Minggu, 25 September 2016

# mom & kids # review

Lippo Plaza Jogja, Tempat Ngemall Favorit Emak dan Anak


Halo rekan-rekan semua, kali ini saya akan membahas soal mall alias pusat perbelanjaan. Siapa sih yang ga suka jalan-jalan ke mall? Ada? Ada ding, bapak saya...hehehe.. Sebenernya saya dan suami itu bukan tipe orang yang seneng belanja-belanja. Tapi kami suka aja jalan-jalan ke mall. Ya karena memang tempat refreshing paling dekat adalah mall. Yoii..kalau mau ke pantai jauh buk.. Apalagi di Jogja juga ga ada taman kota kayak di Kebon Rojo Blitar..

Baca : Bon Rojo : Tempat Angon Anak Murah Meriah Di Blitar

Dulu kami sering banget jalan ke Ambarukmo Plaza pas weekend tiba. Rute utamanya cuma ke Carrefour, liat-liat kalau ada promo pampers atau buah. Kalau perut lapar tiba, kami langsung cuzz ke Es Teler 77. Untuk sekedar jalan-jalan mengelilingi mall pun kami udah terlalu capek, karena kami membawa Sakha, jadi harus gantian gendong Sakha deh. Lagian kalau ke Amplaz mau cuci mata kemana? Menurut kami rata-rata store-store disana jualan barang mahal..hehehe.. Kami juga merasa mall ini terlalu luas, jadi bayangin jalan-jalan aja udah berasa capeknya :D Ada juga sih yang bikin agak keder ke mall ini saat weekend, yaitu cari tempat parkir mobil. Pernah kami dapet parkiran di ujung atas deket masjid Amplaz sana, capeknya..

Akhirnya kami mikir, dimana ya mall yang ga terlalu ramai dan yang ga terlalu luas bangunannya, tapi lokasinya masih deket-deket Amplaz aja. Kami pernah nyoba ke Galeria Mall, tapi lumayan susah buat cari parkiran mobil. Lokasinya pun agak ruwet, yaitu pas di perempatan. Hmmm..mesti cari mall yang lebih nyaman lagi nih..

Nah suatu ketika saya liat katalogpromosi.com pas kebetulan ada promo buah di Hypermart. Kami searching-searching ternyata Hypermart di Jogja itu ada di Lippo Plaza. Akhirnya kami nyoba deh Hypermart sekalian jalan-jalan ke Lippo Plaza. Lippo Plaza ini terletak di Jalan Laksamana Adi Sucipto no 32 - 34. Lebih tepatnya bersebelahan dengan Hotel New Saphir Jogja. Pas masuk parkiran kami sempat dibuat bingung, karena ada 2 pilihan, mau parkir mobil di area bawah atau area atas. Saat itu kami memilih parkir di area bawah, berdekatan dengan area Hypermart. Untuk mencari tempat parkir di mall ini juga gampang, pasti dapetnya.

Pas masuk di mall di area under ground, kami ngerasa kok mall ini sepi. Pas belanja di Hypermart pun, petugas bagian timbangan buah kadang suka ngilang entah kemana. Petugas kasirnya pun kadang cuma satu orang aja yang bertugas. Apa mungkin memang karena mall ini pengunjungnya ga terlalu ramai.. :D

Oh ya di mall ini Sakha demen banget karena dia nemu banyak tempat mainan. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratisan..hehehe. Pas waktu saya belanja ke Hypermart, Sakha sama ayahnya main mobil-mobilan. Jadi pas di depan Hypermart ada tempat persewaan mobil yang bisa dinaiki anak-anak. Harganya Rp. 20.000 per 20 menit. Lumayan kan ya, emak-emak bisa shopping cuci mata, sementara anak dan ayahnya main mobil-mobilan dengan bahagia :p
Sakha menikmati banget nih
Untuk urusan perut, di mall ini juga terdapat pilihan tempat makan walau ga terlalu banyak. Tempat makan yang paling mencolok di lantai underground adalah Olive Fried Chicken, yang ga pernah sepi pengunjung. Sekedar info aja, harga Olive disini lebih mahal seribu rupiah daripada yang biasanya..hehehe. Di lantai 3 tepatnya daerah Food Court, juga terdapat gerai tempat makan yang nyaman, antara lain Solaria, The Sandwich Company, Sendok Bebek, Nasi Goreng 69, Sushi Story dan banyak gerai kopi, cemilan atau ice cream. Yang saya suka di mall ini adalah banyak tempat duduk atau rest area yang menyebar di area mall. Jadi pengunjung yang capek bisa langsung leyeh-leyeh sambil menikmati pemandangan mall.
Dekorasinya kekinian banget

Baca : Nasi Goreng 69, Tempat Makan Nyaman di Lippo Plaza Jogja

Baca : Sendok Bebek Lippo Plaza Jogja, Tempat Makan Spesialis Mie

Di area lantai atas, Sakha juga nemu mainan prusutan gratisan. Tepatnya di depan Matahari Department Store area baju anak. Sakha demen banget main disini, selain prosotan dia juga bisa main masuk gorong-gorong yang ada di bawah prusutan. Emaknya pun bisa sedikit leyeh-leyeh di tempat duduk di sekitar situ.
Area prusutan gratisan
Sakha main di gorong-gorong
Di area atas ini juga ada tempat main yang berbayar, yaitu Time Zone dan Kiddy Playland. Time Zone berada di lantai 3, lokasinya deket sama bioskop Cinemaxx dan Matahari Department Store area baju anak juga. Sakha pernah saya ajak kesini sekali, sebenernya ini bukan tempat bermain yang cocok untuk anak seumuran Sakha. Dia ga begitu antusias, cuma seneng pas naik kuda semacam odong-odong gitu. Nah karena isi voucher Timezone masih banyak akhirnya emak Sakha yang menggila cobain banyak permainan disini. Maklum saya kurang piknik.. :D

Baca : Akhirnya Sakha Bisa Main di Timezone

Kalau Kiddy Playland itu terletak di lantai 1, lokasinya deket sama Matahari Department Store tapi area baju cewek. Disini banyak banget jenis mainan yang cocok sama anak-anak seumuran Sakha. Mulai dari prusutan, trampolin, mobil-mobilan, masak-masakan, lego, buku, mandi bola dan rumah-rumahan. Harga main per jamnya adalah Rp. 20.000 saat weekdays dan Rp. 25.000 saat weekend. Lumayan murah kan. Untuk jumlah pengantar anak pun ga dibatasi berapa orang, jadi saya dan suami bisa masuk buat nemenin Sakha main..hohoho.. *Padahal suami cuma saya minta jadi sie dokumentasi :D
Sakha betah banget disini
Baca : Bahagia Dengan Rp. 25.000 di Kiddy Playland Lippo Plaza Jogja

Yuhuuu.. karena Sakha dan emaknya udah nemu tempat yang nyaman pas nge-mall, akhirnya setiap weekend kami agendakan jalan-jalan kesini. Walaupun seringnya ga beli apa-apa karena memang niatnya ngemong Sakha sambil cuci mata..hehehe..

Berikut deh saya bikin ringkasan kenapa mall ini menjadi favorit kami :
  1. Tempatnya ga terlalu luas, jadi ga perlu takut kecapekan pas rempong gendong anak.
  2. Cari parkirannya gampang, pasti dapetnya kok. Ga ada ceritanya tempat parkiran sampe bener-bener full.
  3. Pengunjung di mall ini ga terlalu banyak, jadi kalau anak jalan ga perlu takut dia ketabrak orang.
  4. Ada Hypermart yang sering banget ngadain promo.
  5. Ada tempat mainan anak yang nyaman, mulai dari yang gratisan sampai berbayar.
  6. Ada tempat makan yang nyaman dan harganya ga terlalu mahal.
  7. Banyak terdapat rest area atau tempat duduk.
  8. Mushola nya luas dan bersih.
  9. Tarif parkir mobilnya murah. Satu jam pertama kena Rp. 3.000, sejam berikutnya tambah Rp. 1.000. Tapi maksimal tarif parkir mobil adalah Rp. 5.000.
  10. Ada bioskop Cinemaxx yang harga tiketnya murah. *Saya belum pernah coba, cuma kata temen aja ini. Kapan saya bisa nonton bioskop lagi dong.. :( #curhat
  11. Dekorasi di mall ini sangat kenian, anak muda banget lah pokoknya.. :D
Tak ada gading yang tak retak kan, begitu juga dengan mall ini. Menurut kami masih ada beberapa bagian yang membuat kami kurang sreg :
  1. Parkiran mobil sisi atas yang melingkar dan ekstrim. Selain jalannya kecil, jalur naiknya juga cukup curam. Lumayan bikin suami pusing waktu menyetir. Jadi sebaiknya kalau parkir di area parkiran bawah aja ya.
  2. Pilihan tempat makan yang ga terlalu banyak. Sampe tulisan ini diposting tempat makan yang ada di mall ini ya seperti yang saya sebutkan di bagian atas tadi. Ada juga Happy Bee dan Tong Tji Tea Bar yang akan dilaunching.
  3. Sistem bayar parkir dulu sebelum ambil kendaraan. Sistem parkir di mall ini agak beda sama mall lain. Jadi di pintu keluar menuju parkiran terdapat loket pembayaran parkir. Pas mau bayar disana, kita diminta menyebutkan nomor plat kendaraan. Lalu sistem akan mengakumulasi tarif parkir. Setelah bayar kita akan menerima struk pembayaran yang harus discan di pintu keluar parkiran. Sistem ini lumayan bikin bingung pengunjung baru. Karena mereka ga ngerti sistemnya, tetep aja mereka bayar di pintu luar parkir tempat ngescan bukti pembayaran tadi. Hal tersebut lumayan bikin antrian saat kendaraan mau keluar.
Ya begitulah kira-kira pengalaman saya dan keluarga jalan-jalan di Lippo Plaza. Bagi ibu-ibu yang pengen nge-mall sambil ngemong anak, Lippo Plaza ini sangat cocok banget dijadikan pilihan. Emak senang anak pun riang.. Selamat nge-mall ya.. :)

UPDATE (31 May 2017):
  • Sewa mobil-mobilan udah pindah dari depan Hypermart. Sekarang lokasinya di lantai 2 dekat dengan Cinemaxx.
  • Untuk main di Kiddy Playland, sekarang pengunjung diwajibkan memakai kaos kaki. Kalau beli disana, harganya Rp. 5.000 per pasang.
  • Kalau kita parkir kendaraan di parkiran bagian atas (yang belok-belok curam itu), bayar parkirnya adalah di pos keluar parkiran. Tepatnya sebelum kita turun. Jadi bukan di pintu keluar mall lagi ya.
  • Di area food court sekarang udah dibuka banyak stan resto..lengkap banget dah..

Sumber gambar :
Lippo Plaza : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQgPV7M1eH4rEfFWKJU66Lhx4Jr9NbGY5YrbIH2uPC7xCYhkZZtMkZW80sa

3 komentar:

Follow Me @granitprihara