Rabu, 02 November 2016

# mainan # mom & kids

Unboxing : El Hana First Busy Bag

Sore ini saya mendapat kejutan dari bunda mantan temen Sakha di daycare. Ceritanya dulu pas temen Sakha ultah, Sakha ngasih kado sekaligus sebagai tanda perpisahan karena temen Sakha ini mau pindah ke Kalimantan. Sore ini giliran Sakha yang dapet kado dari temennya itu. Makasih banyak ya.. Kok jadi bales-balesan gini.. :( Sampe ketemu di Jogja lagi ya :*

Nyampe rumah, saya dan Sakha langsung buka kadonya, ternyata isinya adalah El Hana Busy Bag dan puzzle kayu. El Hana Busy Bag ini adalah yang seri First Busy Bag, alias busy bag pertamaku. Pas buka kado ini Sakha seneng banget. Dia langsung minta main. Saya langsung kirim foto Sakha pas mainan busy bag ini ke bunda temen Sakha.

First Busy Bag ini terdiri dari 6 macam permainan seru yang pasti disukai anak-anak. Permainan ini direkomendasikan untuk anak berumur 2 sampai 6 tahun. Jenis permainannya adalah sebagai berikut :
6 macam permainan
Mencocokkan Warna dan Bentuk
Permainan ini terdiri dari satu alas klasifikasi bentuk, satu alas klasifikasi warna dan 16 kepingan bentuk yang terdiri dari 4 macam bentuk dan 4 macam warna. Bahannya terbuat dari art carton. Cara mainnya adalah : minta anak untuk mengelompokkan bentuk geometri ke alas klasifikasi bentuk atau alas klasifikasi warna.

Oh ya Sakha udah hafal 4 macam geometrinya, tapi untuk macam warna dia masih sering salah..hehehe. Ga apa-apa, nanti main lagi ya Sakha :D
Permainan pertama
Menyusun Pola Warna Ulat
Permainan ini terdiri dari 6 buah kartu bergambar ulat dan banyak kancing aneka warna. Kartu ulat terbuat dari art carton. Cara mainnya adalah : Minta anak untuk menyusun pola kancing mengikuti urutan warna pada kartu ulat yang tersedia. Terdapat pula kartu tantangan, yaitu kartu ulat yang tidak memiliki urutan warna jadi anak bisa berkreasi sendiri mau diurutin seperti apa warnanya.

Ya karena Sakha belum paham tentang warna, dia cuma masang kancing di buletan-buletan ulat yang udah disediakan dengan warna kancing yang ngawur. Ga apa-apa, nanti kita main lagi ya biar Sakha lekas paham warna..hehehe.. Bosen main ini, sama Sakha kancingnya langsung disebar dong :D
Permainan kedua
Mencocokkan Kartu Buah
Permainan terdiri dari 12 kartu bergambar buah. Ada 6 macam buah yang tersedia. Bahannya masih art carton. Cara mainnya adalah : Minta anak untuk mencocokkan 2 buah kartu yang sama gambarnya. Jadi semua kartu diposisikan terbuka dan anak mencari gambar yang sama. Ada juga permainan lain yang bisa dimainkan dengan kartu ini, yaitu permainan Memory Game. Jadi semua kartu diposisikan terbalik (tertutup), minta anak untuk membuka satu per satu kartu sesuai pasangannya. Setelah anak berhasil mencocokkan kartu jangan lupa untuk menyebutkan nama buah yang terdapat di kartu, supaya anak ingat dengan nama buahnya. 

Sakha seneng banget sama permainan Memory Game. Kalau udah nemu 2 kartu yang cocok, dia langsung heboh sambil nyebutin nama buahnya :D
Permainan ketiga
Berhitung dan Menjepit
Permainan ini terdiri dari 5 kartu berhitung dan 5 jepit kayu. Masing-masing kartu berhitung terdiri dari 2 soal, jadi total ada 10 soal berhitung. Masing-masing soal memiliki 3 pilihan jawaban yang pada akhirnya akan dipilih oleh sang anak dengan cara menjepit. Kartu terbuat dari bahan double art carton.

Cara mainnya adalah : Minta anak untuk menghitung object di dalam soal. Setelah selesai menghitung, minta anak untuk menjepit angka jawaban sesuai dengan jumlah object tadi. Selain untuk belajar berhitung, mainan ini juga bisa untuk melatih motorik halus anak dalam menjepit.

Karena Sakha belum paham hitung-hitungan alhasil kartunya untuk tebak object saja. Jepitannya untuk latihan motorik halusnya. Ya mungkin kalau Sakha udah ngerti angka, kita main lagi ya sambil belajar berhitung Sakha :D
Permainan keempat
Mencocokkan Huruf Kecil dan Huruf Kapital
Permainan ini terdiri dari satu alas main bergambar huruf kecil dan 26 kepingah huruf kapital. Cara mainnya adalah : Minta anak mencocokkan kepingan huruf kapital dengan huruf kecil yang terdapat pada alas bermain.

Karena Sakha belum ngerti tentang huruf ya mainan ini ga saya buka..hehehe..daripada disebar tak karuan. Next time lah mainan part ini lagi..
Permainan kelima
Menyusun Pola Stik
Permainan ini terdiri dari 6 kartu contoh pola warna dan bentuk stik, serta banyak stik eskrim aneka warna. Cara mainnya adalah : Minta anak menyusun stik eskrim berwarna sesuai bentuk yang dicontohkan di dalam kartu. Selain menyusun agar bentuknya sama sesuai contoh, anak juga diminta untuk menyusun warna yang sama dengan contoh.

Sakha semangat banget mainin ini, walaupun dia belum paham warna, dia tetep semangat nyusun stik es krim sesuai contoh polanya. 

Woww, menarik sekali kan. Dari satu kotak permainan ini banyak banget manfaat yang didapat. Kemampuan motorik halus dan kecakapan-kecakapan dasar pada anak dapat dilatih dengan baik, di antaranya :
  • Mengenal huruf, angka, buah, bentuk, warna
  • Melatih kemampuan klasifikasi dan memasangkan
  • Melatih konsentrasi dan daya ingat
  • Melatih motorik halus seperti menjepit dan menjumput benda kecil
  • Mengembangkan kreatifitas
  • Melatih koordinasi mata dan tangan
  • Malatih problem solving
  • Menstimulasi otak kanan dan kiri
  • Melatih indra sensory
  • Melatih kesbaran
  • Membangun kedekatan orang tua dan anak
Sakha main matching color
Sakha main susun warna kancing
Agaknya dengan banyak manfaat di atas, ga ada salahnya kalau El Hana First Busy Bag ini jadi alternatif permainan si kecil. Bentuknya yang ringkas di dalam satu map, pastinya praktis bisa dibawa kemana-mana. Dengan 6 permainan seru di atas otomatis juga bisa mengurangi penggunaan gadget pada si kecil. Jadi apakah saya merekomendasikan permainan ini? Kalau saya sih iyessss.. :D Gimana dengan ibu-ibu yang lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara