Senin, 15 Mei 2017

# mainan # mom & kids

Sekarang Main Pasir Ga Harus ke Pantai Lho..

Siapa yang udah mengenalkan si kecil main pasir? Kalau lokasi tempat tinggal kita deket pantai sih ga apa-apa bolak balik kesana buat main pasir, plus buat si emak refreshing juga liat pemandangan pantai..hehehe.. Tapi kalau jarak tempat tinggal kita jauh dari pantai, gimana dong? Asyik sih sekali-sekali main pasir atau tanah di sekitar pekarangan rumah, tapi kalau sering-sering pasti emak ini bakal capek cuci baju si kecil yang kotor, belum lagi bersihin kotoran hitam di sela-sela kuku si kecil.. :D Saya melambaikan bendera putih dulu buk...

Salah satu godaan emak-emak adalah follow akun-akun toko mainan anak-anak di instagram.. Salah satu emak yang ga tahan godaan adalah saya :D. Saya banyak follow akun instagram toko mainan. Dari situ saya tau ada mainan keluaran terbaru. Kalau mainan itu cocok di kantong dan bener-bener bermanfaat buat Sakha, baru saya nabung buat beli. Kali ini mainan barunya adalah pasir kinetik Play Sand. Menyadari Sakha yang cuma pernah main pasir di pantai dua kali aja, saya pengen beli pasir kinetik itu supaya bisa sering melatih kemampuan motorik halus Sakha.

Lagi-lagi saya akan hunting harga paling murah di berbagai situs e-commerce sebelum membeli mainan tersebut. Akhirnya nemulah harga termurah di Shopee. Saya sekalian beli playdough supaya mendapat free ongkir :D. Begini penampakan pasir kinetik di web Shopee.
Pasir kinetik Play Sand
Baca : Asyiknya Bermain Playdough

Saya beli mainan ini Agustus tahun 2016 lalu seharga Rp. 50.000. Mainan ini terdiri dari satu set pasir seberat 400 gram plus lima buah cetakan. Saya pilih pasir yang berwarna kuning, supaya mirip sama warna pasir pantai..hehehe..

Pertama kali Sakha mainan pasir ini adalah saat Sakha libur daycare karena habis dijahit..huhu.. Waktu itu mainnya bareng ayah. Sakha masih belum ngerti gimana cara cetak pasirnya. Jadinya ayah Sakha yang cetak, Sakha cuma kebagian nuang pasir yang udah dicetak ke alas main. Selain itu Sakha seneng banget remet-remet pasirnya. Ya anggep aja dia lagi mengenal tekstur pasir.

Baca : Bunda Panik Lagi, Nak!!

Sakha main pasir sama ayah
Nah karena saya belum punya wadah untuk tempat pasirnya, jadi waktu dimainin pasir ini bisa tercecer kemana-mana. Akhirnya mainan pasir kinetik ini sempat vakum beberapa lama ga dimainin sampai nunggu saya punya tray alias baki tempat main :D

