Rabu, 05 Juli 2017

# blog # tutorial

Cara Praktis Menampilkan Jumlah Page Views pada Blog

Hai-hai saya baru sadar kalau postingan saya kemarin berturut-turut adalah tentang curhatan belaka. Maafkan ya. Maklum aja kemarin kami sekeluarga lagi sibuk mudik, jadi paling gampil ya nulis tentang curhat aja. Ga usah pake mikir, ga usah pake cari referensi, tinggal nulis ceplos-ceplos-ceplos aja..hehehe..


Nah kali ini supaya blog saya berfaedah dikit, saya bakal bahas tentang tutorial seputar blogging aja. Pada kesempatan lalu-lalu saya sudah menulis tentang cara mudah membuat blog menggunakan blogger, plus cara mempercantik blog kita. Sekarang saya coba mau kulik hal lain deh.



Nah bagi kita yang mempunyai blog, tentunya ada rasa penasaran kan ya apakah blog kita tuh dibaca orang atau engga, apakah jumlah pengunjungnya rame atau engga, apakah ada pengunjung baru tiap harinya, berapa jumlah halaman yang dibaca pengunjung per visitnya, dsb. Untuk mengetahui statistik pengunjung blog secara detail tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi tambahan, misalnya dengan menggunakan histat

Tutorial tentang penggunaan histat akan saya ceritakan pada postingan lain ya. Postingan kali ini kita akan fokus pada page views saja. Jadi apa sih sebenernya page views itu? Page views ini adalah jumlah total halaman yang dilihat pengunjung blog kita pada waktu tertentu. Sebagai seorang blogger, saya kepo banget pengen tau page views blog saya berapa. Akhirnya kemarin saya nemu cara yang cukup simple. Gimana? Cekidot..

1) Masuk ke halaman utama blogger, pilih menu "Tata Letak".

2) Klik "Tambahkan Gadget" di bagian kanan atas screen.
Pilihan Tambahkan Gadget

3) Pop up baru akan tampil di layar. Klik tab "Dasar-dasar", lalu scroll ke bawah sampai kita menemukan pilihan "Statistik blog". Klik option tersebut.
Pilihan Statistik blog

4) Pop up baru akan tampil di layar. Disini kita bisa mengubah Judul yang akan ditampilkan pada label statistik ini. Selain itu juga terdapat pilihan Jangka Waktu untuk menghitung page viewsnya. Kita bisa pilih jumlah halaman yang dilihat di blog kita ini di semua waktu, 30 hari terakhir atau 7 hari terakhir aja. Selain itu kita juga bis pilih Gaya atau style statistiknya mau kayak gimana.
Screen widget statistik
Saya memilih semua jangka waktu dan gaya di opsi pertama. Setelah memilih field-field tersebut, jangan lupa klik tombol "Simpan" untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan.

5) Selesai pengaturan widget page views tersimpan, home screen blogger akan tampil. Kita bisa mengkostumisasi widget page views ini akan tampil dimana dengan cara men-drag pilihannya, sehingga bisa dipindahkan ke bagian atas atau bawah.
Tampilan widget setelah ditambahkan
Saya memilih menempatkan widget ini di bawah widget Statistics yang saya ambil dari histat.

6) Done! Yap, selesai mengatur tampilan widget page views di atas, kita bisa langsung melihat perubahannya di blog. Widget tambahan "Total Page Views" akan tampil pada bagian kanan halaman blog saya. Wohooo..
Total page views sudah tampil
Yess, senangnya saya bisa mengetahui jumlah halaman blog saya yang dilihat orang berapa. Dengan mengetahui kalau blog saya banyak dilihat atau dibaca orang, saya jadi lebih semangat lagi nih buat nulis. Semoga anda-anda ga bosen ya baca cerita saya..hehehe.. :D

Okay, sekian tutorial singkat dari saya. Semoga di postingan lain saya bisa sharing juga tentang tutorial simple lainnya yang bisa digunakan untuk mempercantik blog. See you on my next post ya.. ^_^ Makasiiiih..


Sumber gambar:
Page views : https://www.seoclerk.com/pics/218361-1JbTfg1399795721.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara