Rabu, 07 Februari 2018

# kuliner

Kuliner Murah Meriah Jogja, Saoto Batok Mbah Katro

Berawal dari grup whatsapp ibu-ibu PT Ungu Terong saya mengetahui tempat ini. Karena buibu pada bilang kalau soto disini rasanya enak cocok dengan lidah Jawa Timur, dan pada bilang juga kalau harganya murah, langsung deh kami cuzz kesini. Soalnya saya dan ayah Sakha pernah zonk banget waktu maem soto lenthok khas Jogja yang menurut kami rasanya agak aneh. Baksopun demikian, harus cari yang ada label Jawa Timurnya baru cucok..hehehe..


Saoto batok Mbah Katro ini terletak di Jalan Sambisari No. 6, Kalasan, Yogyakarta. Ancer-ancernya cukup gampang, dari jalan Solo lurus aja terus ke Jalan Adi Sucipto. Lurus terus sampai nemu plang Candi Sambisari di kiri jalan. Ikutin petunjuk arah tersebut sampai menuju Candi Sambisari. Warung Saoto batok ini terletak di sisi utara candi.

Ciri-cirinya gampang banget diliat, yaitu banyaknya mobil yang terparkir di sisi kanan kiri jalan, plus banyaknya saung-saung bambu yang terletak di dalam warung. Plus kanan kiri warung masih berupa sawah dan kebun. Asri banget tempatnya.
Kanan kiri masih asri
Sebelum masuk ke dalam warung, mas petugas akan menanyakan kita memesan apa aja. Kemudian beliau akan memberikan nota pembelian dan nomor tempat duduk dari papan bambu. Para pengunjung dipersilahkan untuk memilih tempat duduk sendiri, apakah itu mau lesehan atau duduk di kursi. Jangan kaget kalau pengunjung warung ini buanyuaaaak banget ya. Kelihatannya semua tempat duduknya penuh, tapi percayalah pasti ada celah tempat kosong..hehehe..
Nota pembelian
Waktu itu kami memilih tempat duduk lesehan, supaya Sakha nyaman. Ga perlu lama menunggu, pesanan kami datang. Kami memesan 4 batok soto, 6 tempe, 3 sate usus dan 3 es teh. Wow, padahal ini cuma buat makan orang tiga..hehehe.. Pesen banyak karena emang soto disini porsinya sedikit, trus saking enaknya rasa tempe disini kami juga jadi pesen banyak deh. Ukuran tempenya kecil, cucok buat ngemil.
Pesanan kami datang
Yes, emang warung ini khusus menjual soto sapi. Tapi ada pula makanan pelengkap seperti tempe goreng, sate usus, dan sate telor puyuh yang sangat enak dimakan bareng si soto ini. Tempe gorengnya yang menurut kami istimewa karena sangat gurih dan garing. Soto disini beda banget sama soto lain, karena ditempatkan dalam sebuah mangkok dari batok. Saat menyantap soto batok ini kita bisa sambil menikmati pemandangan persawahan yang masih asri, plus menikmati semilir angin yang berhembus.
Sejuknya
Kami betah berlama-lama disini, apalagi tersedia area permainan tradisional anak-anak, seperti ayunan dan jungkat-jungkit yang terbuat dari kayu dan bambu. Sakha semakin sumringah. Di tempat ini juga tersedia fasilitas lain seperti kamar mandi dan mushola. Ada pula kolam ikan buatan, alias blumbang yang tentunya membuat suasana semakin asri.
Permainan anak
Menurut kami dengan harga soto Rp. 5.000 per batoknya sangat worth it bila dibandingkan dengan rasa serta porsi yang didapat. Mengingat hari gini makanan seharga limaribu udah jarang banget ditemukan. Eh ada sego megono ding.. :D


Warung ini buka dari pukul 06.00 sampai pukul 16.00. Beberapa kali berkunjung kesini, saya ga pernah menemui tempat ini sepi pengunjung. Pasti ramaaaii banget, apalagi pas jam sarapan dan makan siang.
Menurut kami tempat ini sangat rekomended sebagai destinasi kuliner murah meriah keluarga. Kita bisa menikmati soto dengan suasanya yang berbeda, yaitu suasana ndeso. Sering banget kami melihat rombongan keluarga besar makan disini. Bagi teman-teman yang berada di daerah muntilan, warung ini juga buka cabang disana lho..
Buka cabang di Muntilan
Oh ya ga perlu khawatir ga tersedia tempat parkir kendaraan disini, karena tempat makan ini membuka lahan parkir yang cukup luas di sebelah warung pas. Kalau dulu emang parkirnya tu kayak semrawut di pinggir jalan, sekarang jauh lebih rapi. Selain itu di depan area warung juga terdapat penjual mainan anak-anak..hehe..pinter banget karena penjual memanfaat keramaian warung soto batok ini. Jangan kaget kalau si kecil merengek-rengek buat dibelikan mainan ya.. :D
Lahan parkir yang cukup luas
Yuk, tunggu apa lagi. Mau kuliner murah meriah dengan nuansa pedesaan alias ndeso? Datang kesini aja.. :)

Ringkasan : 

Nama : Saoto Batok Mbah Katro 
Lokasi : Jalan Sambisari no. 6, Kalasan, DIY 
Jam buka : 06.00 - 16.00
Range harga makanan : Rp. 500 - Rp. 5.000
Range harga minuman : Rp. 500 - Rp. 2.000
Porsi : Minimalis
Rasa : Enak
Rating : 4.6/5

4 komentar:

Follow Me @granitprihara