Sabtu, 10 Februari 2018

# kuliner # snacks

Lapis Kukus Balitar, Oleh-oleh Kekinian Dari Blitar

Aduh rasanya saya nulis postingan ini sambil ngiler, soalnya membayangkan rasa lapis kukus yang lembut dan enak. Flashback dikit ya, ceritanya pas kakak dan kakak ipar saya main ke Jogja, mereka bawain saya oleh-oleh lapis kukus Balitar ini. Katanya ini makanan lagi hits di kalangan oleh-oleh khas Blitar. Kami dibawain yang rasa Choco Talas, rasnaya enak banget, Sakha dan ayahnya doyan banget-nget..apalagi saya.. :D

Saatnya mudik akhir tahun telah tiba. Biasanya saat mudik ke Blitar atau Probolinggo, kami selalu bawa oleh-oleh dari Jogja untuk keluarga besar. Tapi sayangnya akhir tahun kemarin mudiknya minim persiapan, apalagi saya lagi isi jadinya susah mobile kesana kemari buat cari oleh-oleh.



Dulu pas mudik pernah bawain jajan bakpia, minuman carica sampai oleh-oleh dompet beranak dari Jogja. Kali ini supaya praktis kami beli oleh-olehnya di Blitar saja. Rencananya ya beli Lapis Kukus Balitar ini. Siapa tau ada keluarga di Blitar yang belum sempat ngicipin kenikmatan lapis ini, apalagi keluarga di Probolinggo. Kayaknya di Probolinggo jarang ditemui jajanan cake-cake semacam ini..hehehe.. Pas deh..

Transit di Blitar sehari, sebelum berangkat ke Probolinggo, kami membeli oleh-oleh ini. Nah ternyata lokasi outlet penjualan lapis kukus ini tuh tersebar di kota Blitar dan kabupaten Blitar. Waktu itu kami membeli di outlet fotokopi Siswa, di Jalan Kartini no 30 (Depan Pasar Pon). Nah ternyata varian rasa lapis kukus ini bermacam-macam, ada rasa Original Brownies, Brownies Cokelat, Brownies Keju, Choco Pandan dan Choco Talas. Ga mau coba-coba rasa yang lain, kami masih setia dengan varian Choco Talas. Kayaknya varian ini yang paling laris, soalnya waktu itu pesanan kami ga memenuhi stock yang ada, jadinya kami cari ke outlet lain.

Kami pergi ke outlet di Jalan Tanjung, tepatnya di Apotek Tanjung Farma depan Indomaret Jalan Tanjung. Sayang banget kami kehabisan juga rasa Choco Talas, akhirnya kami beli rasa Choco Pandan. Menurut kami jika dibandingkan dengan rasa Choco Pandan, rasa Choco Talas lebih enak..hohoho. Mereka punya tekstur yang sama-sama lembut dan punya taburan keju parut yang super melimpah. Bikin ga cukup kalau cuma makan satu slice.
Penampakan rasa Choco Talas
Penampakan rasa Choco Pandan
Harga lapis ini terbilang cukup terjangkau menurut saya, per kotaknya dihargai Rp. 25.000. Lebih murah banget dibandingkan dengan harga brownies yang tersohor itu. Tapi emang sensasinya beda sih, kalau maem lapis ini rasanya light gitu ga bikin eneg, pengen nambah dan nambah lagi.
Saat sebelum sambang keluarga besar Blitar kami juga menyempatkan membeli oleh-oleh ini. Saat mau balik ke Jogja pun, saya juga ga ketinggalan buat beli oleh-oleh ini supaya temen-temen kantor bisa nyicipin. Karena hunting oleh-oleh ini saat malam tahun baru, kami kehabisan saat mencarinya di kedua outlet yang kami kunjungi sebelumnya. Akhirnya kami coba datang di outlet Lapis Kukus Balitar, Jalan Tanjung no 115 Blitar (Sebelah SMKN 2 Blitar). Dan ternyata disini variannya masih lengkap banget.

Ternyata proses pembuatan lapis kukus ini berada di desa Kesamben. Pemilik usaha memang sengaja mendistribusikan hasil racikannya ini kepada reseller-reseller nya di masing-masig outlet. Hal ini sangat memudahkan konsumen untuk membelinya. Outlet di luar kota pun bahkan sampe ada di kota Sidoarjo.

Yuk tunggu apalagi, bagi yang lagi kebingungan cari oleh-oleh khas Blitar. Silahkan mencoba Lapis Kukus Balitar sebagai alternatif pilihan. Jadi oleh-oleh Blitar ndak cuma opak gambir, es drop atau wajik klethik saja..hehehe.. Sekarang ada oleh-oleh yang kekinian, tempat nongkrong kekinian di Blitar juga ada lhoo..


Kalau mau kepo lebih jauh tentang lapis kukus ini, silahkan cek instagram @lapis.blitar atau websitenya di lapisblitar.com..
Nyammm enaknya
Selamat mencoba yaaaaaa... ^_^


Sumber gambar :
Lapis kukus : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSzxTFy4Jqe3EBKEI3YbxZ38zwu4xUaSjMiibGvVeaXX5iZWO7Z 
Choco Talas : https://www.instagram.com/p/BdOz8xWB9jh/?taken-by=lapis.blitar
Choco Pandan : https://www.instagram.com/p/BdOzjpBhwVS/?taken-by=lapis.blitar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara