Senin, 22 Oktober 2018

# kuliner

D'Ayam Crispy (DAC), Ayam Pedas Saus Keju Yang Kekinian

Agaknya ayam goreng krispy yang disajikan dengan aneka saus menjadi menu trend akhir-akhir ini. Terbukti dengan tak pernah sepinya outlet Rich**se Factory yang tersebar di berbagai kota, termasuk di Jogja. Sebelum outlet resmi Rich**se Factory tersebut dibuka di kota Jogja, ada resto fast food yang menjual ayam krispy dengan saus keju juga lho. Namanya adalah D'Ayam Crispy alias DAC.

Kebetulan salah satu outlet DAC Jogja ini berlokasi di dekat kantor kami. Pas makan siang kami cukup sering mampir kesini, ya paling dua minggu sekali. Pagi makan masakan sendiri, siang makan fast food, malamnya makan catering.. sungguh balance kan.. 😌

Baca : Catering Rantangan, Solusi Emak Yang Ga Sempat Masak

Oultet DAC yang sering kami kunjungi berada di Jalan Gedongkuning no 148, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, tepatnya ada di sebelah selatan Indomaret Gedongkuning. Bagi pengunjung yang mengendarai motor, bisa langsung parkir di depan outletnya. Tapi bagi pengunjung yang mengendarai mobil, agak susah untuk cari parkiran. Karena emang lahan parkirnya terbatas, mirip kayak Kafe Essen yang ada di Jalan Gedongkuning juga.


Baca : Malam Mingguan di Essen Choco Pot

Seperti resto fast food pada umumnya, sistem ordernya adalah bayar dulu baru makan. Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari ayam saus, ayam geprek, nasi goreng, spaghety, sampai dengan fish n chips. Tapi menu yang paling tersohor adalah ayam saus. Terdapat pilihan saus Korean, BBQ, Hot Cheese, Curry dan Salted Egg. Level kepedasan yang bisa dipilih mulai dari level 1 sampai level 5.
Menu DAC
Harga produk ayam saus ini berkisar antara Rp. 14.000 - Rp. 17.000. Sebagai pelengkapnya pengunjung bisa memilih tiga varian paket sebagai berikut :
  • Paket 1 (Rp. 3.000) : Nasi putih + es teh
  • Paket 2 (Rp. 8.500) : Nasi putih + sup ayam + es teh
  • Paket 3 (Rp. 8.000) : Nasi putih + kentang goreng + es teh

Saya paling demen sama menu ayam saus Korean level 1, sedangkan ayah Sakha yang saus BBQ level 3. Cuz dah kami memesan itu plus dengan pelengkap Paket 1 untuk saya dan Paket 3 untuk ayah Sakha. Mba kasir sangat sigap mencatat pesanan kami melalui tablet yang tersedia. Saya diminta menunggu untuk dipanggil sampai pesanan kami siap.

Sambil menunggu saya fotoin suasana di dalam outlet DAC ini ya. Suasana outlet Gedongkuning saat jam makan siang ini lumayan sepi. Ada beberapa pengunjung yang rata-rata mahasiswa, plus ada beberapa abang go-food yang sedang menunaikan tugasnya.
Suasana DAC
Warna merah sangat dominan pada outlet DAC. Meja kursi yang digunakan pun juga berwarna merah. Pada dindingnya terdapat quote-quote atau iklan yang menonjolkan produk unggulan mereka. Dalam hati sebenernya saya bertanya juga, kenapa resto ayam-ayam'an crispy tuh pasti didominasi dengan warna merah ya? Why why why..
Nyamiii
Taraaa, setelah kurang lebih lima menit menunggu akhirnya saya dipanggil juga. Berarti pesanan kami sudah siap, yuk mari dieksekusi! Saya memesan ayam bagian sayap, sedangkan ayah Sakha memesan ayam bagian paha bawah. Begini nih penampakannya..
Pesanan datang
Sayap krispy pesanan saya terbalur sempurna dengan saus Korean yang kental. Di atasnya ada taburan sedikit wijen untuk menambah cita rasa. Cita rasa manis, pedas dan sedikit asam berpadu dengan sempurna. Pedasnya level 1 sudah cukup membuat bibir saya rada panas. Sebelum dimakan, jangan lupa ayam krispy Korean dicocolin ke saus keju dulu ya. Nikmat banget! So far lidah saya cocok-cocok aja sama menu ini.

Oh ya saya tambah happy karena ayah Sakha menghibahkan saus kejunya buat saya. Yes, saya sudah pernah cerita kan kalau ayah Sakha tu bukan pecinta keju. Pas pesen mie Kepang aja beliau pilih mie ayam original

Baca : Gurihnya Mie Dengan Topping Keju Panggang Ada di Mie Kepang Jayakarta

Menurut saya saus kejunya enak. Keju banget tapi ga bikin eneg. Trus teksturnya itu pas, ga terlalu kental dan ga terlalu cair. Jadi mau dicocol pun oke, dituangpun juga enak karena bisa netes dengan sempurna gitu..wakaka..
Ayam krispy saus Korean ala DAC
Apa kabar dengan pesanan ayah Sakha? Ayam krispy saus BBQ pesanannya sukses ludes dalam waktu beberapa menit saja. Menurut beliau sausnya kerasa banget, pedasnya juga nampol. Selesai menghabiskan ayam, beliau lanjut menikmati kentang goreng yang krispy di luar tapi lembut di dalam..eaa.. Sejujurnya emang porsi nasi di DAC ini agak sedikit, jadinya beliau memilih tambahan kentang goreng.

Bagi yang ga suka kentang goreng tetapi masih berasa kurang dengan porsi nasi DAC, bisa diakalin dengan memesan dua Paket 1 sebagai pendamping menu ayam saus. Kenapa? Karena harga nasi putih disini Rp. 2.500 gitu, sedangkan harga Paket 1 kan Rp. 3.000! Kita udah dapet nasi plus es teh pula..wakakaka.. Mayan es tehnya bisa buat tambahan minum kalau kepedesan.. 😎 Lebih hemat dan lebih bahagia bukan..

Bagi pecinta kuliner pedas kekinian, ga ada salahnya untuk mencoba menu ini. Apalagi didukung dengan kondisi dimana outlet pelopor ayam saus keju yang ga pernah sepi, DAC ini bisa dijadikan alternatif untuk jadi "tombo pengen". Karena menurut saya rasanya emang enak, nagih!

Oh ya sebenarnya saya ada sedikit saran nih buat DAC cabang Gedongkuning. Kalau bisa tissue yang disediakan di sebelah tempat cuci tangan tuh sebaiknya tissue kertas alias paper hand towel, bukan tissue facial. Karena kalau ngeringin tangan pake tissue facial malah jadi nempel-nempel ga jelas gitu kan bekas tissuenya.. 😁

Sebenernya saya mau menyampaikan langsung pada pihak manajemen DAC, tapi pas saya cari nomor hotline untuk pengaduan customer kok tidak ada. Celingak celinguk sana sini tetep ga nemu, ya udah ditulis blog aja ya. Semoga saran saya diperhatikan pihak DAC 😊.

Kayaknya segini dulu review saya tentang tempat makan ini. Yang pasti saya gak kapok untuk menikmati ayam saus Koreannya.. Recommended! Yuk kapan-kapan makan sini lagi!

Ringkasan : 
Nama : D'Ayam Crispy (DAC) 
Lokasi : Jalan Gedongkuning no 148, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta
Jam buka : 10.00 - 21.00   
Range harga makanan : Rp. 7.000 - Rp. 25.000 
Range harga minuman : Rp. 3.000 - Rp. 10.000 
Porsi : Cukup kenyang
Rasa : Enak 
Rating : 4.6/5 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara