Selasa, 01 Agustus 2017

# kuliner

Di Jogja Ada Spesialis Masakan Betawi Lho..

Yippi, di awal bulan ini izinkanlah saya berbagi cerita tentang dunia perkulineran, lokasinya ga jauh dari kantor tempat saya dan ayah Sakha bekerja. Nah ceritanya waktu itu kami pengen cari makan siang di sekitaran kantor aja. Langganan kami biasanya gupas, warung jawa, pecel, gado-gado kerto atau warung bebek deket kantor. Sekali-kali pengen berbeda ah. Tercetuslah ide untuk makan di tempat makan ini.

Nama tempat makannya adalah Dapur Betawi. Yippi, menu-menu ala Betawi tersedia disini. Lokasinya berada di Jalan Kenari No. 6. Tepatnya di timur perempatan lampu merah Balai Kota Jogja, deket banget sama Bakso Telkom Utomo.


Nah temen kami yang pernah kesini merekomendasikan untuk memesan menu Nasi Uduk Ayam Rica. Katanya rasanya enak banget, bumbu ricanya sedap meresap..hohoho.. Siaap, saya nanti pesen itu aaah..

Nyampe di lokasi ternyata tempatnya minimalis banget. Tempatnya kecil, ga bisa muat orang banyak. Tapi orang-orang yang makan disini pada sadar diri kok, selesai makan ya langsung pulang. Ga ada tuh sesi ngobrol-ngobrol lama gitu. Design tempat ini juga minimalis dengan furniture dari kayu, mirip kayak furniture di Cafe Alive..


Selain meja kursinya yang minimalis, objek yang paling menarik perhatian adalah white board di sebelah meja kasir. Disana terdapat kumpulan tanda tangan dan quote dari pengunjung yang pernah mencicipi masakan di tempat makan ini. Rasanya saya pengen ikutan kasih tanda tangan, tapi saya segera sadar...ku bukan siapa-siapa..untukmu..kucintaimu tak berarti bahwa ku harus memilikimu selamanya.. eaa malah nyanyii..
Arsitektur minimalis
Ah daripada kelamaan nyanyi, langsung dah kami duduk dan memesan makanan. Suasana waktu itu lagi lumayan rame, jadi harus cepet-cepet pesennya biar bisa makan duluan..hehehe.. Ga lama setelah kami duduk, bapak pemilik warung langsung memberi kami daftar menu.. Cekidot..
Daftar menu Dapur Betawi
Kami berempat ~ceritanya temen saya juga ikut makan bareng~ memesan menu yang berbeda-beda, saya memesan ketoprak, ayah Sakha memesan nasi uduk ayam rica, sedangkan dua teman kami memesan soto Betawi..hoho.. Entah kenapa ya kok saya tiba-tiba pengen yang manis-manis, jadinya pesen ketoprak deh gara-gara liat penampakan gambarnya kayak gado-gado.. Padahal sebelumnya saya belum pernah makan ketoprak.. Let's see..

Sambil menunggu makanan datang, alangkah baiknya saya memfoto-foto suasana di tempat makan ini, biar kalian yang baca bisa merasakan feelnya..eaaa..
Suasana tempat makan yang cukup ramai
Pajangan gambar makanan
Ada soto mie

Sembari menunggu makanan datang, kami juga sering menjumpai abang-abang gojek yang order di tempat ini. Tempat ini merupakan pilihan lengkap saat pengen menikmati masakan Betawi, soalnya ga cuma menyediakan soto Betawi aja kan yaa, menu lainnya pun komplit.

Horeeee, akhirnya pesanan kami datang. Dari penampakan porsinya lumayan mengenyangkan lhoo. Kita ulas satu persatu yuk. Dimulai dari ketoprak yang saya pesan. Ketoprak seharga Rp. 15.000 per porsi ini sukses bikin saya kekenyangan. Saya baru tau kalau isian dari ketoprak ini tidak semeriah isian dari gado-gado. Cuman ada lontong, taoge rebus, bihun, tahu, selada dan krupuk plus siraman saos kacang.. :D
Ketoprak
Rasanya sih lumayan enak menurut saya, tapi sayang bumbu kacangnya ga terlalu banyak. Jadi waktu itu ceritanya ada beberapa potong lontong yang ga habis kemakan gara-gara bumbu kacangnya udah habis..hehehe..

Lanjut ke nasi uduk ayam rica seharga Rp. 17.000 per porsi ini kata ayah Sakha enak rasanya. Porsi ayamnya besar, plus ada tambahan lauk seperti tahu dan tempe goreng. Rasa bumbu ricanya enak banget, meresap sedap plus pedes..hehehe. Nah dari penampakannya, nasi nya keliatan sedikit kan. Eh habis dimakan kok ya kenyang banget tho...
Nasi uduk ayam rica
Saya juga nitipi ngicip si ayam rica ini, dan bener aja emang rasanya enak. Oh ya nasi uduk ini juga dilengkapi dengan sambal kacang dan lalapan selada timun tomat. Berhubung ayah Sakha ga doyan kacang lembek, yaudah saya makan aja sambelnya..

Next yang terakhir lanjut ke soto Betawi seharga Rp. 17.000 per porsi. Harga ini udah include nasi putih ya.. Kata temen saya yang makan ini rasa sobetnya enak, gurih dan santannya light. Mungkin temen saya ini salah satu orang yang ga demen santan kentel macam saya..hoho..
Soto betawi
Yuhhuu, paket soto betawi ini juga udah dilengkapi dengan tempe goreng, emping plus sambal dan jeruk nipis. Nikmat banget katanya..hoho..

Range harga makanan di tempat makan ini mulai dari Rp. 12.000 sampai dengan Rp. 20.000. Sedangkan untuk range harga minuman mulai dari Rp. 3.000 sampai dengan Rp. 8.500. Cukup terjangkau bagi kalian yang pengen melepas rindu dengan masakan Betawi di kota Gudeg ini..

Menurut saya terlepas dari tempatnya yang kecil, tempat makan ini sangat recommended untuk dikunjungi. Kalau kangen masakan betawi di Jogja ga perlu khawatir ya, tinggal pesen aja kesini.. Pake gojek juga bisa..hohoho..

Sekian review singkat saya tentang tempat makan ini. Bagi pembaca yang pengen kulineran lagi di sekitar Dapur Betawi ini, ada lagi tempat makan yang enak untuk dikunjungi, misalnya Ropisbak Ghifari atau Bakso Cak Masrur.. Thanks for reading yaa..

Baca : Ghifari, Tempat Makan Spesialis Roti Pisang Bakar

Baca : Di Jogja Kangen Bakso Jawa Timur? Mampir Ke Bakso Cak Masrur Aja..

Ringkasan : 
Nama : Dapur Betawi
Lokasi : Jalan Kenari No. 6, Muja Muju, Umbulharjo, Yogkakarta 
Jam buka : 10.00 - 17.30
Range harga makanan : Rp. 12.000 - Rp. 30.000
Range harga minuman : Rp. 3.000 - Rp. 8.500
Porsi : Kenyang
Rasa : Enak banget
Rating : 4.4/5

2 komentar:

Follow Me @granitprihara