Oh ya dari tadi udah dibahas kan kalau mainan ini bernama pasir kinetik. Nah sebenernya apa sih kelebihan pasir kinetik ini daripada pasir biasa. Kelebihan pasir kinetik ini adalah :
  1. Aman dan tidak beracun
  2. Tidak berbau
  3. Tidak lengket di tangan dan di cetakan
  4. Dapat digunakan berulang kali
  5. Tidak mengeras
  6. Lembut dan mudah dibersihkan
Akhirnya setelah saya punya tray yang lumayan besar, lanjut lagi deh acara main pasir sama Sakha. Kali ini saya pilih mainnya di teras rumah aja, biar ga susah bersihinnya. Sebelum main pun siapkan koran atau kertas bekas untuk alasnya.. :D
Sakha seneng banget mainnya
Kali ini Sakha udah bisa mencetak pasirnya. Sakha paling seneng sama cetakan kura-kura. Walaupun hasil cetakannya ga terlalu rapi, tapi dia bahagia banget. "Ama, ini kura-kura buat ama..", begitu kata Sakha waktu selesai mencetak.. :D Makasih yo le! Sakha anteng banget main pasir ini. Kurang lebih kami main selama satu jam. Saya harus menyetopnya karena waktu udah beranjak sore, berarti saatnya mandi sore.
Sakha udah bisa mencetak
Berdasarkan hasil googling, ternyata main pasir itu punya banyak manfaat buat anak-anak, antara lain:
  1. Mengasah kemampuan fisik dan motorik. Saat anak bermain pasir dia akan menggunakan kedua tangannya untuk mengeruk, menyendok dan membuat pasir tersebut menjadi berbagai bentuk. Koordinasi antara mata dengan tangan, serta kekuatan otot semakin terlatih dengan kegiatan-kegiatan tersebut.
  2. Mengasah kreativitas dan daya imajinasi. Dengan tersedianya berbagai macam peralatan pendukung, seperti cetakan dan sendok, anak bisa bebas mengembangkan daya imajinasinya. Ga ada aturan paten dalam permainan pasir ini, sehingga anak bebas berkreasi.
  3. Melatih kemampuan kognitif. Dengan pasir kinetik ini anak bisa belajar berbagai macam bentuk, ukuran dan warna. Anak juga mempelajari bagaimana proses perubahan wujud pasir yang menggumpal menjadi pasir yang sudah berbentuk karena dicetak.
  4. Melatih kemampuan bersosialisasi. Jika permainan ini dimainkan bersama teman, dapat meningkatkan kemampuan sosial anak, seperti saling bekerja sama, berbagi, meminta atau menawarkan sesuatu. Sehingga dapat membangun hubungan baik dengan teman mainnya.
  5. Meredakan emosi. Bermain pasir dapat menenangkan perasaan anak yang sedang sedih. Karena bermain pasir itu menyenangkan! Saya aja demen, apalagi anak-anak :D. Anak-anak akan tersibukkan dalam kegiatan ini. Yang tadinya galau, risau, gundah atau emosi, setelah main pasir tentunya akan kembali ceria lagi.. :D
  6. Bonding orang tua dengan anak. Bermain pasir bersama orang tua akan mempererat hubungan emosinal antara orang tua dengan anak. Pendampingan orang tua saat bermain akan membuat suasana rumah menjadi lebih hangat. 
Melihat banyak manfaat yang didapat saat bermain pasir, tunggu apa lagi yuk ajak si kecil main pasir sekarang. Bagi yang tempat tinggalnya jauh dari pantai, ga perlu khawatir lagi karena pasir yang bersih dan aman ada di kinetik Play Sand ini. Sebenernya sekarang ada juga area permainan pasir kinetik ini di mall-mall gitu. Pernah liat di JCM, harganya saat weekend Rp. 35.000 bisa main sepuasnya. Tapi kan lebih asik punya sendiri. Kalau mau sering main, ga perlu sering ke mall kan.. :D Meminimalisir emaknya akan kalap juga kalau ngemol.. :p

Baca : Main Sepuasnya Di Amazone Jogja City Mall (JCM)

Menurut saya harga Rp. 50.000 per wadah pasir kinetik ini sangat worth it. Karena pasir ini bisa digunakan berulang kali. Selesai main tinggal masukin lagi ke wadah tertutup. Ga perlu khawatir pasir akan mengering. Besok besoknya siap dimainin lagi.. Praktis kan! Yuk mari maiiin.. :)

Ringkasan :
Nama Mainan : Play Sand Spesifikasi : 1 wadah terdiri dari 400 gram pasir kinetik dan lima buah cetakan random 
Harga (Agustus 2016) : Rp. 50.000 per wadah
Jenis : Warna pink, merah, kuning
Rating : 5/5
Sumber gambar :
Istana pasir : http://www.clipartkid.com/images/740/cartoon-sand-castle-clipart-best-T7tdE6-clipart.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara