Minggu, 27 Januari 2019

# review hotel

Menginap di The Himana Hotel Malang

Akhir tahun 2018 kemarin kami sekeluarga seneng banget bisa jalan-jalan ke kota Malang. Dulu pernah sih jalan-jalan kesini pas Sakha masih kecil. Sekarang udah hadir Sakhi yang makin memeriahkan suasana. Bikin suasana ramai karena tangisannya juga

Baca : Mbolang ke Malang

Nah selama di Malang kemarin kami menginap di The Himana Hotel. Kami udah hunting hotel jauh-jauh hari sebelum mudik, jatuhlah pilihan ke hotel ini karena on budget gitu. Selain on budget, hotel ini juga terletak di tengah kota plus dekat dengan mall juga. Pengalaman nyaman menginap hotel dekat mall saat di Magelang dulu membuat kami ingin mengulanginya lagi.

Baca : Grand Artos, Hotel Strategis di Magelang

Kami booking hotel lewat situs Pegipegi.com, lumayan waktu itu dapet diskon 10%.  Untuk dua malam kami merogoh kocek total sejuta. Untuk tahun baru, rate ini tergolong affordable karena hotel lain di kota Malang bisa sampe sejuta harga per malamnya. Khusus customer yang booking lewat Pegipegi.com dianjurkan untuk menelepon pihak hotel H-1 kedatangan untuk konfirmasi.

Singkat kata, hari H pun tiba. Kami sampai The Himana Hotel sekitar pukul 14.00. The Himana Hotel terletak di Jalan Raya Dieng no 31, Pisang Candi, Malang. Hotel ini satu area dengan mall Malang City Point. Karena satu area dengan mall, tamu hotel bisa memarkirkan kendaraan di parkiran basement mall.

Kami check-in tanggal 30 Desember sekitar pukul 15.00. Proses check-in tidak membutuhkan waktu lama. Saya cuma dimintain KTP untuk difotokopi. Tapi agak mengagetkan juga karena hotel ini menerapkan sistem deposit. Tamu hotel diwajibkan deposit sejumlah Rp. 100.000. Untuk mendapat free parking, tamu hotel harus meminta stempel kepada resepsionis setiap menerima tiket parkir baru. Akhirnya proses check-in selesai, kami mendapatkan kartu kunci kamar dan kwitansi untuk pengambilan deposit saat check-out nanti. Kami mendapat kamar di lantai 15 gaes

Lobby
Area lobby di hotel ini tidak terlalu "wah" dengan design kekinian. Mungkin memang tema hotel ini minimalis. Sofa yang digunakan sebagai ruang tunggu pun juga sofa seperti layaknya di ruang tamu rumah, memberi kesan homey. Sofa tunggu terbagi menjadi tiga bagian, satu di depan dekat pintu masuk, sedangkan yang lain di depan kanan kiri meja resepsionis.
Sofa dekat pintu masuk
Sofa depan kanan resepsionis
Sofa depan kiri resepsionis
Area lobby ini besar dan bersih. Part paling mencolok dari lobby adalah meja resepsionis dengan corak merah kuning yang dihiasi dengan lampu lampion. Terdapat dua resepsionis yang stand by disini. Semuanya ramah.
Meja lobby
Walaupun mengusung tema minimalis, corak warna kombinasi antara dinding, meja dan sofa membuat area lobby menjadi "hidup".

Lift
Tidak seperti lift di Same Hotel Malang, dimana sebelum menggunakannya tamu wajib men-scan kartu kunci kamar, di Himana Hotel ini tamu bisa langsung menggunakan liftnya. Terdapat dua lift di hotel ini. Ukuran liftnya juga tidak terlalu besar.

Baca : Menginap di Same Hotel Malang

Kamar
Kami dapat kamar nomor 22 di lantai 15! Lokasi kamarnya dekat dengan pintu darurat. Kamar nomor 22 ini menghadap jalan utama alias Jalan Dieng. Seperti dugaan kami di awal, kamar ini luasnya gak terlalu besar. Furniturenya juga minimalis. It's okey, karena kan disini cuma numpang bobok aja tho..hehehe.. Gak niat goleran di hotel doang kayak pas ke Magelang dulu.

Walaupun ruangannya gak terlalu besar, tapi fasilitas kamar hotel ini cukup lengkap lho. Di dalam kamar bisa ditemuin rak untuk tempat baju, rak sepatu, meja rias merangkap meja kerja, tv LCD dan mini bar. Huwow, mayan banget kan.
Rak baju dan rak sepatu
Meja kerja mernagkap meja rias
Lorong kamar
Mini bar
Ini gongnya, pas gorden kamar dibuka tuh kami bisa melihat pemandangan indah kota Malang. Bikin fresh mata! Sebenernya agak ngeri juga karena jendela kamar ini tipenya yang bisa dibuka gitu, tapi doi agak tinggi jadi aman untuk anak-anak.
Pemandangan saat mendung
Pemandangan saat cerah, ada gunung!
Pas malam pergantian tahun tiba bisa dibayangin kan gimana serunya menikmati gempita kembang api di kota Malang dari lantai 22 ini. Plus pihak Malang City Point sendiri juga ada agenda menyalakan kembang api. Rasanya seneng banget, kapan lagi bisa lihat kembang api dari atas dan dekat Pertama kali dalam hidup ini!
Kembang api dari dekat
Menikmati kembang api yg nyala di jauh sana

Bed
Bed yang digunakan di kamar ini bertipe Queen size. Sempat ragu juga apa muat bed ukuran ini dibobokin orang empat? Plus luas kamar kan gak terlalu besar tho, ayah Sakha juga gak mungkin goleran di lantai.
Queen bed
Eng ing eng, ternyata muat sodara buat dibobokin orang empat. Kami berempat bobok nyaman kecuali Sakhi. Saya ngerasanya Sakhi ini capek setelah perjalanan jauh, plus sumpek juga karena gak bisa explore merangkak. Jadinya harus ditimang-timang dulu baru dia kalem.
Si susah tidur

Bathroom
Di dalam kamar mandi fasilitasnya juga oke lho. Tamu hotel mendapatkan toiletries berisi sabun batang, sabun cair merangkap shampoo, sikat gigi, odol, shower cap, kresek dan cotton bud.
Toiletries set
Jujur aja area kamar mandi ini terbilang kecil. Saat akan memandikan Sakhi di wastafel, kami harus berdesak-desakan gitu. Tapi gak apa-apa so far aman-aman aja. Oh ya air di wastafel juga anget lho, gak cuma anget di shower utamanya aja.
Area wastafel
Area mandi
Shower di kamar mandi ini cuma satu, yaitu shower besar yang nancep di bagian atas itu. Tidak tersedia shower yang bisa dipegang tangan. Dua buah handuk bersih berukuran besar juga disediakan untuk tamu. Area basah dan kering dipisahkan oleh kaca tanpa pintu. Ya walaupun area kering bisa jadi basah banget karena keberingasan Sakha saat mandi.
Handuk
Walaupun kamar mandi ini ukurannya kecil tapi kebersihan tetep terjaga. Kegiatan mandi juga enjoy aja walaupun sempit. Oh ya ada satu nilai plus juga, hotel ini menyediakan hair dryer. Asik ngebantu banget untuk keringin rambut sebelum pake jilbab.
 
Service
Jadi ceritanya saat sampe kamar, TV kamar kami mengalami gangguan. Blas gak ada channel apa-apa gitu. Telepon lobby untuk minta dibenerin, lalu staff hotel pun datang gercep ke kamar. Setelah beberapa menit menunggu, channel TV pun sukses dibenerin. Channel TVnya sangat lengkap ternyata.
List channel TV
Saat kami meninggalkan hotel untuk perjalanan ke Batu, kami memberikan note "Do Not Disturb" di pintu kamar. Tapi agaknya gak terbaca oleh staff kebersihan hotel, ternyata kamar kami tetep dibersihin dong . Semoga lain waktu bisa lebih teliti lagi ya..

So far service di hotel ini memuaskan. Staff hotel yang kami temuin ramah-ramah dan komunikatif. Oh ya fyi pada hotel ini tidak tersedia fasilitas free swimming dan free breakfast karena area kolam renang dan resto masih dalam tahap maintenance.

What's Near The Hotel
Hotel ini bersebelahan dengan mall Malang City Point dan Cyber Mall Malang (dulu Dieng Plaza). Walaupun mall Malang City Point ini gak terlalu besar, tapi cocok sebagai jujug'an refreshing. Wendy's, J.co, Chatime, Starbucks, Fun City, Miniso, Ace Hardware, Guardian adalah beberapa brand beken yang terdapat di mall ini. Di mall ini juga ada bioskopnya lho, Aurora Cinema namanya.

Untuk urusan makan malam kami gak dipusingkan sama sekali karena di lantai 2 mall Malang City Point lagi ada event Go Food Festival. Beli makan pake Gopay bisa dapet cashback 50%. Wow mantab dan hemat!

Gimana dengan sarapan? Pilihan sarapan di daerah Jalan Dieng ini cukup beragam. Di sekitar hotel banyak penjual makanan seperti bubur, pecel, nasi uduk dan soto. Maklum daerah ini sangat dekat dengan kampus Universitas Merdeka Malang, jadinya banyak penjual makanan.



Overall rasanya puas bisa menginap disini. Hotel ini bisa menutupi kekurangannya dengan kelebihan yang dia punya..hehehe.. Walaupun gak ada fasilitas kolam renang dan free breakfast gak menjadi masalah yang berarti.

Bagi teman-teman yang bingung mencari hotel yang dekat dengan mall, The Himana Hotel ini bisa dijadikan pilihan. Hotel ini sangat cocok dinikmati saat malam pergantian tahun karena kita bisa melihat riuhnya kembang api dari ketinggian.

Sekian review dari saya, semoga bermanfaat yaaa.. Thanks for reading!


Ringkasan :  
Nama Tempat : The Himana Malang
Alamat : Jalan Raya Dieng no 31, Pisang Candi, Sukun, Malang
Range harga kamar : Rp.280.000 - Rp. 350.000 (normal season)
Pros : Lokasi strategis dekat mall, hotel bersih, fasilitas kamar lengkap, staff ramah, koneksi wifi cepat, view yang bagus dari kamar
Cons : Tidak tersedia free breakfast, kolam renang under maintenance, luas kamar tidak terlalu luas
Rate : 4.6/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara