Selasa, 01 Mei 2018

# kuliner

Cari Ayam Betutu Di Blitar? ke Warung Mbak Wiek Aja!

 
Siapa ga tau ayam betutu? Pasti semua pada tau lah cita rasa ayam betutu yang pedas mantab itu. Ayam betutu banyak banget ditemuin di pulau dewata sana. Dulu pas kerja di Bali pernah makan ayam betutu enak banget, kalau ga salah namanya Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Nah waktu mudik ke Blitar di akhir tahun 2017 lalu, ibuk saya ngajak makan menu ayam betutu ini. Kata beliau di Blitar juga ada lho penjual ayam betutu yang cita rasanya ga kalah sama yang aseli Bali sana. Maknyus banget, yuk cuzz langsung kesana.


Jadi ceritanya ibuk sama bapak saya sering ngajak makan bareng kakak dan kakak ipar saya disini. Maklum cuman saya doang anak yang merantau jauh, jadi event makan bersama keluarga besar ini cuma saya bisa nikmati setahun dua kali gitu pas mudik. Horeey akhirnya nyampe juga di TKP. Nama tempat makannya adalah Warung Mbak Wiek.

Warung Mbak Wiek ini terletak di Jalan Wr. Supratman No. 64, Bendogerit, Blitar. Lokasinya ga terlalu jauh dari resto Ayam Tulang Lunak yang tersohor di Blitar itu. Warung ayam betutu ini ga terlalu besar, hanya memanfaatkan halaman rumah. Kursinya juga terbatas gitu. Kebetulan pas nyampe sana di jam makan malam pengunjungnya sepi, cuma rombongan keluarga kami aja.
Warung Mbak Wiek
Baca : Di Bali Ada Ayam Tulang Lunak Malioboro, Di Jogja Ada Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Yuk langsung cek daftar menunya. Jadi selain menyediakan ayam betutu khas Bali, di tempat makan ini juga tersedia kuliner khas Lombok seperti ayam bakar taliwang dan plecing kangkung. Mau cari macam-macam nasi goreng disini? Ada dong. Mau cari segala macam penyetan dan lalapan juga ada. Waktu itu ibuk saya juga merekomendasikan menu yang unik yaitu orak arik ikan asin peda + pete. Katanya rasanya maknyus banget. Langsung saya keblinger pengen pesen itu aja barengan sama ayah Sakha. Plus saya pesen usus penyet sebagai pelengkapnya.
Daftar menu makanan
Daftar menu minuman
Oh ya karena yang pesan makanan cukup banyak ~total keluarga besar kami ada 9 orang~ jadinya harus sabar menunggu, karena masaknya emang lumayan lama. Setelah selesai disajikan langsung dah kami serbu makananya. Bener aja menu favorit orak arik ikan asin peda + pete yang direkomendasikan ibuk saya tadi emang enak banget rasanya. Asin, pedas, manis, gurih semua bercampur jadi satu. Porsinya juga banyak, bisa buat berdua bahkan bertiga. Usus penyetnya juga gede porsinya. Saya sempat mengira kalau usus penyet ini ya usus goreng ditaroh diatas sambel gitu. Ternyata engga dong. Jadi si usus ini digoreng dulu dengan campuran telor baru deh dipenyet di atas cobek yang ada sambelnya. Rasanya maknyus juga lho.
Orak arik plus usus penyet
Trus apa kabar dengan ayam betutunya? Pas saya ngicip punya kakak saya, hmmmm..nyamm.. emang enak beneran rasanya, ayamnya juga gede. Bumbunya kerasa banget, mirip ayam betutu Bali sana. Pedasnya juga nampol. Oh ya di warung ini ga pelit kasih kuah betutunya..sip dah..

Setelah selesai menikmati hidangan di warung ini, kami ga lupa foto bareng dong dengan pose kekenyangan..hehehe.. Alhamdulillah ga ada yang mubadzir kali ini, semuanya habis. Ayah Sakha ini yang makannya paling banyak.. :p
Foto dulu
Overall, warung makan ini menurut saya sangat recommended. Dengan range harga yang ga mencekik, kita bisa dapat makanan khas Bali dan Lombok yang rasanya tetap otentik. Tempat makan ini cocok sebagai destinasi kuliner keluarga. Yang lagi di Blitar, ga perlu jauh-jauh datang ke Bali untuk menikmati ayam betutu. Apalagi harus ke Lombok untuk makan ayam Taliwang.. Cukup disini aja..

Kalau masih laper, pulangnya bisa sekalian mampir ke salah satu cafe kekinian di Blitar yang menjual gelato. Atau bisa juga beli camilan yang lagi hitz di Blitar buat dimakan bareng keluarga..

Baca : de Classe Gelato & Coffee, Gelato Pertama di Kota Blitar

Baca : Lapis Kukus Balitar, Oleh-oleh Kekinian Dari Blitar

Selamat menikmati ya..


Ringkasan :
Nama : Warung Mbak Wiek 
Lokasi : Jalan Wr. Supratman No. 64, Bendogerit, Sananwetan, Blitar 
Jam buka : 08.00 -21.00
Range harga makanan : Rp.6.000 - Rp. 27.000 
Range harga minuman : Rp. 3.000 - Rp. 12.000
Porsi : Kenyang banget 
Rasa : Enak banget
Rating : 4.9/5

Sumber gambar :
Ayam betutu : https://igx.4sqi.net/img/general/600x600/31955082_PASyghBiV-29SJvZfLPTBLmtQZ8wZ54HvzgG1jShfys.jpg

1 komentar:

Follow Me @granitprihara