Selasa, 16 Juli 2019

# curhat # shop

Belajar Jualan Online

Sebelum mengajukan resign saya udah berencana akan memulai berjualan online. Walaupun alasan utama resign adalah faktor keluarga, ga ada salahnya untuk menambah beberapa lembar rupiah untuk tambahan uang makan . Sepertinya berjualan online ga membutuhkan effort berlebih seperti kerja kantoran. Saya nyadar diri banget ga bakat memproduksi sendiri barang yang layak jual, jadinya saya fokes jadi reseller aja.

Sempet galau juga mau memutuskan untuk berjualan apa. Temen saya yang sudah berkecimpung dan sukses di dunia bisnis online memberi saran untuk menjual sesuatu yang saya suka. Setelah berpikir dan berdiskusi bareng pak Yayan, diputuskanlah untuk menjual pernak-pernik hiasan rumah alias Home Decor. Semenjak pindahan rumah tahun lalu saya demen banget utak-atik rumah biar lebih cantik. Entah kenapa itu bikin saya happy.

Tambah happy ketika banyak teman atau keluarga yang memuji hasil utak-atik saya, seperti saat mengerjakan proyek ruang sholat beberapa waktu lalu. So saya memutuskan akan berjualan barang yang ingin saya pajang di rumah..hohoho..

Oh ya berhubung pak Yayan punya cita-cita pengen jualan bunga, saya berusaha merealisasikannya. Walaupun yang dijual bukan bunga hidup seperti kemauan beliau sih..hehehe. Saya fokus menjual bunga artificial saja. Lebih praktis, anti rontok dan tanpa nyiram! Searching ke beberapa online shop, akhirnya nemulah seller yang cocok yang berasal dari China sana.

Bismillah, akhirnya kami kulak'an dalam jumlah yang lumayan. Termasuk nekat juga karena ini momen pertama kalinya kami import barang..hohoho..

Setelah penantian panjang kurang lebih selama tiga minggu, barang yang kami beli akhirnya datang juga. Sempat deg-deg'an dan ngedown karena jumlah barang yang diterima cuma separuh dari barang yang kami pesan. Sempat mikir juga "Weleh, jangan-jangan ga direstuin jualan online nih.." Setelah kami konfirmasi ke penjual ternyata memang pengiriman dipecah menjadi dua resi..huhuhu. Cuma resi pertama aja yang diinput ke dalam sistem.

Lega sudah, setelah beberapa hari menanti akhirnya semua barang lengkap kami terima. Waktunya memasarkan produk! Produk saya pasarkan pertama kali lewat whatsap story. Kaget banget waktu itu karena responnya baik. Temen-temen pada butuh hiasan untuk mempercantik rumah menjelang lebaran tiba. Alhamdulillah saya banjir orderan bonsai plastik. Padahal waktu itu saya belum resign. Jadinya malam hari lembur-lembur untuk packing barang. Nikmatnyaa.. Berikut beberapa contoh barang dagangan saya..hohoho..
Bonsai best seller
Bonsai bola lucu
Kebetulan waktu itu saya juga lagi pengen mempercantik dapur saya. Kepikiranlah untuk mencari wadah penyimpanan bawang. Alhamdulillah nemu seller yang cocok dan ternyata barangnya bagus. Rak bawang ini cantik banget, begini penampakannya..
Best seller!
Alhasil saya langsung kulak'an beberapa rak bawang untuk dijual lagi, plus varian home decor lain seperti tempat tissue, rak sudut, tempat gantungan kunci dan tempat penyimpanan. Alhamdulillah banyak temen-temen yang beli juga. Ya mungkin karena efek mau Idul Fitri kali ya, jadinya fokus mempercantik rumah. Ga lupa mempercantik hati tentunya.

Singkat kata sebelum resign, target pasar adalah teman-teman saya dulu. Setelah resign saya baru menyiapkan platform online untuk jualan. Mulailah bikin akun di Instagram, Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Pengennya di JD.ID juga, eh tapi baru tau ternyata seller di JD.ID harus level supplier utama.

Alhamdulillah resmi juga saya berjualan online. Dulu sewaktu Sakha bayi saya sempet jualan online juga, produknya adalah parfum Bali Ratih plus beberapa preloved barang Sakha yang sudah tidak terpakai. Waktu itu nama toko yang saya pakai adalah "Almarikha2nd" yang artinya "Almari Sakha Second". Kali ini nama toko online yang saya pakai adalah "Sakhakhi Gallery" yang artinya "Sakha Sakhi Gallery". Semoga bisnis kecil-kecilan ini memberi berkah untuk keluarga kami khususnya Sakha dan Sakhi. Aamiin.

Bagi pembaca yang ingin membeli pernak-pernik home decor dengan budget terjangkau silahkan mampir ke instagram @sakhakhi.gallery ya. Atau bisa juga beli lewat Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Cari aja nama toko dengan keyword "Sakhakhi Gallery" . Stok yang paling up to date biasanya di Shopee sih. Untuk testimoni bisa cek di hashtag #testisakhakhi ya..

Thank you for reading! Have a good day my friend..


Sumber gambar :
Online shop : https://i2.wp.com/carainvestasibisnis.com/wp-content/uploads/2019/01/Online-Shop.jpg?fit=660%2C330&ssl=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara