "Lanjut" dll..

Selain karena isi postingan yang panjang di halaman Home, kira-kira apa lagi yang membuat blog di atas kurang menarik? Ya menurut saya banyak, antara lain :
1) Tidak ada navigasi menu yang mengelompokkan tulisan berdasarkan kategori
2) Tidak ada keterangan lengkap siapa pembuat blog
3) Tidak ada pengelompokkan label tulisan
4) Tidak ada tombol pencarian
dll..

Lalu gimana solusinya? Kan aku ga bisa coding HTML atau CSS buat mempercantik blog.. Aduh gimana yes.. Blogku bakal ga enak dilihat nih.. Sediih deh.. :(

Tenaaang..kaleeemm..sabaaar.. Semua pasti ada solusinya. Salah satunya adalah dengan download TEMPLATE BLOG GRATISAN. Sama seperti yang saya lakukan :D *gratis itu indah

Ya emang bener. Sebenernya ada sih template blog yang dijual. Tapi saya masih berasa belum perlu buat membelinya. Lha wong saya masih blogger amatiran. Lagian saya juga sangat puas dengan tampilan-tampilan pada template blog gratisan. Udah cakep bangeeet lah. Pinter-pinter gimana kita milihnya pokoknya.. :')

Lalu gimana dong caranya dapetin template gratisan itu?
Yuk ikutin cara saya, kebetulan beberapa waktu lalu saya dapet template yang kece dari salah satu website template blog. Temen saya yang rekomendasikan website itu.. *makasih sincau :*

1) Buka browser, buka situs gooyaabitemplates.com

2) Pilih "Free Blogger Templates"

3) Yuhuuu.. list template-template cantik pun siap dipilih
Gooyaabitemplates.com
4) Saya bahagia kalau lagi buka website tuh dia ga loading lama alias tampilannya responsif. Makanya saya pilih Feature : Responsive pada pilihan di bagian kanan.

5) Okay, sekarang template gooyaabi telah difilter berdasarkan fitur responsif. Waktunya saya pilih-pilih lagi nih. Kalau udah nemu template blognya tinggal klik gambarnya..
Nemu template yang kece

6) Pilih "Live Preview" untuk melihat tampilan template secara real. Kalau udah sreg tinggal pilih "Download" maka template pun berhasil didownload ke local komputer kita. File template ini berekstensi .zip.
Preview template gratisan



Horaay template blog udah didownload. Lalu gimana cara pasang template tersebut ke blog kita?

1) Masuk ke folder dimana kita mendownload template tadi ke komputer kita. Unzip file template maka akan berubah menjadi folder dengan isi sebagai berikut:
Isi folder template
Isi folder template tersebut adalah berupa template berbentuk file .xml beserta tata cara menginstalnya di blog. Bagi yang males baca file .txt nya bisa lanjutin baca tulisan saya ini aja.. :D

2) Buka browser dan masuk ke akun Blogspot kita (www.blogger.com)

3) Masuk menu "Template" dan klik tombol "Cadangkan/pulihkan" di pojok kanan atas.

4) Klik "Choose file" dan pilihlah file template .xml yang berhasil kita download sebelumnya. Tekan "Upload" untuk mengupload template ke blog kita.
Pilih template
Setelah sukses, maka preview blog kita akan terlihat seperti berikut :
Template berhasil diupload

5) Horaaay...template udah berhasil terupload nih. Untuk melihat tampilan terbaru dari blog kita silahkan klik "Lihat blog" pada menu kiri atas.
Horeeee.. tampilan baru lebih kereeen... :D

Woww, gampil banget kan bikin tampilan blog kita jadi semakin kece. Lumayan lah jadi ga flat lagiii..

Trus gimana dong caranya ganti foto serta keterangan pada "About me". Gimana pula caranya ganti tampilan "Link menu" pada bagian navigasi bagian atas. Gimana cara ganti tampilan blog agar lebih sesuai keinginan kita? Semuanya jawabannya ada pada file Documentation. File ini akan ikut terdownload saat kita mendownload template pada gooyaabi templates. Tinggal baca dan praktekkan step-stepnya, gampang kok.. ;)

Yuhuu jadi itulah salah satu cara membuat tampilan blog kita semakin keren. Cukup mudah bukan? Yuk mari kita mempraktekkannya.. Kalau misal ada pertanyaan, feel free for ask ya..

Sampe jumpa di postingan yang lain.. :)

Sumber gambar:
Judul : http://umidigital.co.uk/wp-content/uploads/2014/07/blogz.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara