Kamis, 13 Juli 2017

# review # review hotel

Hotel Wilis Indah, Hotel Terjangkau di Kota Malang

Ceritanya sudah tiga kali lebaran terakhir ini kami dan keluarga dari Probolinggo menginap di Malang. Tujuan utamanya adalah silaturahmi, karena keluarga besar eyang utinya Sakha semua di Malang. Kami menghabiskan waktu hari pertama dan kedua lebaran disini, otomatis harus nginep dua malam. Biasanya hotel andalan kami menginap saat lebaran adalah Hotel Megawati. Saya juga pernah nginep di Hotel Megawati saat hanimun dulu..



Nah pas puasaan kemarin saya dan ayah Sakha rasanya pengen cari suasana hotel yang baru. Rasanya pengen banget ngajak keluarga Probolinggo ini buat nginep di Same Hotel. Karena dulu kami pernah nginep sana kan, fasilitasnya oke banget. Namun sayang harga hotel Same saat lebaran tidak bersahabat dengan kantong, bisa sampe 700 ribu per malam di aplikasi Traveloka atau Pegipegi.


Karena kami harus pesan dua kamar, satu untuk kami sendiri dan yang satunya untuk eyang uti, eyang kakung dan tante Sakha, jadinya pilih hotel dengan budget yang agak ramah. Nah khusus kamar kedua harus pakai extra bed karena kan satu kamar diisi orang tiga. Kesalahan kami juga sih kenapa kok ga pesen hotelnya jauh-jauh hari, misal pesen 3 bulan sebelumnya gitu, siapa tau dapet harga murah kan ya.. :D Duh jadi inget kisah kesalahan kami dulu saat mau travelling.


Setelah cari-cari hotel sampe pusing di semua aplikasi hotel semacam Traveloka, Pegi-pegi, Mister Aladin, Booking.com, dan Agoda, akhirnya nemulah kami hotel yang harganya masuk akal saat hari lebaran. Cari hotel kali ini bener-bener menguras tenaga, lelah banget, level lelahnya kayak ngebenerin bug yang tak kunjung selesai..halaah.. :D

Lha gimana, saat nemu harga hotel yang murah ternyata pas kami telfon mereka bilang ga menyediakan extra bed. Dapet hotel yang murah lagi, ndilalah extra bednya dihargai 300ribu.. alamak jaang.. Kami mundur teratur. Pas nemu hotel Wilis Indah ini kami berharap disediakan extra bed. Dan bener aja pas kami telfon, pihak hotel bilang kalau tersedia extra bed disana. Harga extra bednya Rp. 100.000 udah plus sama breakfast. This is affordable price!

Langsung dah kami booking hotel tersebut dua kamar dua hari. Kamar yang kami pesan berjenis Standard Fan, dengan fasilitas free wifi dan free breakfast. Harga perharinya adalah Rp. 358.000. Plus kami dapet diskon 10% dari Traveloka. Lumayan banget biaya hotel tidak membengkak dari anggaran.. :D
Detail order
Jeng jeng jeng.. Hari H menginap pun tiba. Setelah insiden spion kaca mobil pecah saat perjalanan mudik Probolinggo - Malang, rasanya pengen segera istirahat leyeh-leyeh bobok. Plus setelah muter-muter silaturahmi ke beberapa keluarga Malang, rasanya badan pengen sembujung sejenak. Sekitar maghrib kami baru cuzz untuk check-in ke hotel.


Hotel Wilis Indah ini terletak di pusat kota Malang, tepatnya di Jalan Dr. Wahidin No. 40, lumayan dekat dari Stasiun Kota Baru Malang. Ancer-ancer gampangnya adalah di seberang SMPN 3 Malang. Kesan pertama kami saat memasuki hotel ini adalah....bersiiiih.. Yes, walaupun hotel ini termasuk bangunan tua, tapi kebersihannya sangat terjaga. Kesan sangar dan angker pun ga terasa di hotel ini karena lampunya benderang banget.

Proses check-in di hotel ini sangat cepat. Ayah Sakha cuma menunjukkan KTP aja. Selesai melunasi biaya extra bed, kami memasuki kamar untuk beristirahat. Oh iya, FYI kalau biaya extra bed ini ga bisa dibayar atau dibooking dulu. Jadi harus bener-bener bayarnya pas kita check-in. Hotel terdiri dari dua lantai. Kami mendapat kamar di lantai satu nomer B5. Anw, yuk mari kita ulas bagian-per bagian hotel ini..

Lobby
Kesan pertama saya saat masuk lobby hotel ini adalah sunyi. Lobby hotel ini luas namun sayang kursi yang disediakan terbatas. Kursi yang disediakan itu bukan sofa, namun hanya kursi tunggu semacam di rumah sakit atau apotek. Dekorasi di lobby ini juga sangat simple.
Lobby hotel
Kamar
Keadaan kamar hotel ini sangat bersih. Ruangannya juga cukup luas. Lampu yang terang bikin pemandangan kamar jadi elegan. Kamar hotel ini memiliki jendela yang sangat besar dengan tirai yang lebar. Walaupun jendela kamar ga bisa dibuka, tapi bisa kasih efek cahaya yang banyak saat pagi dan siang tiba. Daripada ga ada jendela blas kayak pengalaman kami nginep di hotel C3 Ungaran dulu.

Baca : C3 Hotel. Hotel Pilihan di Ungaran

Fasilitas di kamar ini cukup lengkap. Terdapat bed, meja rias, kursi, rak, TV layar datar, kipas angin (fan), cermin, dan air mineral. Namun sayang tidak disediakan lemari pakian yang digunakan untuk menggantung pakaian. Oh ya sistem kunci di kamar ini juga masih menggunakan kunci manual, ga menggunakan kartu seperti di hotel pada umumnya.
TV, kipas angin dan rak kecil
Kursi meja
Di teras depan terdapat kursi dan meja yang bisa digunakan untuk duduk bersantai sembari menikmati hijaunya taman di hotel ini. Yes, saat membuka pintu kamar terdapat taman yang bikin suasana jadi makin adem dan hommy.
Meja dan kursi di depan kamar
Ceritanya hotel ini dekat dengan rel kereta api. Jadi di jam-jam tertentu jangan kaget kalau hotel tiba-tiba bergetar karena kereta lewat. Hal tersebut merupakan sensasi tersendiri. Kami ga merasa terganggu dan Sakha happy-happy ae. Sakha juga happy main di taman hijau di depan kamar. Ga lupa juga kami berfoto di area depan kamar.. :D
Main tembak di taman
Foto bareng di depan kamar
Bathroom
Saya paling demen sama kamar mandinya karena luas dan bersih. Yes, kalau faktor kebersihan hotel ini juara banget dah. Lantainya keset banget, membuktikan kalau hotel ini terawat dengan baik..wkwkkw..
Wastafel hotel
Di kamar mandi disediakan wastafel, kloset duduk dan shower. Showernya bisa ngeluarin air hangat juga. Walaupun kadang si air anget secara tiba-tiba bisa panas sendiri, tapi tetep acceptable lah dengan harga hotel yang murah meriah. Oh ya FYI, disini hanya disediakan toiletries berupa sabun dan handuk. Seperti shampoo, sikat gigi dan odol tidak disediakan. Untung kami udah bawa dari rumah.. :D
Kloset dan shower
Bed
Seperti hotel lain, bed hotel ini menggunakan double bed size king. Nah pas booking di Traveloka terlihat kalau kamar yang pake fan tu dapet single bed, tapi ternyata kenyataanya engga..hoho..
Double bed yang nyaman
Bednya ga terlalu tinggi, jadi bikin Sakha gampang buat naik turunnya. Saya tidur pules di bed hotel ini. Walaupun kamar ini ga menggunakan AC, kami semua tetep bisa bobok nyenyak di bed ini.

Breakfast Buffet
Saat breakfast para tamu ga perlu menunjukkan tiket atau menyebutkan nomor kamar. Langsung saja datang ke area makan. Jam sarapan ini dimulai dari pukul 06.00 sampai pukul 09.00.

Menunya rata-rata adalah masakan rumahan. Di hari pertama disediakan nasi, pecel, rawon, tempe goreng, telor goreng dan cwimie Malang. Hari kedua menunya ga jauh berbeda yaitu nasi, sop ayam, lodeh, tempe, telor goreng dan cwimie Malang. Rasanya enak kok. Kami sukses nambah cwimienya..hoho..
Sarapan yang simple tapi enak rasanya
Disediakan pula roti tawar plus selai bagi yang ga pengen makan nasi. Ada pula kopi dan teh hangat sebagai minuman penghangat pagi. Sayangnya untuk buah tidak disediakan.

Service
Overall service si hotel ini memuaskan. Proses check-in dan check-out juga tidak memakan waktu lama. Mas-mas resepsionis juga ramah menjawab pertanyaan.

Wifi di hotel ini lumayan cepet speednya. Mungkin petugas hotel kemarin lupa memberi tahu password wifinya, jadi saya harus tanya dulu ke bagian resepsionis.

What's Near The Hotel
Sebenernya hotel ini ada di tengah kota Malang, tapi emang tempatnya deket dengan kompleks sekolahan jadinya agak sunyi gitu. Kalau malam-malam perut kelaperan, nasi goreng gerobak di sebelah hotel bisa diandalkan. Rasanya enak banget, harga pun murah.

Kalau mau ke minimarket memang jaraknya agak jauh, jadi ya musti naik kendaraan. Tapi di sekitar sini kemarin saya lihat ada toko dan warung kecil yang menjual kebutuhan kecil sehari-hari.

Tempat wisata paling dekat dari hotel ini adalah bunderan Tugu Malang. Tapi ya emang kami niat ke Malangnya cuma buat silatirahmi, jadi ga sempat jalan-jalan..huhuhu..

Baca : Bundaran Tugu dan Alun-Alun, Tempat Rekreasi Ramah Anak Yang Murah Meriah Di Kota Malang


* *  *

Overall menginap di hotel ini cukup memuaskan, saya kasih rate 4.5 dari 5. Harga hotel Wilis Indah saat lebaran ini termasuk murah meriah. Fasilitas yang didapat juga oke. Saya sempat intip di Traveloka, di hari normal tarif hotel ini adalah 200 ribuan. Sangat terjangkau kan buat tempat menginap saat kita berwisata di kota Malang. Hotel ini sangat cocok untuk tempat istirahat. Nilai plus yang lain adalah hotel ini memiliki parkiran yang luas..hoho.. Ini penting banget bagi pengunjung yg membawa mobil..
Parkiran luas
Sekiaan review hotel dari saya. Semoga bermanfaat ya.. ^_^

Ringkasan :
Nama Tempat : Hotel Wilis Indah
Alamat : Jalan Dr. Wahidin No 40 (Lokasi dekat SMPN 3 Malang dan Stasiun Kota Baru)
Range harga kamar : Rp.200.000 - Rp. 400.000
Pros : Lokasi strategis di pusat kota, hotel bersih banget, kamar luas, sarapan enak, wifi cepat, parkiran luas dan staff yang ramah
Cons : Toiletries tidak lengkap
Rate : 4.5/5

2 komentar:

  1. terima kasih untuk informasi hotelnya. rekomendasi untuk tamu yang ingin menginap di Malang dengan budget yang pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali..semoga bermanfaat.. :)

      Hapus

Follow Me @granitprihara