Kamis, 08 Desember 2016

# curhat # tutorial

Tips Belanja Hemat dan Nyaman Saat Harbolnas


Horee..sebentar lagi kita akan memperingati Harbolnas, yaitu Hari Belanja Online Nasional. Tahun ini Harbolnas sudah diperingati pada tanggal 11 November 2016 lalu. Tapi jangan khawatir, bagi yang belum sempat menikmati belanja saat 11.11, silahkan menikmati penawaran spesial saat Harbolnas pada tanggal 12 Desemmber 2016 ini. 

Hampir seluruh e-commerce di Indonesia menyediakan penawaran terbaiknya. Tentunya banyak diskon gila-gilan yang ditawarkan. Jangan sampai kita hanya terfokus pada diskon besar dan terburu-buru dalam melakukan pembelian. Berikut ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan saat belanja di Harbolnas :
  1. Koneksi Internet yang Lancar
    Yup, koneksi internet yang lancar merupakan suatu keharusan supaya nyaman berbelanja online. Jangan sampai barang-barang incaran gagal dibeli karena internet kita bermasalah.

  2. Online Lewat PC
    Saya lebih menyarankan membuka situs e-commerce lewat PC saja daripada lewat hp. Karena kalau lewat PC kita bisa buka banyak tab browser, tentunya dengan tampilan yang lebih besar sehingga nyaman di mata dan meminimalisir salah klik.

  3. Tentukan Barang yang Ingin Dibeli
    Sebaiknya kita memiliki target barang apa aja yang pengen dibeli. Apakah itu kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Dengan adanya daftar ini bisa bikin kita ga terlalu konsumtif dan kalap.

  4. Periksa Harga Pasaran
    Jangan tertipu dengan diskon besar. Saya sempat teringat ada iklan diapers seharga 1 JUTA di salah satu e-commerce beberapa waktu lalu. Harga sejuta itu dicoret diganti dengan harga puluhan ribu saja dengan embel-embel diskon 90%. Ini maksud saya, cermatlah dalam melihat harga produk. Biasanya penjual akan menaikkan harga dahulu, sebelum mereka memberikan diskon yang besar. Sebaiknya selalu periksa harga asli produk di pasaran.

  5. Cek Reputasi Toko
    Ini berlaku ketika kita membeli produk di pihak ketiga, yaitu suatu toko atau perseorangan yang menjual barangnya di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dll. Jangan hanya tergiur dengan barang murah yang dijual di toko tersebut, namun perhatikanlah reputasi toko. Apakah toko itu masih baru atau sudah lama. Berapakah transaksi yang berhasil dilakukan toko tersebut. Jangan lupa juga selalu cek testimonial customer lain pada barang yang akan kita beli.

  6. Masukkan Barang yang Ingin Dibeli dalam Wish List
    Sebaiknya kita sudah menandai barang yang akan kita beli sebelum Harbolnas tiba. Jadi akan meminimalisir keduluan orang lain, karena kita masih asik-asik searching, eh dianya udah bayar. Bisa-bisa kita gagal beli produk tersebut karena udah habis. Jadi manfaatkan fitur Wish List dalam berbelanja online.

  7. Baca Info Produk Secara Detail
    Biasanya saat beli barang online kita hanya fokus pada judul iklan dan gambar saja. Sebaiknya mulai sekarang kita lebih detail dalam membaca informasi produk. Baca baik-baik mulai dari spesifikasi hingga kondisinya, sesuaikan dengan gambarnya.

  8. Baca Syarat dan Ketentuan
    Jangan langsung kalap dan menggebu-gebu saat melihat diskon yang besar. Perhatikan syarat dan ketentuan untuk mendapatkan diskon tersebut. Jika sesuai dengan kriteria kita, barulah membelinya. Selain itu di beberapa e-commerce memberikan syarat ketentuan yang berbeda untuk mendapatkan ongkos kirim gratis, jadi kita harus lebih teliti ya.

  9. Perhatikan Sistem Pembayaran
    Ini penting, sebaiknya kita memilih sistem pembayaran virtual atau internet banking. Supaya kita ga jauh-jauh pergi ke ATM buat transfer..hehehe.. Pembayaran virtual lebih direkomendasikan karena tidak ada tahap konfirmasi pembayaran, jadi barang pesanan kita bisa langsung diproses oleh penjual.

  10. Selalu Simpan Bukti Pembayaran
    Sebaiknya selalu simpan bukti transfer untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pada periode harbolnas seperti ini, online shop pastinya akan kebanjiran order. Hal tersebut memungkinkan penjual untuk menjadi kurang teliti dan melakukan kesalahan dalam mengirim barang. Dengan adanya bukti pembayaran akan mudah untuk mengurus kesalahan tersebut.
Demikianlah tips-tips belanja saat Harbolnas supaya lebih hemat dan nyaman. Sudah siap berburu diskon saat Harbolnas? Yukk.. Let's go!! Semangat menyambut Harbolnas :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara