Kamis, 22 Februari 2018

# diy toys

Yuk Mainan Jepit Jemuran Mama

Siapa ibu-ibu disini yang ga punya jepit jemuran? Semua pasti punya deh, kayaknya itu barang yang wajib ada di rumah kita. Walaupun nyuciin baju di laundry, kayaknya pasti punya juga deh jepit jemuran ini. Karena jepit ini kan multifungsi banget. Selain buat jepit jemuran, biasanya saya pake buat jepit belahan korden supaya menutup sempurna..hahaha..

Oke, jadi ceritanya setelah cucian saya kering habis dijemur kan pasti ada ritual melipat baju. Yes, baju-baju ini langsung dilipat karena saya jarang banget setrika baju. Paling yang saya setrika cuma seragam sekolah Sakha di play grup aja..hehehe..

Baca : Gimana Playgrup Tempat Sakha Bermain dan Belajar?

Supaya baju bisa halus tanpa disetrika triknya cukup gampang sih, salah satunya jangan sampe kita numpuk baju kering. Ya setelah kering di jemuran atau hanger, langsung aja dilipat dan disimpan di lemari. Lumayan ga kusut-kusut amat kan jadinya.. :D

Sebelum lipat-lipat baju kan otomatis saya harus lepasin jepit jemuran yang nempel di baju. Nah waktu itu Sakha tertarik banget sama jepit jemuran ini. Dia jepitinlah jepit ini ke tangan saya. Daripada saya tersulut emosi, yaudah saya ajak Sakha main jepit jemuran aja memanfaatkan media yang ada asalkan bukan tangan saya..

Kebetulan tangan Sakha udah kuat membuka tutup jepit jemuran yang terbuat dari plastik ini. Sebelumnya saya pernah latih Sakha supaya bisa membuka tutup jepit yang terbuat dari kayu yang didapat dari paketan El Hana Busy Bag, tapi tangan Sakha waktu itu masih belum kuat. Dia buka tutup jepit kayu ini pake dua tangan. Alhasil doi ga antusias main waktu itu.

Baca : Unboxing : El Hana First Busy Bag

Oke, untuk main jepitan mama ini apa sih yang harus dipersiapkan? Simple aja sih, waktu itu saya cuma siapin tutup es krim campina sebagai media untuk jepit, sama beberapa buah jepit jemuran warna-warni. Oke yuk dimulai aja.. Cara mainnya gampang aja, saya minta Sakha untuk menjepit jepitan ini dibagian pinggir tutup es krim. Kalau si jepit udah terpasang semua, saya pinta Sakha untuk melepasnya dari tutup es krim. Dan seperti biasa, ulangi permainan ini sampai bosaaaan.. :D
Njepit dulu
Sakha seneng banget main jepitan ini, yang mungkin karena tangan dia udah kuat buat menjepit. Cuma butuh satu tangan aja buat buka tutup penjepitnya. Kalau belum kuat, boro-boro, paling cuma disebar aja tuh jepitnya.

Sebenernya banyak ide permainan yang bisa dikreasikan dengan menggunakan jepit jemuran ini, contohnya :

1. Mengenal Warna
Jepit jemuran bisa menjadi alat bantu untuk si kecil mengenal warna. Sambil menjepitkan jepitnya, minta si kecil untuk menyebutkan warna-warnanya. Kalau mereka belum hafal nama warna-warna, bunda bisa membantunya.

2. Klasifikasi Warna
Dengan tambahan beberapa buah piring atau mangkuk, bunda bisa meminta si kecil untuk mengelompokkan warna jepit tersebut. Dulu saya dan Sakha pernah main klasifikasi warna menggunakan bantuan pompom dan mangkuk ikea kalas. Kalau males ngeluarin pompom, jepit jemuran ini bisa jadi bahan alternatif.

Baca : Ide Kegiatan Permainan Menggunakan Pompom

Baca : Ide Permainan Menggunakan Mangkuk Ikea Kalas

3. Belajar Menghitung
Dengan beberapa tambahan kertas karton, kita bisa mengajarkan si kecil untuk belajar menghitung. Caranya potong kertas karton menjadi bentuk persegi panjang. Misal kita siapkan delapan buah karton, masing-masing karton ditulis angka satu sampai dengan delapan.

Minta si kecil untuk menjepitkan jepit ke karton tersebut, jumlah jepitnya harus sesuai dengan angka yang tertera pada karton. Kalau si kecil belum bisa membaca angka, kita bisa membantunya. Selain dapat melatih motorik halus, si kecil juga bisa belajar berhitung.

4. Bermain Peran
Para balita suka sekali bermain peran, misalkan menjadi dokter, montir, koki, dan sebagainya. Jepit jemuran ini bisa jadi salah satu media bermain peran. Cukup tambahkan beberapa lembar kertas dan tali, ajak si kecil untuk berpura-pura sedang menjemur pakaian. Pasang tali di tempat yang bisa dijangkau si kecil. Gunting kertas menjadi pola baju. Taraaa..siap dimainkan.. Yuk nak pura-pura jemur pakaian sendiri.. :D

Baca : Macam-macam Pretend Play Untuk Anak

Ternyata dari jepit jemuran yang harga satu setnya ga lebih dari Rp. 10.000, banyak manfaat yang bisa didapat ya. Jepit jemuran yang murah meriah ini bisa banget jadi media permainan yang mengasyikkan untuk si kecil. Tapi diusahakan jangan biarkan si kecil main jepitan sendiri ya bunda, kalau tiba-tiba dia pasang jepitnya ke ekor empuss kan jadi berabe..

Selamat bermain.. :D

Sumber gambar :
Jepit jemuran : https://sc01.alicdn.com/kf/HTB1cqwiLXXXXXXbXVXXq6xXFXXXC/223426528/HTB1cqwiLXXXXXXbXVXXq6xXFXXXC.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara