Selasa, 20 Maret 2018

# kuliner

Bebek Bumbu Madura Ada di Jogja Lhoo..

Ceritanya saya sering banget lewat di tempat makan ini, karena emang tempat ini berdekatan dengan kedai jus langganan kami. Walaupun sering lewat, belum tercetus niatan untuk mampir ke warung bebek Buma ini karena lokasinya yang agak mojok gitu.


Sampai pada suatu saat salah satu member grup WA emak-emak PT Ungu Terong bilang di grup kalau bebek goreng disini rasanya enak banget, bisa jadi tombo kangen kalau lagi pengen maem yang pedes-pedes gurih khas Jawa Timuran. Bumbunya Madura banget plus disajikan dengan pelengkap setianya yaitu sambal rujak. Huwaaa saya langsung penasaran dong, kebetulan emang kami belum pernah maem makanan yang berbau bumbu Madura.. :D


Langsung dah saat jam makan siang tiba, kami dan beberapa teman cuz kesana. Lokasi Bebek Buma ini ada di Jalan Ki Penjawi No. 28, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Pas di pojokan gitu posisinya dekat dengan sekolah TK. Tempat makannya ga terlalu besar gitu, hanya memanfaatkan garasi mobil sebagai tempat jualan.
Suasana di Bebek Buma
Di siang hari pengunjung tempat makan ini relatif sepi, waktu ini ga ada pangunjung lain yang makan di tempat selain kami. Langsung deh cuzz kami minta menu ke mbak penjaganya. Jadi selain menjual menu perbebekan, tempat makan ini juga menyediakan menu ayam. Mulai dari ayam kampung sampai ayam potong. Nanti si ayam itu juga akan dimasak dengan bumbu khas Madura. Yuk cekidot dulu daftar menunya..
Menu di Bebek Buma
Agar alokasi dana makan siang per hari tidak melebihi anggaran, akhirnya kami memilih menu yang hemat-hemat saja. Toh kami kesini juga cuma penasaran sama bumbu khas Maduranya, bukan sama daging bebeknya..hehehe.. :p Jadinya saya memesan Paket Bebek Buma Merem Melek seharga Rp. 15.000, sedangkan ayah Sakha memesan Paket Hemat Ayam Buma Kampungan seharga Rp. 18.000. Oh ya harga di menu sudah termasuk free segelas es teh lho..

Ga perlu menunggu lama, pesanan kami datang dengan selamat. Penampakannya menggiurkan banget. Dalam satu Paket Bebek Buma Merem Melek terdapat nasi putih, ampela hati bebek goreng dan kepala bebek goreng bumbu Madura yang dilengkapi dengan sambel rujak alias sambel pencit, plus lalapan kubis, kemangi dan ketimun.
Paket Bebek Buma Merem Melek
Sedangkan dalam satu Paket Hemat Ayam Buma Kampungan terdapat nasi putih, ayam potong goreng bumbu Madura, yang juga sama-sama dilengkapi dengan sambel pencit dan lalapan. Penampakannya ga semeriah pesanan saya rupanya..hehehe..
Paket Hemat Ayam Buma Kampungan
Kesan pertama saya saat mencicipi masakan ini adalah mantab! Hahaha.. iyes bener, bumbu nya mantab banget, kaya akan rempah-rempah. Plus dipadukan dengan gurihnya kepala bebek plus ampela ati goreng, makin maknyus. Jangan lupa tambahkan sambal bawang saat makan ya.. tambah uenak puol. Pedesnya itu nampol banget. Sambel bawang bisa bebas diambil mau berapa sendok, karena emang disajikan ga terbatas di tempat sambal.

Saya cukup dengan satu sendok sambal bawang, udah cukup membuat kepedesan. Tapi enak lho, bener-bener nagih..hahaha. Saat mulut sudah berasa kebakar, lanjut dinetralisasi dengan sambel pencit. Duh nikmat banget. Sesi makan ditutup dengan tegukan segelas es teh..hohoho.. Alhamdulillah..

Bagi temen-temen di Jogja sekalian yang lagi kangen masakan khas Madura, saya rekomendasikan untuk mampir kesini. Oh ya Bebek Buma ini juga satu management dengan Mr. Teto. Tau kan kedai Sate dan Soto yang cabangnya di mana-mana dengan logo bergambar ayam jago pake baju lorek-lorek? Kapan-kapan saya ulas deh.. :D

Kalau temen-temen sekalian malas datang langsung ke tempat makan ini, ga perlu khawatir, silahkan order menunya lewat Go-food. Kalau ga mau Go-food juga bisa memanfaatkan jasa delivery yang disediakan Bebek Buma, langsung call 377548. Lebih mudah, cepat, dan hemat..begitu katanya.. :)
Bisa delivery langsung
Okay sekian postingan saya tentang Bebek Buma ini, semoga penasaran untuk mencoba ya..



Ringkasan :
Nama : Nasi Bebek Madura (BUMA) 
Lokasi : Jalan Ki Penjawi No. 28, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta 
Jam buka : 07.00 -22.00
Range harga makanan : Rp.5.000 - Rp. 25.000 
Range harga minuman : Rp. 3.000 - Rp. 4.000 
Porsi : Kenyang 
Rasa : Enak banget
Rating : 4.9/5

2 komentar:

Follow Me @granitprihara