Senin, 26 Februari 2018

# pregnancy

Perkembangan Adik Sakha Part 2

Yuhuu, ini adalah lanjutan postingan dari perkembangan adik Sakha di trisemester pertama. Lanjut di kehamilan trisemester kedua ini alhamdulillah mual dan muntah saya berkurang. Tapi ada keluhan lain yang membuat saya cukup terganggu, apakah itu? Simak terus yaaa..


22 Minggu 3 Hari
Di minggu-minggu ini saya mengalami keluhan susah buang air besar (BAB). Padahal perut tuh rasanya udah mules berat, tapi pas waktu eksekusi sayang outputnya ga mau keluar. Pas ngeluh ke dokter, beliau bilang suruh minum yogurt atau perbanyak sayur dan buah.

Selain susah BAB, keluhan yang saya rasakan adalah perut sering begah kayak masuk angin gitu. Rasanya ga nyaman banget. Jadi saya pasti sangu freshcare kemana-mana. Sempat galau juga apa boleh sering-sering olesin freshcare ke perut, tapi dokter bilang ga masalah. Saya jadi tenang.

Oh ya berat badan saya konstan naik sekilo kali ini menjadi 65kg. Horeee..balik ke berat badan sebelum hamil.. Tekanan darah saya juga normal, yaitu 110/80. Berat badan janin saya juga normal katanya, sekitar 525gram. Saat di USG, dokter ga melihat adanya tanda-tanda kehadiran "monas" di janin. Dokter bilang kalau kemungkinan besar dedeknya cewek. Alhamdulillah ya Allah.

Dokter masih meresepkan Folamil Genio sebagai suplemen yang harus diminum sehari satu kali. Karena beberapa hari setelah kontrol saya mudik ke kampung halaman saat akhir tahun, jadinya saya sering kelupaan minum suplemen ini, karena biasanya kan saya minumnya di kantor.

Baca : Cerita Mudik Akhir Tahun 2017

26 Minggu 5 Hari
Di minggu-minggu ini saya baru merasakan kenikmatan hamil kedua ini. Muntah, mual, susah BAB dan perut begah udah jarang banget saya rasakan. Saya sudah sangat doyan makan banget. Tapi saat mudik kemarin saya mengalami batuk parah banget. Jenis batuknya kayak batuk kering gitu. Mungkin karena saya kecapekan saat pra dan pasca mudik, jadi orang-orang bilangnya saya owah.

Sedihnya saat batuk tuh saya ga bisa menahan pipis untuk keluar. Pasti "mak crit" keluar pipisnya. Kecepirit ya istilahnya? Padahal waktu batuk itu saya ga kebelet pipis lho, kandung kemih dalam posisi kosong. Jadinya saya jadi kembali menyetok diapers kayak Sakha, eh softex ding kalau buat saya..

Baca : Lika-liku Diapers Sakha

Nah anehnya batuk ini sembuh beberapa hari sebelum saya kontol rutin ke dokter. Jadinya saya ga bilang dokter kalau ada keluhan batuk. Batuk kemarin udah saya obatin Silex, tapi ga sembuh-sembuh. Akhirnya saya biarin aja deh. Ibuk saya juga bilang dulu pas hamil saya si anak cewek satu-satunya ini, beliau juga mengalami batuk parah dengan penyebab yang masih misteri. Batuk itu sembuh sendiri setelah saya lahir..wowww.. Ayah Sakha malah takut kalau tiba-tiba nanti mendekati HPL, trus saya batuk-batuk, eh adiknya Sakha langsung lahir keluar..hmmm..terlalu berfantasi dia..

Oh ya saat kontrol kali ini, berat badan saya naik 5kg sodara-sodara. Jadi 70kg! Dugaan sementara karena pas mudik saya doyan banget makanan rumah. Apalagi saya sering jajan di kampung halaman..hehehe.. Banyak kuliner kekinian sih..

Baca : de Classe Gelato & Coffee, Gelato Pertama di Kota Blitar

Baca : Lapis Kukus Balitar, Oleh-oleh Kekinian Dari Blitar

Walaupun berat badan saya naik drastis, tapi berat badan dedek bayi naiknya normal-normal aja. Sekarang beratnya 1003gram. Posisi janin saat ini masih sungsang, karena emang air ketubannya masih banyak. Jadi posisi adek masih bisa berputar-putar. Untuk jenis kelamin, masih belum ada perubahan. Alhamdulillah tekanan darah saya juga normal sekitar 110/70.

Karena kehamilan dah mau masuk tujuh bulan, dokter memberikan saya surat pengantar untuk pemeriksaan darah ke laboratorium. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan hemoglobin, gula darah, HBs Ag, dan HIV.
Surat pengantar check lab
Memasuki bulan ke tujuh ini dokter juga memberikan resep kalsium sebagai tambahan asam folat. Jadi saya dapet dua suplemen, yaitu Folamil Genio dan Osfit DHA. Oh ya di tahun yang baru ini, kantor tempat saya bekerja bikin benefit claim baru, yaitu benefit yang mengcover pemeriksaan kehamilan (prenatal) dengan jatah nominal tertentu tiap tahun. Sistemnya tu direimburse. Alhamdulillah rejeki adiknya Sakha ^_^
Suplemen yang diresepkan

31 Minggu 1 Hari
Di kontrol kali ini saya membawa hasil pemeriksaan lab. Sebelumnya saya berencana periksa di Lab Pramita, tapi akhirnya pilih yang deket dan yang ga pake antri, yaitu di Lab Sadewa di Jl. Kusumanegara.

Alhamdulillah hasil pemeriksaan lab rata-rata normal semua, cuma Hb saya yang agak rendah di angka 10,5. Dokter menyarankan saya untuk banyak makan sayur ijo dan daging merah. Jika perlu bisa minum suplemen penambah darah, seperti Sangobion.
Hasil pemeriksaan lab
Berat badan saya tak beranjak dari angka 70kg, syukurlah ga naik lagi..hehehe.. Bulan kemarin udah naik 5kg buk! Walaupun saya ga naik BBnya, si dedek naik beratnya jadi 1886gram. Kata dokter berat janinnya pas, ga kurang ga lebih. Jenis kelamin masih sama, alhamdulillah. Alhamdulillah juga kali ini posisi adek ga sungsang lagi, kepala udah ada di bawah. Tekanan sarah saya masih di angka 110/70.

Di akhir pemeriksaan dokter masih meresepkan suplemen yang sama yaitu Folamil Genio dan Osfit DHA. Karena usia kehamilan udah menjelang delapan bulan, jadinya kontrol ke depannya bakal dua minggu sekali. Woh ga kerasa yaaa.. udah semakin mendekati due date. Mohon doanya semoga kehamilan dan persalinan saya nanti lancar semua, sehat bayi dan ibunya.. Amin.. :)

Thanks for reading ya.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara