Selasa, 29 Januari 2019

# curhat

Medical Check Up di Siloam Hospital Yogyakarta

Jadwal Medical Check Up alias MCU dari kantor sudah tiba lagi. Fasilitas MCU dari kantor tempat kami bekerja ini bisa digunakan dua tahun sekali. Masih inget banget sekitar tahun 2016 lalu saya dan Pak Yayan melakukan MCU di Pramita Lab.


Untuk tahun ini saya pengen mencoba provider baru yang lokasinya lebih dekat dari tempat tinggal kami, yaitu Siloam Hospital. RS Siloam berlokasi tepat di sebelah Lippo Plaza Jogja. Lokasinya strategis banget kan di Jalan Laksda Adi Sucipto. Ceritanya kami dijadwalkan untuk menjalani test darah puasa dua jam PP. Jadi sambil menunggu dua jam berlalu untuk ambil darah, kami bisa ngemall sebentar .


Alasan lain memilih RS Siloam sebagai provider MCU adalah karena rumah sakit ini masih baru, jadi kayaknya pasiennya gak terlalu banyak gitu, antriannya minimalis. MCU kali ini mencakup :
  1. Pemeriksaan riwayat kesehatan
  2. Pemeriksaan Fisik
  3. EKG
  4. Foto Thorax
  5. Laboratorium :
    • Hematologi (Darah lengkap) dan LED
    • Gula Darah (Glukosa : Berpuasa dan 2 jam setelah makan)
    • Faal Hati
    • Lemak Jantung
    • Urine Lengkap
    • Faeces Lengkap
    • VDRL
    • Pap smear

Malamnya kami udah berpuasa selama kurang lebih delapan jam. Paginya kami sampe RS sekitar pukul 08.00. Dengan membawa surat pengantar dari kantor kami langsung menuju bagian perawat jaga di depan loket pendaftaran. Kami menyerahkan surat pengantar ke bagian pendaftaran, plus menyertakan KTP untuk difotokopi. Setelah mengisi data diri kami diarahkan untuk menuju ruang Medical Check Up.
Bagian MCU
Selanjutnya petugas MCU mengarahkan kami ke bagian penimbangan berat badan. Disana berat badan dan tinggi badan kami diukur. Pengukurannya menggunakan timbangan digital yang langsung bisa menghitung BMI, jadinya langsung ketahuan over weight, under weight atau normal.

Saya sempat amazed aja karena bangunan rumah sakit ini masih kinyis-kinyis. Semua-muanya baru dan mutakhir. Ternyata Siloam Hospital Jogja baru resmi beroperasi sekitar setahun yang lalu. Pantesan masih kelihatan buersih dan kinclong.

Selesai cek berat badan kami diminta mengisi form riwayat medis secara detail. Form berisikan nama berbagai jenis penyakit. Apakah pasien pernah mengalami penyakit tersebut? Jika jawabannya adalah "Ya" maka pasien menjelaskan lebih lanjut tentang kapan dan seberapa sering terjadinya penyakit tersebut.
Form riwayat medis
Rasanya kami sangat bersyukur karena list di atas lebih banyak dengan isian "Tidak". Sungguh list nama penyakitnya sangat aneh-aneh. Pertanyaan yang paling menohok adalah "Apakah Anda rutin melakukan olah raga?" Sangat menyedihkan karena kami menjawab "Tidak" Hey sadarlah olah raga itu penting kisanak!

Selesai mengisi form kami diarahkan ke ruangan pengambilan darah. Disini petugas mengambil sample darah saya dan ditempatkan di tiga tabung kecil terpisah. Petugas juga memberikan tabung kecil tempat sample urine dan feses. Seperti biasa saat mengambil sample, cuma urine aja yang berhasil keluar. Sang F masih malu-malu kucing. Diputuskan kalau sample feses akan saya antar hari Senin, karena MCU di RS ini tutup kalau hari Minggu.

Selesai mengantar sample urine ke bagian MCU, saya diarahkan ke bagian EKG untuk pemeriksaan aktifitas jantung. Petugas mendampingi dengan ramah. Dalam pemeriksaan EKG ini pasien diminta untuk melepas perhiasan, bros atau asesoris yang mengandung logam. Alat pemeriksaan EKG yang saya lihat di RS ini beda dengan alat yang pernah saya pakai saat periksa di Pramita Lab. Disini alatnya lebih besar dan tampak sedikit mengerikan. Oh ya proses periksa jantung ini gak memakan waktu lama.

Selesai periksa EKG kami disarankan untuk makan dulu. Ternyata kami dapat fasilitas free sarapan. Alhamdulillah gak kelaparan gaes! Kami makan dulu sebelum melakukan pemeriksaan selanjutnya, yaitu pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik oleh dokter umum.

Horay, menu sarapannya adalah omelet telor dan kentang goreng. Huwow, omelet nya tebel banget. Makanan ini sukses mengganjal perut kami yang kelaparan.
Free sarapan
Selesai santap sarapan saya lanjut menemui dokter umum untuk dilakukan pemeriksaan fisik. Disini dokter memeriksa menggunakan stetoskop serta melakukan pemeriksaan mulut, mata dan telinga. Dokter nya enak banget diajak konsultasi. Saya cerita kalau memiliki gangguan kulit semenjak menerima transfusi darah saat lahiran Sakhi dulu. Dokter banyak menjelaskan tentang alergi pada saya.

Baca : Cerita Lahiran Adik Sakha

Pemeriksaan fisik selesai, petugas MCU mendampingi saya untuk periksa mata. Alhamdulillah saya sukses akurat membaca huruf menggunakan satu mata ditutup. Ya walaupun bacanya gak bisa "cak-cek" gitu. Membaca sambil mikir itu huruf P atau F yaaaa..

Lanjut setelah periksa mata petugas mengarahkan ke bagian Radiologi untuk dilakukan rontgen. Ruangan radiologi ada di lantai 2. Untuk pindah dari satu lantai ke lantai yang lain pengunjung bisa memilih menggunakan lift atau tangga berjalan. Yes, di dalam rumah sakit ini ada eskalatornya! 
Eskalator di dalam RS
Sampai di ruang Radiologi saya diminta untuk mengganti baju sebelum melakukan rontgen. Bajunya berbentuk seperti kimono. Bajunya masih dalam plastik alias masih baru! Huwow. Bahannya adem, motifnya garus-garis, cocok dipadupadankan dengan jilbab polos.. #lhaa 
Baju ganti yang masih baru
Saat melakukan rontgen alias foto thorax ini pasien juga tidak diperbolehkan menggunakan perhiasan berbahan logam. Untuk pasien wanita diwajibkan melepas bra. Untuk yang berhijab boleh tetep pakai hijabnya asal gak ada asesoris peniti atau bros yang menempel.

Tes darah, pemeriksaan EKG, pemeriksaan fisik, pemeriksaan riwayat kesehatan dan rontgen udah sukses dilakukan. Tahap selanjutnya adalah puasa dua jam kemudian balik untuk test gula darah PP. Nah tenggang waktu dua jam ini kami gunakan untuk ngemall. Oh ya saya juga ada jadwal Pap Smear. Pap Smear di RS Siloam ini harus menunggu dokter Obgyn yang available jam 16.00.

Aneh rasanya ngemall gak bareng duo krucils. Walaupun aneh tapi kami tetap menikmati, ya mau kapan lagi dong bisa pacaran kayak gini? Jalan-jalan tanpa gangguan gitu .

Sungguh dua jam itu berlalu sangat cepat. Selesai jalan-jalan dan dzuhuran kami balik ke RS lagi. Pengambilan darah yang kedua ini agak drama karena pembuluh darah saya terlalu tipis. Akhirnya darah diambil di bagian dekat lipatan siku..fiuuh, agak sakit juga.

Selesai ambil darah kami disuruh makan lagi dong. Yes, kami dapet fasilitas makan siang gratis! Huwow alhamdulillah. Menunya kali ini adalah nasi goreng special pake telor. Porsinya banyak gaes, tulung.
Free makan siang
Harapan kami setelah makan tuh bakal ada output sample yang keluar, ternyata engga dong. Setelah makan siang kami disarankan untuk pulang dan kembali lagi saat Pap Smear nanti. Jadi rencananya kami akan menjemput Sakha dan Sakhi di daycare dulu, karena di hari Sabtu daycare cuma sampai jam 16.00 kan. Sebelum jemput Sakha Sakhi, saya sempetin pumping dulu karena rasanya udah gak enak banget. Gak lupa ashar'an juga. Setelah jemput Sakha Sakhi, kami balik ke RS lagi untuk saya Pap Smear.

Baca : Menitipkan Anak di Daycare??

Waktu itu cuma ada dua antrian ke dokter Sp. OG. Jadi saya ga menunggu terlalu lama. Waktu saya Pap Smear, pak Yayan menjaga Sakha Sakhi main di playground RS.
Main di playground dulu
Ini adalah Pap Smear kedua saya, tapi rasanya kok lebih sakit ya daripada yg pertama..hehehe.. Dulu lahiran kedua rasanya juga lebih sakit dari yang pertama. Anggap aja itu faktor U gaes!

Akhirnya rentetan agenda MCU selesai sudah. Sebenernya belum selesai sempurna karena kami belom ngumpulin sample faeces . Rencananya sample penting itu akan kami anter hari Senin aja gitu. Pas outputnya keluar saat jam kantor, izin sebentar cuz ke Siloam naik gojek. Tampaknya itu adalah solusinya.

Hokey, kayaknya sekian dulu sharing saya tentang MCU di Siloam Hospital. Pernah tanya sama petugasnya, paket lengkap MCU yang kami jalankan ini kata beliau biayanya sekitar sejutaan. Tapi saya lihat RS Siloam juga menyediakan paket MCU yang harganya affordable.
Paket MCU
Jadwal MCU di RS Siloam hari Senin - Jum'at pukul 07.00 - 15.00. Sedangkan untuk hari Sabtu pukul 08.00 - 12.00. Hari Minggu tutup ya. Gimana, penasaran? Segera kunjungi RS Siloam terdekat.. 

Thanks for reading..



Sumber gambar :
Logo Siloam : http://images1.rri.co.id/thumbs/berita_301303_800x600_images.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara