Jumat, 18 Agustus 2017

# diy toys

Belajar Mewarnai Plus Mengenal Warna, Siapa Mau?

Halouuuu rasanya udah lama banget ga nulis tentang topik mainan. Bosen ah dari kemarin nulis tentang travelling atau tentang curhatan melulu. Kali ini saya mau sharing cerita kegiatan yang akhir-akhir ini jadi favorit Sakha. Apakah itu? Dari judulnya udah ketauan banget kalau kegiatannya adalah mewarnai..hahaha..

Ya emang bener Sakha kemarin-kemarin suka banget kalau disuruh mewarnai. Jangan kira hasil mewarnai Sakha bagus dan rapi lho. Hasil mewarnainya ya ala kadarnya coret-coretan gitu. Tapi saya senang karena Sakha udah bisa mengenal warna. Mungkin karena Sakha sebelumnya sering banget main pompom beraneka warna, jadi kemampuan sorting colornya meningkat.


Ceritanya dulu awal-awal saat mengenalkan kegiatan mewarnai, saya mengenalkan Sakha dengan pensil warna dan buku gambar sebagai medianya. Nah karena hasil polesan pensil warna di buku tersebut kurang terang, Sakha jadi ga terlalu tertarik waktu itu. Plus saat itu dia mewarnai buku gambar sambil menekan pensilnya semangat banget, sampai si pensil "bujel" semua. Jadi tambah ga tertarik deh. Akhirnya daripada Sakha stress dengan kegiatan mewarnai *yang dia juga tidak puas dengan hasilnya akhirnya saya membelikan Water Doodle..


Kegiatan mewarnai dengan Water Doodle tersebut bikin Sakha seneng. Water Doodle ini juga sukses bikin Sakha anteng di mobil saat mudik kemarin. Di kampung halaman pun Sakha ga lupa unjuk kebolehan mewarnai di Water Doodle ke yang ti, yang kung, pakdhe, budhe, dan tantenya..heleh-heleh.. :D


Nah suatu ketika saat Sakha kami ajak ke supermarket, di area ATK dia nunjuk-nunjuk seperangkat alat krayon. Kami jadi berpikir, walah di usia Sakha yang udah dua tahun lebih ini masa' belum pernah diajari mewarnai pakai krayon. Akhirnya terbelilah satu set krayon berukuran medium ini. Tepatnya oil pastel ding, soalnya kami ga menemukan krayon dengan ukuran medium, akhirnya terpaksa pilih yang berjenis oil pastel. Oil pastel ini teksturnya lebih lunak daripada krayon.
Penampakan oil pastel
Di rumah saat saya mau nemenin Sakha melakukan kegiatan barunya ini, saya buka sosmed. Kebetulan ada teman yang posting tentang kegiatannya menemani anaknya belajar mewarnai. Kayaknya seru juga kalau diterapkan ke Sakha. Si kecil bisa belajar mewarnai sambil mengenal warna. Apa bahan yang perlu dipersiapkan?
  1. Krayon, pensil warna atau oil pastel
  2. Buku gambar polosan
  3. Senyuman
  4. Hati yang ceria..eaaa
Trus habis itu diapain ya?
  1. Gambarlah garis berbetuk pola dengan menggunakan warna yang berbeda. Pola yang digambar bisa berupa lingkaran, kotak, ellips, persegi panjang, segitiga, dll.
  2. Gambar pola ini kalau bisa jangan terlalu besar, satu kertas buku gambar bisa digambar sekitar lima atau enam pola.
  3. Setelah gambar jadi, mintalah si kecil untuk mewarnai pola tersebut sesuai dengan warna garis yang ada di pola.
  4. Selain itu ajak si kecil untuk menyebutkan nama pola yang dia warnai, ajak pula menyebutkan warna krayon yang sedang mereka pegang.
  5. Ulangi kegiatan itu sampe bosaaaan..hahaha,,
Sakha demen banget sama kegiatan ini. Mungkin karena pola gambarnya tidak terlalu besar, jadi dia seneng karena untuk menyelesaikan proses mewarnai ini ga butuh waktu lama. Saya juga tak lupa berpesan agar mewarnainya ga keluar garis, ya tapi namanya baru pertama kali coba alhasil masih offside krayonnya.
Sakha mewarnai dulu ya
Setelah semua pola selesai diwarnai, Sakha minta dibikin pola lagi di kertas gambar yang kosong. Lumayan kegiatan ini bisa bikin Sakha anteng. Sakha sempat bingung sama bentuk pola yang belum pernah dia temui seperti ellips, jajaran genjang, trapesium, oval. Karena di permainan lain seperti di puzzle knob dan di el hana bussy bag dia cuma nemuin bentuk dasar seperti persegi, pesegi panjang, lingkaran dan segitiga..

Baca : Yuk Main Puzzle Knob!

Baca : Unboxing : El Hana First Bussy Bag

Ga diragukan lagi kan, kegiatan mewarnai ini punya banyak banget manfaat untuk si kecil, antara lain:
  • Mengembangkan kemampuan motorik
  • Media berekspresi
  • Melatih menggenggam pensil sebagai persiapan nanti saat sekolah
  • Mengenal perbedaan warna
  • Mengenal garis batas bidang
  • Melatih daya konsentrasi
Woh, mantab kan. Jadi tunggu apa lagi, mengajak si kecil belajar mewarnai, siapa mau?

Sumber gambar :
Judul : https://i.ytimg.com/vi/UAPmRSIsBGo/maxresdefault.jpg

1 komentar:

Follow Me @granitprihara