Senin, 05 Maret 2018

# kuliner

Nikmatnya Sarapan Nasi Kuning Kuah Pantura

Tentunya sebagai orang Jawa kita ga asing lagi kan dengan namanya nasi kuning. Biasanya nasi kuning ini cocok banget dijadikan menu sarapan atau nasi kotak. Saya dan ayah Sakha mengenal nasi kuning kuah ini saat breakfast day di kantor. Karena rasanya yang enak, saya kepo ke mbak admin kantor dimana lokasi warung nasi kuning ini, supaya saya bisa beli nasi kuning ini langsung kesana.

Sebenernya apa keistimewaan nasi kuning ini? Menurut kami keistimewaannya terletak pada kuahnya. Lho? Nasi kuning kok pake kuah sih..kayak bakso dong? Hohoho.. Engga kok, kuah disini cuma dijadikan topping aja. Rasanya maknyus banget menurut saya, karena rempah-rempahnya berasa banget. Yuk langsung cuzz ke TKPnya.


Warung nasi kuning ini bernama Warung Sekul Sarapan, lokasinya terletak di Ruko Babarsari, tepatnya di depan SPBU Babarsari. Ternyata selain menyediakan menu spesial nasi kuning kuah, di warung ini juga menyediakan menu nasi gurih alias sego gurih. Lauk yang dapat dipilih pun bermacam-macam seperti telur goreng, telur balado, ayam goreng, ayam balado, ayam kecap, dan daging lapis.
Pilihan lauk
Untuk menu minuman, disini tersedia pilihan teh hangat, jeruk hangat, es teh, es jeruk, coffeemix, milo, dan kojol. Kurang tau juga kojol itu apa, dari keterangannya sih ini semacam kopi njolong, kopi khas pantura gitu.
Suasana warung
Disana kami memesan menu nasi kuning kuah dengan es teh sebagai penangkal dahaga. Menurut kami porsinya lumayan mengenyangkan. Selain dilengkapi dengan topping kuah, nasi kuning ini disajikan lengkap dengan mie goreng, sambal goreng ati kentang, krupuk plus kering tempe. Rasa kering tempenya juara banget. Walaupun terasa manis, tapi kami semua suka. Sakha sampe nambah lho, minta dibungkusin..hehehe..
Nasi kuning dimakan di tempat
Oh ya untuk lauk telor goreng ini penampakannya bukan kayak telor dadar atau telor ceplok ya, melainkan telor rebus bulat yang digoreng..hehehe.. Sakha kurang suka sama telor yang macam begini ini, jadinya emaknya yang makan. Untuk yang dibungkus, kami memesan nasi kuning kuah original tanpa lauk tambahan seharga Rp. 8.500.
Mbungkus buat Sakha
Warung nasi kuning ini mempunyai cabang lain selain di Babarsari, yaitu di daerah Condongcatur. Tepatnya perempatan UPN ke utara. Setelah perempatan pertama lurus sedikit, nanti warungnya ada di kanan jalan.

Idealnya warung ini buka mulai pukul 06.00 pagi setiap hari sampai sekitar pukul 12.00. Nah pernah dua minggu berturut-turut di hari Minggu pagi kami kesana, warung ini masih tutup dong. Padahal kami berangkat dari rumah jam 07.00 an. Nah pas minggu depannya, di hari Minggu dia buka dong. Saya tanya ke bapak penjualnya kenapa kok hari minggu seringnya tutup, kata beliau jam buka di hari Minggu tergantung di cabang Condongcatur. Jadi kalau di cabang Condongcatur lagi rame, cabang Babarsasi bukanya telat gitu, bisa lebih siang. Jadi amannya mending pembaca sekalian langsung cuzz ke cabang Condongcatur aja..biar ga kecele..

Oh ya, kami juga pernah ngicip nasi gurihnya saat kami kehabisan nasi kuning. Menurut saya rasa nasi gurihnya kurang nendang, jadinya saya minta tambahan topping kuah spesialnya. Untung bapak penjualnya baik, dikasih deh kuahnya..hohoho..makasih Pak. Ternyata kuah ini terbuat dari daging giling halus yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah rahasia. Makanya bisa enak banget gitu..

Jadi gimana pembaca semua..penasaran ga dengan kenikmatan dan keunikan nasi kuning kuah? Yuk langsung ngicip kesana aja deh, kalau males keluar menerjang dinginnya pagi, tinggal pesen lewat go food aja lhoo.. :p

Selamat menikmati..


Ringkasan :
Nama : Warung Sekul Sarapan, Spesial Nasi Kuning Kuah Pantura
Lokasi : Ruko Babarsasi, Depan SPBU Babarsasi (1), Jalan Pawirokuwat, Condongcatur (2)
Jam buka : 06.00 -12.00

Range harga makanan : Rp. 8.500 - Rp. 18.500
Range harga minuman : Rp. 2.500 - Rp. 4.000 
Porsi : Lumayan Kenyang 
Rasa : Enak banget
Rating : 4.8/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara