Minggu, 02 Juli 2017

# curhat

Sudahkah Anda Bersyukur Hari Ini?

Hai hai apa kabar? Semoga kabarnya baik ya.. Ngomong-ngomong, sudah bersyukurkah Anda hari ini? Sebenernya bersyukur ini gampang-gampang susah menurut saya. Kadang saya ngerasa masalah saya tuh yang paling berat di dunia ini. Pernah dulu sampe ngerasa kalau Allah tu ga sayang sama saya. Dulu pas zaman saya masih labil.

Apalagi di zaman sosial media ini kadang malah ga bikin kita makin tambah bersyukur, yang ada malah bikin hati kita kadang iri dan dengki. Lha ga mau iri gimana, enak-enak buka sosmed, eh ada akun si itu yang lagi upload foto liburan ke luar negeri bersama keluarga. Fotonya sih ga masalah, tapi mengingat keadaan kita yang jarang liburan jadi bikin hati ini agak panas..

So lanjut buka sosmed yang lain, eh ada akun si anu yang lagi upload foto rumah barunya yang angle nya diambil di seluruh ruangan. Fotonya sih ga masalah, tapi sukes bikin baper kami yang masih mengontrak atau yang masih numpang di pondok mertua indah ini..

Baca : Jadi Beli Rumah Dulu atau Mobil Dulu?

Lanjut dong buka lagi sosmed yang lain, eh ada si ono yang posting foto gimana suaminya rela melakukan pekerjaan rumah dengan tanpa disuruh. Fotonya sih ga masalah, tapi kok ya sedih meratapi kalau suami kita ini ga mau bantu-bantu pekerjaan rumah.. Hohoho..ya semacam itulah.. Itu semua cuma permisalan lho.. LOL..

Baca : Riya' atau Hasad?

Kalau postingan di atas yang terjadi pada teman-teman kita tadi ga sesuai dengan apa yang terjadi pada hidup kita, sedikit banyak rasa bersyukur kita pasti berkurang. Jadi granit pernah nih iri? Ya pernah dong, namanya juga manusia. Iri itu menurut saya manusiawi kok. Hey, kita bukan malaikat.. :D

Tapi saya udah punya tips kok supaya kadar keirian kita berkurang plus supaya rasa bersyukur kita bertambah. Apakah itu? Jeng..jeng..jeng.. Simple aja kok.. Hal pertama yang harus dilakukan adalah unfollow teman sosmed yang menurut kamu bikin baper. Pasti kalian punya kan list temen yang postingannya kadang bikin baper, mellow, iri, atau sebal..hahaha.. Simple, just unfollow him or her. Dengan tidak mengetahui dia lagi apa atau dia lagi posting apa di sosmed, tentunya akan membuat hati kita jauh lebih tenang..hohoho.. Kalau kalian tetep mau follow karena merasa ga enak kalau ga follow akun dia, saya juga punya tips lagi..hoho.. Setiap dia posting sesuatu di home sosmed kalian, yaudah ga usah dilihat fotonya dan ga usah dibaca captionnya, scroll-scroll aja ke bawah lanjut ke postingan orang lain.. Simpleeee thoo...wkwk..

Horeeee, akhirnya kita terbebas dari faktor eksternal yang mengganggu rasa bersyukur kita di atas. Waktunya kita fokus ke faktor internal, yaitu ke diri sendiri. Tentunya setiap melakukan sholat atau ibadah lain kita pasti selalu bersyukur dalam doanya. Saya baru-baru ini nemu cara tambahan untuk nenambah kadar syukur kita. Apakah itu? Jeng..jeng..jeng lagi.. Caranya adalah sebelum tidur, catat di note kejadian-kejadian menggembirakan apa yang terjadi pada hari ini. Simple juga kan..hoho..

Nah pas cari aplikasi note di Google Play, saya nemu aplikasi "Thanks Diary". Kayaknya cocok banget nih dengan misi saya yaitu meningkatkan kadar syukur..hohoho.. Langsung deh saya instal. Daaaan..bener aja, aplikasinya ini sesuai dengan apa yang saya ekspektasikan.. :D
Aplikasi Thanks Diary sudah terdownload
Menu di aplikasi ini simple, cuma ada kalendar, note dan view. Warna temanya pun memakai warna pastel, so pasti bikin sejuk di mata. Yuk mari kita jelajahi aplikasi ini. Saat kita membuka aplikasi, kita akan disambut dengan tampilan kalendar beserta note di bawahnya.
Tampilan awal
Klik "Please add your thanks" untuk membuat catatan baru pada hari itu. Catatan hal-hal menggembirakan ini sebisa mungkin dari kejadian yang simpel aja. Kenapa? Ya karena supaya kita bisa mensyukuri kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang diberikan Allah. Kenikmatan kecil aja disyukuri, apalagi yang besar..ya ga?hoho..
Masukkan note
Saat akan mencatat note kita akan disambut dengan UI yang menarik. Kenapa menarik? Karena di bagian bawah tampilan tersebut terdapat quote yang bikin hati kita jadi adem, selain itu bakal bikin kita makin merasa diberkati. Oh ya, kita juga bisa menambahkan attachment image yang berkaitan dengan perasaan bahagia kita. Tentunya bikin catatan kita jadi lebih berwarna kan..

Nah udah beberapa hari nih saya ngisi catatan ini. Rasanya hati lebih tentram dan damai..hoho.. Bilanglah saya lebay, tapi ya emang gitu perasaan saya. Setiap saya baca catatan ini saat saya mengalami hari yang berat, saya ga jadi mengeluh. Saya malah jadi senyum-senyum sendiri..wkwkwk..
Catatan syukur emak Sakha
Yes, dengan mencatat 'Alhamdulillah Sakha lahap maemnya', itu aja udah bikin saya mesem-mesem sendiri. Seremeh dapet takjil enak dari kantor ini juga termasuk dalam list kebahagiaan saya lho..wkwkwk.. LOL

Tapi perlu diingat ya, yang perlu dicatat di aplikasi ini adalah hal-hal yang positif aja. Barang cuma remeh, misalnya nemu uang Rp. 20.000 di saku baju yang jarang dipakai. Dijamin bakal bikin kita happy kalau kita terus mengingatnya. Daripada fokus pada sesuatu yang negatif atau kejadian buruk yang kita alami di hari ini, mending fokuskan pada kenikmatan yang kita dapat di hari ini!

Yuhuu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur back up and restore. Jadi jangan khawatir catatan-catatan bahagia kita akan hilang. Biasanya saya backup catatan ini dua hari sekali, takut kalau hape xiaomi saya tiba-tiba hang.

Baca : Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro Untuk Si Blogger

Menu back up and restore
Okay, kayaknya sekian dulu postingan dari saya. Semoga bisa memberikan manfaat ya. Jadi sudahkah anda bersyukur hari ini? Kalau belum, yuk mari bersyukur atas nikmat yang sudah diberikan kepada kita.. ^_^

"Seseorang bahagia bukan karena dia memiliki banyak hal, tetapi karena dia tidak membandingkan miliknya dengan orang lain" ~ no name


Sumber gambar :
Syukur : http://thayyiba.com/wp-content/uploads/2016/02/syukur-hari-ini.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara