Selasa, 23 Mei 2017

# kuliner

Di Bali Ada Ayam Tulang Lunak Malioboro, Di Jogja Ada Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Ceritanya dulu pas masih tinggal di Bali, di daerah deket kosan ada tempat makan enak yang menjual ayam tulang lunak, namanya Ayam Tulang Lunak Malioboro. Menu favorit saya dan suami adalah ayam presto telur asin. Nah pas di Jogja ini kami tiba-tiba ngerasa kangen sama ayam itu. Temen di Jogja pernah bilang, kalau Ayam Tulang Lunak Malioboro ini juga buka cabang di Jogja, tapi dengan nama yang berbeda. Nama doi di Jogja adalah Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk (ATL HW).

Ternyata ayam tulang lunak ini punya beberapa gerai di Jogja, salah satunya adalah di Jogja City Mall (JCM). Kebetulan kami juga berencana jalan-jalan ke JCM waktu itu setelah kami balik dari status Long Distance Marriage (LDM). Yes, beberapa hari sebelumnya saya ditinggal sama suami dinas ke luar kota selama 5 hari. Saatnya family time ke JCM..yuhuu..


Kalau ke JCM biasanya kami angon Sakha dulu di area permainan Amazone, atau kalau lagi ada keperluan belanja kami mampir dulu ke area Hypermart. Atau kalau emang bener-bener random tak ada tujuan, kami cuma leyeh-leyeh di di tangga depan JCM itu sambil menatap patung singa yang lagi mandi.. Random banget tho..


Saat perut beranjak lapar, langsung dah kami cuzz ke gerai Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk. Gerainya terletak di lantai GF, unit 22, tepatnya di sebelah kiri D'Cost pas. Dari depan tempatnya emang kelihatannya kecil, tapi setelah masuk, ternyata luas bok.. Bisa muat buat meeting banyak orang.
Suasana masih sepi
Area sofa
Kami memilih duduk di area sofa, supaya Sakha nyaman juga. Waktu itu kami memilih menu yang bikin kami ngidam sebelumnya, yaitu ayam presto telur asin. Kami beli yang paketan, yaitu Paket HW 1, karena udah free teh botol..hehehe. Sebagai tambahan kami memesan bakwan jagung, plus jus strawberry. Cekidot daftar menunya..
Menu paket family
Menu paket perorangan
Another Menu
Menu lagiii...
Waktu itu pengunjung di tempat ini ga terlalu ramai, jadinya ga perlu nunggu lama, masakan udah tersaji..hoho.. Langsung kami sikaaat.. Bismillah..
Ayam telur asin
Minuman dan asesorisnya
Kelihatannya porsi satu paket ayam telur asin ini sedikit, tapi ternyata selesai makan kami berasa kenyang banget. Oh ya ternyata sepiring bakwan jagung yang kami pesan ini berisi 3 biji. Alhasil bikin tambah super kenyang. Rasa masakan disini enak, sama persis kayak yang cabang Bali. Yang paling saya suka dari tempat makan ini adalah sambelnya bisa diambil sesuka hati..hahaha.. Rasanya juga ga terlalu pedas, sumer tapi nagihin.. (heleh bahasaku).

Yuhuuu, akhirnya rasa kangen kami akan ayam presto waktu di Bali terbayar sudah. Doain aja kami jarang dilanda rasa kangen itu, ya biar ga sering-sering kesini.. :p Atau doain semoga saya dapet ilham buat masakin menu ini sendiri di rumah buat keluarga.. Amiin.. :D

Oh ya kalau maem di tempat makan atau restoran jangan lupa yuk kita bantu mas-mbak waiters untuk membereskan meja kita. Saya baru mererapkannya beberapa kali setelah membaca postingan soal viralnya kejorokan turis Indonesia di Jepang. Saya jadi mikir, motto "Clean Up Your Mess" ini mengena banget. Kalau ga bisa bersihin sampe bener-bener bersih, seenggaknya kita bantu si mas dan mbak waiters ini.

Caranya gimana? Simple aja kok, cukup tumpuk piring sisa makanan tadi menjadi satu dan sisihkan sampah kecil yang tersisa seperti bekas tissu, plastik, tusuk gigi atau sedotan. Buat piring dan gelas itu terkumpul pada satu area, jadi si mbak mas waiters bisa langsung dengan gampang membawanya ke tempat cuci piring..hoho.. Dijamin kalau kita keluar dari area resto pasti ada rasa kebahagiaan tersendiri.. :D
Rapi-rapi dikit yes..wkwkw..
Okay, sekian postingan dari saya. Bagi alumni PT Ungu Terong di Bali yang udah relokasi ke Jogja trus lagi kangen sama ayam presto telur asin, langsung cekidot sini yaaa.. Ingat, restonya punya beda nama kayak yang di Bali.. Di Jogja dia bernama Hayam Wuruk..inga..inga..hoho..

Oh ya bagi yang pengen kepo kulineran lain yang pernah saya coba, jangan lupa cek disini ya.. Semoga ga dianggap sombong atau gimana ya.. Tujuan saya nulis cuma buat sharing. Sebagai arsip pribadi saya juga, supaya selalu senantiasa bersyukur.. :)

See ya on my another post ya.. Makaciii..

2 komentar:

Follow Me @granitprihara