Jumat, 14 Oktober 2016

# mainan # mom & kids

Ketika Emak Tak Mampu Membelikan Hafiz / Hafizah Talking Doll

Pasti rata-rata ibu-ibu udah ga asing lagi kan dengan talking doll Hafiz dan Hafizah. Boneka canggih mainan edukasi anak sekaligus sebagai media belajar anak-anak masa kini dengan tujuan agar anak menjadi cerdas dan sholeh. Berdasarkan info yang saya baca, boneka Hafiz mampu merespon suara kita pada kata-kata tertentu. Selain itu boneka Hafiz juga hafal Al Quran 30 juz , bisa menceritakan kisah 25 Nabi dan memiliki games Islami dan pengetahuan umum serta banyak fitur yang lainnya.

Dengan segala kelebihannya itu, banyak sekali ibu-ibu yang pengen belikan untuk anaknya. Harganya ga murah, sekitar 1,2 juta per boneka. Di baby shop yang saya follow di instagram banyak juga yang menawarkan sistem arisan. Saya juga kepengen beli boneka ini untuk Sakha. Pas minta pendapat ke ayah Sakha untuk beli boneka ini sudah bisa ditebak sih jawabannya apa. Hahaha.. ternyata ayah Sakha ga ngebolehin beli boneka ini karena saya baru aja belikan Sakha buku Halo Balita. Mending fokus di buku dulu, untuk audio Al Quran bisa didownloadkan dari internet. Oke, saya terima :)

Baca : Buku Halo Balita, Investasi Untuk Sakha?

Namu seiring berjalannya waktu, mendownloadkan audio Al Quran serta lagu-lagu untuk Sakha hanya sekedar wacana saja. Mungkin karena kesibukan emak sama bapaknya Sakha, ngantor dari pagi sampe sore. Pulang-pulang udah capek buat buka laptop lagi untuk download-download. Mending waktunya dibuat main sama Sakha aja. Akhirnya saya kepikiran gimana caranya Sakha bisa dengerin audio Al Quran dengan gampang dan bisa dibawa kemana mana. 

Googlinglah saya kesana kemari, akhirnya nemu yang sesuai kriteria saya. Harganya ga mahal, tapi fiturnya lumayan. Pastinya ga selengkap talking doll itu, tapi karena harganya yang masuk akal ini saya akhirnya membelinya. Misal nanti ternyata barangnya ga oke, saya bisa move on ke barang serupa yang lain tanpa menyesal dengan embel-embel "sudah beli mahal-mahal"..hehehe.. dasar ibu-ibu ya sukanya prinsip ekonomi modal sekecil-kecilnya hasil sebesar-besarnya.. :D

Saya membeli langsung 2pcs, karena yang satu rencananya buat kado lahiran temen. Waktu itu saya beli di Tokopedia, harganya ga sampai 100 ribu per pcsnya. Apakah barang itu? Penasaran kan ya...hehehe.. Jeng..jeng..jeng.. barang itu adalah "Apple Learning Quran". Beginilah penampakannya. 
Apple Learning Quran
Jadi apa yang membuat saya tertarik sama mainan ini? Mainan ini berbentuk buah apel yang kelihatannya nyaman untuk digenggam. Dengan mainan ini bisa membantu anak untuk mengenal dan menghafal surat-surat pendek Al Quran dan juga doa-doa harian. Kurang lebih seprti ini fitur lengkapnya :
  • 26 doa harian : doa bangun tidur, doa masuk kamar mandi, doa keluar kamar mandi, doa ber wudhu, doa pagi hari, doa makan, doa sholat jenazah, doa memakai baju, doa keluar rumah, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa naik kendaraan, salam, doa menjenguk orang sakit, doa bersin, Duaa after klatch, doa hujan, doa sakit, doa kubur, doa melihat bencana alam, doa berterima kasih, doa niat puasa, doa buka puasa, doa, masuk rumah, doa sore hari, doa mau tidur. 
  • 26 surat pendek : At-Tariq, Al-Balad, Ash-Shams, Al-Layl, Ad-Duhaa, Ash-Sharh, At-Tin, Al-Alaq, Al-Qadr, Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, Al-'Adiyat, Al-Qari'ah, At-Takathur, Al-'Asr, Al-Humazah, Al-Fil, Quraish, Al-Ma'un, Al-Kauthar, Al-Kafirun, An-Nash, Al-Massad, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas.
  • Nasheed anak dalam bahasa arab : thanks the parents, love Allah and love Massanger, Ramadhan is Coming, the full moon rose, the ceed of the onenes Allah, alphabet  
  • Doa Sholat : Kalimat Tauhid , Syahadat , Adzan , Doa Sholat Takbir awal sampai salam .
Lumayan lengkap lah fiturnya menurut saya.  Ohya mainan ini juga dilengkapi proyektor unik dan cantik bentuk bulan bintang yang mengeluarkan warna. Selain itu juga dilengkapi tali gantungan sehingga bisa dikalungkan di leher seperti HP.

Bagaimana reaksi Sakha pas mainin ini? Dia seneng banget dan paling tertarik sama proyektor lampunya. Dia anteng pas dengerin surat-surat pendek sambil ngelihatin lampu proyektor bintang-bintang. Mainan ini cocok banget buat penghantar Sakha bobok. Sayang ga ada fitur pengaturan volume, jadi kalau berasa suaranya terlalu keras saya tutup lubang volumenya sedikit. 
Bermain Apple Learning Quran
Mainan ini masih kepakai sampe sekarang. Mainan ini udah berumur 1 tahunan tapi masih awet aja walaupun dibanting-banting Sakha. Jadi mungkin untuk ibu-ibu yang ingin membelikan mainan audio Al Quran dengan bugdet yang ga mahal, mungkin Apple Learning Quran ini bisa dijadikan pilihan. Semoga postingan saya bermanfaat ya, sampai jumpa di postingan yang lainnya :)

UPDATE (6 Maret 2017):
Akhirnya mainan ini rusak saat Sakha udah berusia 2,5 tahun..hikz.. Sebenernya lampunya masih bisa nyala, tapi tombol-tombolnya ga respon sama sekali saat dipencet. Mungkin karena mainan ini kebanting keras atau jatuh dari meja, saya lupa tepatnya gimana. Tapi lumayanlah mainan ini udah nemenin Sakha selama 2 tahun ini..

Sumber Gambar :
Boneka Hafiz/Hafizah : https://www.tokopedia.com/belovedliving/promo-harga-termurah-hafiz-talking-doll-free-ongkir
Apple Learning Qur'an : http://kadokidi.com/wp-content/themes/wptoko-YAK/scripts/timthumb.php?src=http://kadokidi.com/wp-content/uploads/2013/05/Apple-quran1.jpg&w=280&h=250&zc=2&q=100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara