Kamis, 27 Oktober 2016

# curhat

Medical Check Up di Pramita Lab

Setelah lebih dari 4 tahun pengabdian saya kepada kantor, akhirnya saya berkesempatan merasakan fasilitas Medical Check Up (MCU). Sebenernya MCU ini adalah fasilitas gratis kantor yang bisa dimanfaatkan 2 tahun sekali. Tapi karena saya dulu kelebihan hormon ibu hamil dan ibu menyusi, jadinya kena penyakit males mau ngapa-ngapain. Padahal kan lumayan kalau 2 tahun lalu saya MCU juga :D

Baca : Booster Menyusui Itu....

Saya melakukan MCU ini di Pramita Lab di Jalan Cik Ditiro Jogja hari Sabtu. Rencananya MCU yang akan dilakukan meliputi pemeriksaan:
  1. Fisik
  2. Rontgen
  3. ECG
  4. Laboratorium
  5. Darah puasa 2 jam
  6. Urine  
  7. Feces
  8. Pap Smear
Lalu apa aja yang harus dipersiapkan sebelum MCU? Yang pasti kita harus puasa karena akan ada pemeriksaaan laboratorium, kurang lebih tata caranya seperti ini :
  1. Puasa dilakukan selama 10-12 jam sebelum pemeriksaan laboratorium. Misalnya kalau pemeriksaan laboratorium dilakukan jam 8 pagi, maka puasa dilakukan jam 10 malam.
  2. Selama puasa tidak boleh minum yang manis-manis. Sebaiknya minum air putih aja.
  3. Selama puasa tidak boleh merokok dan makan permen.
  4. Sebaiknya puasa tidak dilakukan lebih dari 12 jam
  5. Bila ada pemeriksaan gula darah 2 jam pp, berarti sebelum proses pengambilan darah lagi, harus berpuasa selama 2 jam dengan waktu hitung tepat setelah selesai makan.
  6. Untuk pemeriksaan test Pap Smear, tidak diperkenankan untuk melakukan hubungan suami istri minimal 3 hari sebelum pelaksanaan MCU dan pap smear hanya dapat dilaksanakan minimal 7 hari setelah haid.
Yuhuu, setelah saya sudah memenuhi syarat di atas, lanjut lah cuzz ke Pramita. Sebelumnya saya dan suami mengantar Sakha ke daycare, karena pasti bakal repot bawa anak kecil pas MCU. Maaf ya Nak, ini pertama kali kamu masuk daycare hari Sabtu :( Ga papa nanti sore kita ketemu lagi.. :*

Baca : Menitipkan Anak di Daycare??

Sampai di Pramita Lab saya kaget soalnya saya dapet antrian 65 padahal saya nyampe sana jam 8 pagi. Ini adalah kebodohan pertama yang saya lakukan yaitu ga ngecek Pramita Lab buka jam berapa. Dan ternyata setelah saya tanya mba Customer Service ternyata jam buka Pramita Lab di hari Sabtu adalah jam 6 pagi. So buat yang mau MCU hari Sabtu dateng pagi-pagi aja..

Kami menunggu lumayan lama untuk dipanggil. Saya menyerahkan surat rekomendasi dari kantor ke mba CS setelah saya dipanggil. Lalu mba CS menginputkan data serta mengambil foto saya untuk kelengkapan data. Dari mba CS ini saya dapat selembar kertas berisikan daftar pemeriksaan yang akan saya jalani serta selembar sticker yang berisikan nama saya yang akan ditempelkan di tempat sample data yang akan diambil.

Pemeriksaan pertama yang saya lakukan adalah Pemeriksaan Laboratorium. Di dalam ruangan periksa tersebut, diambilah darah saya. Selain itu petugas juga memberikan saya tempat sample urine dan feses yang akan diambil. Selesai ambil darah, saya langsung ke toilet untuk ambil sample urine dan feses, namun sayangnya cuma urine nya yang bisa keluar, fesesnya masih malu-malu :p Akhirnya saya bilang ke mba petugas kalau sample fesesnya menyusul esok hari. Mba petugas mengiyakan dan memberi tau kalau sample yang valid itu adalah maksimal 1 jam setelah dikeluarkan, kalau lebih dari 1 jam ga valid lagi.
Ambil darah dilakukan saat pemeriksaan laboratorium
Selesai ambil darah saya balik lagi ke kursi antrian menunggu dipanggil untuk pemeriksaan selanjutnya. Rencananya pemeriksaan selanjutnya adalah ECG. Tapi karena antrian untuk ECG masih panjang, akhirnya mba petugas ngajak saya untuk test Pap Smear dulu. Jadilah pemeriksaan kedua yang saya lakukan adalah Pap Smear. Masuk ruangan saya sempat ngeri karena kebayang-bayang proses melahirkan Sakha dulu, keinget jaman diobok-obok. Sama mba petugas saya diminta tiduran di ranjang pasien sambil mengangkat kaki yang akan ditopang di sandaran. Kurang lebih ranjangnya kayak gini bentuknya, serem menurut saya.
Kanan dan kiri itu adalah sandaran kaki biar posisi mekangkang
Baca : Finally, We Meet Our Little Prince!!!!

Proses pengambilan sample Pap Smear ini berjalan cepat banget. Rasanya ga sakit kalau dibandingkan dengan sakitnya lahiran normal. Sebelum pengambilan sample ini saya ga berani liat bentuk alat yang dimasukkan, setelah selesai baru saya liat deh. Ternyata mirip cocor bebek gitu alatnya. Kurang lebih seperti ini.
Alat Pap Smear
Selesai tes Pap Smear saya kembali ke ruang tunggu untuk dipanggil test ECG. Test ECG ini adalah test untuk merekam aktivitas listrik di jantung untuk diketahui ada kelainan jantung atau tidak. Setelah masuk ruang periksa, saya diminta untuk membuka baju, melepas perhiasan, sabuk dan semua barang yang mengandung logam. Test ini sempat diulang 3 kali karena saya deg-degan dan tidak rileks. Kenapa deg-degan? Karena saya kelaparan, sejak jam 9 malam belom makan. Ini adalah kebodohan kedua saya, harusnya saya bawa cemilan atau makanan pas MCU ini. Jadi sembari nunggu antrian bisa sambil cemil-cemil. Saya hanya menggantungkan fasilitas makan gratis dari Pramita. Takutnya kalau saya ambil makanan itu, antrian saya untuk test tahap selanjutnya akan diserobot. Akhirnya ga makan wes.

Selesai test ECG saya antri untuk test Rontgen. Antri ini lumayan lama banget, kayaknya pemanggilannya ga urut. Untung di depan ruang rontgen disediakan air mineral dan cemilan. Langsung deh tancap ambil. Proses pemeriksaan Rontgen ini berlangsung cepat. Untuk pasien wanita disediakan baju ganti seperti kimono. Ga diperbolehkan juga memakai barang berbau logam di daerah leher.

Selesai Rontgen lanjut ke Pemeriksaan Fisik. Ini antrinya lama banget juga. Sampe mati gaya nih nunggu nama saya dipanggil. Setelah dipanggil, saya ditanya riwayat penyakit oleh dokter. Lalu pemeriksaan lain yang dilakukan adalah periksa tensi, detak jantung, berat badan, tinggi badan, mata dan mulut. Saya sempat salah banyak pas pemeriksaan mata pake satu mata ditutup. Ya kita lihat nanti lah gimana hasilnya :D

Selesai pemeriksaan fisik saya lanjut ke bagian informasi untuk menukarkan tiket makan gratis. Ternyata sama mas petugas saya diminta menunggu di ruang VIP sambil makan nasi gudeg. Lumayan lah dapet maem gratis. Selesai makan saya ke toilet sapa tau sample yang saya butuhkan bisa keluar :D Ternyata belum mau juga. Akhirnya saya dan suami keluar dari Pramita untuk jalan-jalan sambil menjalankan puasa 2 jam. Ngemall kayaknya asik nih..

Baca : Lippo Plaza Jogja, Tempat Ngemall Favorit Emak dan Anak

Dua jam kemudian kami balik ke Pramita untuk pemeriksaan Darah lagi. Untuk pemeriksaan ini kita ga perlu antri lagi, langsung masuk ke bagian laboratorium dan menyerahkan tanda bukti periksa. Proses ambil darah pun dilakukan dengan cepat.

Hore akhirnya selesai juga proses MCU saya di Pramita hari Sabtu itu. Saya pulang ke rumah sekitar jam 3 sore. Besok paginya saya masih punya PR untuk mengantar sample yang tertunda :D Semoga sharing pengalaman saya ini bisa memberi gambaran ya tentang gimana alur MCU di Pramita. Semoga hasil MCU saya bagus.. amin.. Nanti akan saya share di postingan selanjutnya.. See ya.. :)

Sumber Gambar :
Health Check : http://www.phuketinternationalhospital.com/uploads/photo/photo/368/bzsPB3tgT6lIkBylnD7xia6VKzdkYYDwcf36xHVo5Pc.jpg
Jarum Suntik : http://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1470382491/attached_image/kenali-jenis-dan-fungsi-tes-darah-alodokter.jpg
Ranjang Pap Smear : http://4.bp.blogspot.com/-PE9SeKCALDw/U0N_qHBH8YI/AAAAAAAAA7A/50R2mBe-AG0/s320/mau+beli+gynecology+bed+gm8301+gigi+balang.JPG
Alat Pap Smear : http://4.bp.blogspot.com/-W3oWH7aLliI/VoOPOY4boWI/AAAAAAAAADc/6lIjs7EmMI0/s1600/030224_Manfaat_Pap_Smear_bagi_Kesehatan_Vagina.jpg

1 komentar:

Follow Me @granitprihara