Sabtu, 21 April 2018

# curhat # home

Arisan PKK

Para ibu-ibu pasti udah familiar banget sama yang namanya arisan PKK. Pasti banyak banget yang udah ikut kumpul-kumpul PKK di tempat tinggalnya. Gimana dengan saya? Jujur saya belum pernah ikut arisan PKK ini. Selama ini cuma ikut arisan ibu-ibu istri staff di kantor saya bekerja aja. Kebetulan di Jogja tuh saya ngontrak di lingkungan yang kebanyakan mahasiswa, jadinya ga ada kegiatan-kegiatan sosial para ibu-ibu. Atau saya yang ga tau ya..hehehe..soalnya pulang kerja mesti udah sore menjelang malam gitu..
 
Ceritanya sekitar bulan Februari lalu, kami sekeluarga pindah rumah. Beberapa hari setelah pindahan rumah saya mendapat undangan dari paguyuban PKK perumahan tempat kami tinggal. Huwow, saya antusias banget pas baca undangan itu. Karena ini bakal jadi pengalaman pertama saya datang ke acara PKK.
 
 
Undangan PKK
Acara PKK kali ini diadakan di hari Sabtu sore ba'da Ashar. Wah pas banget hari Sabtu saya libur kerja. Lokasi acara di mushola perumahan. Sehari sebelum hari H saya tanya ke tetangga sebelah rumah tentang acara PKK ini biasanya ngapain aja. Beliau bilang paling kalau ada anggota baru nanti disuruh perkenalan gitu. Rencananya saya pengen bareng tetangga pas datengnya, tapi ternyata beliau berhalangan hadir.
 
Oke hari H pun tiba, waktu itu Jogja lagi dilanda mendung. Saya harap-harap cemas ini nanti kalau hujan enaknya datang ga ya..hohoho. Ternyata ba'da Ashar cuaca udah cerah merona dong. Yaudah saya langsung berangkat ke lokasi acara. Klunak klunuk sendirian dari Blok A..hehehe..
 
Sampai di lokasi saya langsung bersalaman dengan ibu-ibu disana. Kenal ga kenal pokoknya disalamin aja..hehehe.. Alhamdulillah ibu-ibu di perumahan sini ramah-ramah banget. Waktu itu saya sebagai anggota baru diwajibkan membayar uang kas saja, karena periode arisan sudah hampir berakhir. Disarankan mengikuti arisan di periode selanjutnya gitu. Oh ya kira-kira setelah banyak anggota yang ngumpul, akhirnya acara pertemuan rutin PKK ini dimulai. Kira-kira waktu itu sekitar 25 anggota yang datang.
 
Benar saja sebelum acara inti dimulai, saya sebagai anggota baru diperkenankan untuk memperkenalkan diri dulu. Setelah mic dikasih ke saya, langsung dah saya perkenalkan diri saya secara singkat. Deg-deg'an rasanya.. :D

Setelah acara perkenalan selesai, lanjut ke acara berikutnya yaitu membahas tentang rencana penambahan biaya tabungan rutin dan dana arisan. Tapi sebelumnya ibu ketua PKK perumahan mengajak untuk menyanyi mars PKK. Beliau membagikan kertas berisi teks mars PKK. Kayaknya ini merupakan agenda rutin sebelum acara inti dimulai. Langsung dah kami menyanyi..hoho.. Dalam hati saya mbatin "baru tau kalau PKK ada marsnya"..kereeen..
Mars PKK
Selesai menyanyi, acara inti pun dimulai. Setelah rundingan dan voting tentang dana tabungan serta arisan, acara pun ditutup. Bagi peserta yang dapet arisan di bulan sebelumnya (biasanya disebut ngunduh) akan menjadi tuan rumah di bulan sekarang. Semisal ga pengen ngadakan acara arisan di rumah, mushola perumahan bisa dipakai untuk tempat acara.

Oh ya sebelum pulang, ibu yang ngunduh arisan akan membagikan konsumsi snack kepada peserta yang datang. Dana snack ini diambil dari iuran bulanan seperti yang tertera di gambar pertama di bagian atas blog ini. Arisan periode berikutnya akan dimulai bulan April. Wah, sempat galau juga mau ikut atau ga soalnya bulan April ini HPLnya adik Sakha.

 
Setelah rundingan dengan ayah Sakha, diputuskan kalau saya akan ikut arisan PKK perumahan. Mengingat sepertinya banyak sekali manfaat yang didapat. Selain bisa menyambung tali silaturahmi, dengan mengikuti kegiatan sosial seperti ini bisa jadi sarana refreshing serta untuk mengetahui berita up to date di sekitar perumahan. Walaupun iuran arisan per bulannya ga sampai Rp. 50.000, tapi dengan nominal segini kita udah terbiasa untuk nabung lhooo.. Saat nama kita keluar di kocokan pasti kita happy banget itung2 nambah pendapatan..

Hohoho..begitulah sekilas cerita saya tentang arisan PKK di perumahan tempat saya tinggal. Sayangnya untuk pertemuan PKK bulan Maret lalu saya ga bisa hadir karena ada saudara yang sambang ke Jogja, jadi kami harus menjadi tour guide sementara..hohoho.. Semoga di pertemuan PKK berikutnya saya bisa hadir ya.. Amiin..

Terimakasih udah membaca blog saya ya.. Maklumin aja saya lagi lebay karena ini pengalaman pertama saya dateng ke arisan PKK..hehehe.. :p

Sumber gambar :
Logo PKK : http://3.bp.blogspot.com/-ffjmvJ_JRhY/VI3D0jV_CZI/AAAAAAAADaA/nRqf959bWmg/s1600/logo%2Batau%2Blambang%2Bpkk.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara