Selasa, 22 Januari 2019

# kuliner

Masakan Rumahan Ala Fancy di Kenes Resto

 
Setiap melewati Jalan Kusumanegara Jogja, saya dan pak Yayan selalu dibuat penasaran sama resto satu ini. Alasan pertama karena tulisan "Nasi Pedas" yang terpampang nyata di baliho resto. Maklum, kami adalah pecinta makanan yang membuat bibir kepanasan, plus di Jogja jarang banget ditemuin makanan pedas yang cocok di lidah. Alasan kedua lebih karena resto ini punya arsitektur yang kekinian nan mewah, instagramable gitu nama bekennya. Akhirnya diputuskan di suatu istirahat makan siang kami mampir kesini.

Sempat deg-deg'an juga pas masuk, karena waktu itu restonya lagi sepi. Sempat gugup juga membayangkan kami bakal merogoh kocek seratus ribuan demi makan siang di tempat kekinian. Kira-kira menu yang ditawarkan tempat fancy ini seperti apa sih? Bikin kami penasaran aja. Akhirnya papan menu di dinding menjawab rasa penasaran kami, ternyata harga menu tak semahal yang dikira. Ternyata resto ini menawarkan menu masakan rumahan sis..ulala..
Menu makanan
Menu minuman
Menu nasi kendil
Sistem ordernya mirip kayak resto fast food. Pilih, bayar, makan! Kami sempat bingung juga mau makan apa, akhirnya pilihan jatuh pada menu "Kendil Spesial". Menu Kendil Spesial ini terdiri dari nasi, ayam, mie, tumis / oseng, dan sambal. Pengunjung bisa memilih sendiri varian masakannya. Mau nasi putih atau nasi pedas. Mau ayam krispi, ayam rica atau opor ayam. Mau mie bihun atau mie pedas. Mau oseng putih telur, usus, atau tetelan. Kami kompak memilih varian Nasi Pedas, Ayam Rica, Mie Pedas, dan Oseng Usus. Yummmyyy..

Setelah bayar, makanan langsung kami bawa. Sedangkan minumnya nanti di antar ke lokasi tempat kami duduk. Pengunjung bisa bebas memilih mau duduk di area lantai satu atau lantai dua. Di lantai satu terdapat tempat duduk yang semi outdoor dengan nuansa taman kehijauan.
Tempat duduk di lantai satu
Tempat duduk di lantai satu
Meja kursi di lantai satu ini bermaterialkan kayu jati kokoh. Tembok di lantai satu ini dihiasi mural bertemakan bunga dan burung. Sedangkan tembok taman bertemakan semi industrialis karena memanfaatkan besi sebagai alat bantu media tanam.
Pemandangan taman
Menurut saya tempat makan di area taman ini cocok digunakan saat sore hari, karena kalau siang panas banget bok. Banyaknya kipas angin gak begitu membantu. Fyi, bangunan ini menggunakan besi kontainer sebagai temboknya, sehingga akan memantulkan panas. Udara panas seakan "terjebak" di area outdoor ini.

Di lantai dua pengunjung juga bisa memilih mau di dalam ruangan full AC atau memilih di balkon luar supaya bisa sambil menikmati pemandangan jalan. Lantai dua juga mengusung tema industrialis. Perpaduan meja kayu dan kursi besi menghiasi lantai ini. Pengunjung juga bisa duduk di sofa jika ingin suasana yang lebih santai. Tembok lantai dua dihiasi lukisan bertemakan gambar jaman dulu. Pernak pernik pajangan dan lampu-lampu unik juga turut memeriahkan suasana lantai dua.
Suasana lantai dua
Sofa di lantai dua
Kami memilih duduk di lantai dua di area balkon. Suasananya mirip dengan area dalam, minusnya cuma gak ada AC aja. Saya paling demen sama lampu yang menggantung di area ini. Mungkin pas dinyalakan saat malam tiba, ruangan ini bakal jadi sangat manis dengan temaram lampu kuning.
Area balkon lantai dua
Lampunya unik banget gaes
Duh saya semangat banget membahas tentang arsitektur fancy resto ini, sampe kelupaan kasih liat gimana penampakan makanan kami. Begini nih penampakan Kendil Spesial yang siap menggoyang lidah.
Kendil Spesial by Kenes Resto
Dari suapan pertama saya langsung jatuh cinta sama cita rasanya, pak Yayan juga gaes. Nasi pedas ini ternyata adalah nasi putih yang digoreng dengan kemangi plus irisan cabe rawit. Di atasnya ditaburi kremesan yang membuat rasanya semakin gurih. Oseng ususnya ini juga pedas, nampol banget, kusuka! Yang paling epic adalah ayam ricanya. Kuahnya pedes kentel, berminyak dan kaya akan bumbu. Sedangkan ayamnya super empuk banget. Semuanya cocok berpadu di mulut. Pedas enak!
Kepedesen gaes, gobyos
Lain waktu saya dan pak Yayan pengen makan siang disini lagi. Nagih cuy! Oh ya tempat makan ini cocok sebagai destinasi kuliner keluarga. Cocok pula untuk tempat nongkrong bareng teman-teman. Pernah juga pas kami lagi makan disini ada seorang mahasiswi lagi mengerjakan tugas dengan nyamannya.

Jadi gimana penasaran dengan resto ini? Jangan lupa mampir ke Kenes Bakery and Resto cabang Kusumanegara. Alamatnya di Jalan Glagahsari no 1-3, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Selain menikmati sajian masakan rumahan, pengunjung juga bisa mampir ke outlet bakery yang terletak di lantai satu. Di outlet tersebut terdapat berbagai jenis oleh-oleh khas Jogja, terutama bakpia. Beraneka jenis kue, tart dan snack juga tersedia. Paket lengkap kan!

Jangan lupa kunjungi tempat makan lain di sekitar sini ya, seperti outlet Bakso Alex dan Mie Kepang Jayakarta..


Ringkasan :   
Nama : Kenes Bakery and Resto cabang Kusumanegara 
Lokasi : Jalan Glagahsari no 1-3, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta  
Jam buka : 06.00 - 22.00    
Porsi : Kenyang 
Rasa : Enak banget 
Rating : 4.8/5

Sumber gambar :
Kenes : https://siva.jsstatic.com/id/74373/images/banner/74373_banner_0_853097.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara