Jumat, 23 November 2018

# kuliner

Menikmati Semangkok Bakso Urat di Bakso Alex Kusumanegara

Masih di seputaran Jalan Kusumanegara yang selalu jadi rute sehari-hari ke daycare Sakhi, kami menemukan tempat kuliner perbaksoan. Pertama kali kesini karena ada teman yang bilang kalau rasa bakso disini mantab banget, harganya juga ga terlalu mahal seperti bakso Telkom..hehehe.. Cuz dah kami mencobanya..


Mirip seperti outlet Mie Kepang yang juga berada di Jalan Kusumanegara, di outlet Bakso Alex ini juga lahan parkirnya terbatas. Untung ada petugas parkir yang selalu sigap membantu untuk mencarikan parkir. Seringnya kami makan di Bakso Alex ini pas istirahat makan siang, ya mungkin sebulan dua kali kami selalu menyempatkan makan disini.


Tepatnya Bakso Alex berlokasi di Jalan Kusumanegara no 111, Muja Muju, Umbulharjo Jogja. Tepat di sebelah Apotek Mari Sehat Indonesia. Ciri khas outlet bakso dominan dengan warna kuning dan hijau. Pengunjung outlet bakso saat siang hari ini lumayan ramai. Setelah duduk di kursi kami dihampiri oleh mas waiters yang memakai peci khas, beliau akan mencatat pesanan kami. Di masing-masing meja yang tersedia juga sudah dilengkapi dengan daftar menu, jadi tinggal dipilih saja.
Menu makanan
Menu minuman
Pada daftar menunya tertulis kalau tersedia menu ayam goreng dan siomay, tapi pada daftar menu utama yang tertempel di dinding rupanya menu itu sudah dicoret. Teman saya berniat memesan siomay, tapi ternyata gak tersedia waktu itu.

Pada akhirnya kami memesan menu bakso urat dengan minum es teh manis. Suami saya agaknya sangat kelaparan, beliau memesan sepiring nasi putih juga sebagai pelengkap. Btw jarang banget kedai makan bakso yang menyediakan nasi putih lho. Dulu pernah beli bakso di kedai Bakso Cak Masrur tuh gak ada menu nasi putihnya, jadinya suami saya kurang kenyang. Di kedai bakso Kharisma Jaya yang tersohor di Jogja pun tak ada menu nasi putih kisanak.

Baca : Di Jogja Kangen Bakso Jawa Timur? Mampir Ke Bakso Cak Masrur Aja..

Oh ya di Bakso Alex ini, selain terdapat menu perbaksoan juga tersedia menu mie ayam. Untuk minuman terdapat pilihan lain seperti es jeruk, es buah, aneka juice dan es cappucino. Sekilas dilihat dari daftar menu sih harganya lumayan agak mahal, tapi apakah worth it? Yuk mari diicip, pesanan udah datang nih.
Penampakan Bakso Alex
Semangkuk bakso urat yang saya pesan berisi empat buah bakso urat, mie putih dan dua buah gorengan, tercampur dalam kuah kaldu yang bening. Di atasnya terdapat taburan bawang goreng dan daun seledri. Jika beruntung, biasanya ada tetelan daging yang ikut di kuahnya. Aroma daging sapi sangat terasa saat bakso ini disajikan. Nyummi! Walaupun kuah kaldunya bening, rasanya tetep kuat. Oh ya terdapat juga sayuran berupa daun sawi yang disajikan terpisah. Suami saya gak demen sayuran ya langsung saya lahap lah.

Pentol bakso urat disini tergolong cukup besar. Umumnya bakso urat ini disebut bakso kasar. Penampakannya aja yang agak keras, eh pas digigit itu lembut banget. Kenyalnya pas! Rasanya daging banget, sedap dan enak menurut saya. Cocok di lidah saya, ya mirip bakso Jawa Timuran gitu rasanya. Setiap makan bakso disini saya selalu minta tambahan lepek untuk meracik saos cocolan. Perpaduan antara saus sambal, saus tomat dan kecap berhasil berbaur dengan bakso sebelum masuk ke mulut saya. Enak banget! Semangkok bakso urat ini sukses mengganjal perut saya, ya karena emang porsinya banyak.

Di kesempatan lain saya pernah memesan menu bakso komplit. Semangkok bakso komplit berisi dua buah bakso urat, tiga buah bakso halus, mie putih dan dua buah gorengan. Dan ini bikin kenyang juga gaes, karena pentol bakso halus ini diameternya lebih gede daripada pentol bakso urat. Kalian musti coba deh..hohoho..

Oh ya bakso urat dihargai Rp. 18.000 per mangkoknya. Emang rada agak mahal dibandingkan bakso pada umumnya, tapi rasanya enak banget menurut saya. Nagih! Outlet bakso Alex Kusumanegara buka sedari jam 09.00 sampai dengan jam 21.00. Tempatnya bersih dan nyaman. Bagi yang penasaran, cuzz langsung kesana deh, worth it.


UPDATE APRIL 2019
Shock juga saat teman mengabarkan kalau Bakso Alex Kusumanegara tutup. Masih ga percaya saya lanjut cari infonya di instagram resmi bakso Alex. Dan benar saja pemirsa, bakso favoritku tutup! Sedih sangat..
Bakso Alex tutup gaes
Berdasarkan kata teman yang mengulik info dari juru parkir Bakso Alex tutup karena gak kuat bayar izin usaha yang mahal. Saya kepo lagi di instagramnya bakso Alex, ternyata bener-bener udah ga ada cabang di Jogja. Ya mungkin izin usaha di kota ini mahal?

Yang pasti semoga makin sukses di kota lain Bakso Alex. Semoga ke depannya bisa buka cabang di Jogja lagi, ya karena bakso uratmu paling juara di lidah kami.




Ringkasan :  
Nama : Bakso Alex
Lokasi : Jalan Kusumanegara no. 111, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta
Jam buka : 09.00 - 21.00    
Range harga makanan : Rp. 4.000 - Rp. 25.000
Range harga minuman : Rp. 4.000 - Rp. 12.000 
Porsi : Kenyang
Rasa : Enak banget
Rating : 4.8/5

2 komentar:

  1. belom coba bakso jawi pasti.. hehe
    deket sekolah sakha, tapi jam pulang kantor pasti udh habis..
    coba deh mba..
    jangan lupa extra bakso goreng.. nyaaamm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah.. aku malah baru ngerti Bakso Jawi mba.. bar googling ternyata cabange akeh yo mbaa.. Siaap, kapan2 takcobaaa.. :*

      Hapus

Follow Me @granitprihara