Rabu, 26 September 2018

# mom & kids # wisata jogja

Minggu Ceria di Perpustakaan Grhatama Pustaka Jogja

Ceritanya beberapa waktu lalu sekolah Sakha mengadakan kunjungan ke perpustakaan. Sakha happy banget disana. Saya dan suami sering banget lewat perpustakaan Grhatama tapi belum pernah masuk sama sekali, eh malah Sakha yang udah pernah kesitu duluan. Lokasi perpustakaan ini pas di sebelah JEC alias Jogja Expo Center.


Nah di rumah saya tanya-tanya ke Sakha, mau ga main ke perpustakaan lagi? Dia jawab mau gitu. Saya juga cerita ke Sakha kalau saya belum pernah kesana, kira-kira Sakha mau ga jadi tour guide. Sakha bilang mau mau mau dengan semangatnya. Yaudahlah hari Minggu pagi kami berangkat ke perpustakaan.
Perpustakaan kota Jogja ini bernama Grhatama Pustaka, terletak di Jalan Janti, sebelah JEC pas. Ciri-cirinya gampang banget, terdapat empat menara menjulang tinggi ke angkasa plus halaman gedung ini sangat super luas.
Jam buka perpus ini adalah pukul 08.00 - 22.00 saat weekdays dan pukul 08.00 - 16.00 saat weekend. Saat hari libur nasional perpus ini tidak buka. Tempat parkir motor ada di sebelah kanan gedung, indoor gitu. Sedangkan tempat parkir mobil ada di sisi kanan dan kiri gedung. Kami memilih untuk memarkir mobil di sisi kanan gedung.

Perpus ini memiliki tiga lantai dimana lantai satu adalah khusus untuk anak. Sebelum memasuki area khusus anak ini kami dipersilahkan untuk mengisi buku tamu digital alias memakai perangkat komputer. Tarif masuknya adalah enol rupiah alias gratis.

Terdapat banyak ruangan di lantai satu khusus anak ini, yaitu Ruang Bermain, Ruang Dongeng Anak, Ruang Koleksi Buku Anak, dan Ruang Musik. Udah pasti tau kan destinasi favorit Sakha mana? Yaps, Ruang Bermain! Langsung dia menggeret tangan kami untuk memasuki ruangan itu.
Sebelum masuk ruangan pengunjung diminta untuk menempatkan alas kaki di tempat yang disediakan. Disini disediakan rak sepatu dan sandal yang terbuat dari pipa paralon. Sakha semangat banget dah jadi tour guide dan bilang "Ama, sebelum masuk sandalnya ditaruh sini ya ama *sambil nunjuk-nunjuk".
Rak sepatu dan sandal
Bagi yang ingin menyimpan tas bawaan, jangan sungkan untuk meminta kunci loker kepada petugas. Disediakan banyak loker disini, jadi pengunjung bisa bebas barang bawaan karena kan semua dimasukin loker. Cukup memberikan kartu identitas ke petugas aja, kita udah dapet kunci lokernya. Jadi keinget arena permainan Kidzooona nih, disediakan loker juga disana..
Loker yang tersedia

Memasuki Ruang Bermain kami dipersilahkan untuk mengisi absensi. Ruang bermain ini cukup luas. Jenis permainannya pun bermacam-macam, mulai dari perosotan, tenda-tendaan, rumah-rumahan, boneka, puzzle, balok dan beraneka macam permainan kayu. Ada pula bean bag yang bisa digunakan untuk leyeh-leyeh. Yang pasti disini adem! Bermain jadi tambah seru karena ditemani dengan iringan lagu anak-anak di layar kaca.
Suasana ruang bermain
Sakha puas banget main disini, karena waktu itu emang pengunjungnya ga terlalu banyak. Saat Sakha asik bermain prusutan, saya lihatin dia sambil goleran di bean bag plus sambil mangku Sakhi.
Rumah-rumahan
Tenda-tendaan
Eh dia goleran juga
Capek bermain prusutan Sakha lanjut ngajak main puzzle dan aneka jenis permainan kekayuan. Permainan puzzle, kekayuan dan boneka ini ditempatkan di rak meja tempat petugas berjaga. Jadi untuk memainkannya harus bilang dulu sama petugas, minta tolong diambilkan gitu. Dengan begini bisa mengajarkan Sakha untuk berani speak up juga. Dia bilang sendiri ke mbak penjaga untuk main puzzle dan balok. Selesai bermain dia juga mengembalikan dengan tidak lupa bilang terimakasih ke petugas. Good job!
Main balok dulu
Asyiknya lantai di ruangan ini dialasi dengan karpet dengan motif rumput yang terjaga kebersihannya. Jadi berasa adem dan asri gitu seperti di taman. Kami sangat menikmati sesi main balok kayu sambil goleran di lantai ini. Selang berapa lama Sakha ngajak ke ruangan yang ada bukunya. Cuzz dah..

Ruang Koleksi Buku Anak luasnya ga terlalu besar. Ruangan dilengkapi meja kursi kecil untuk kenyamanan membaca anak. Duduk lesehan pun dipersilahkan. Saat itu lagi ramai-ramainya pengunjung. Sebelum masuk seperti biasa harus mengisi absensi terlebih dahulu. Walaupun ruangannya ga terlalu besar, tapi koleksi buku anak-anak disini cukup lengkap. Banyak banget board book sejenis Halo Balita dan Rabbit Hole ada disini.
Ruang Koleksi Buku Anak


Karena saking ramainya pengunjung bikin Sakha ga terlalu nyaman di dalam sini, akhirnya dia ngajak keluar dong. Padahal saya masih pengen baca buku anak-anak biar awat muda..#halah

Oh ya fyi Sakhi adem ayem tidur digendongan saya, ini brarti perpus ini bisa dikatakan tempat yang nyaman untuk bayi..hehehe.. Oh ya Sakha mengajak ke ruangan lain yaitu Ruang Musik. Kali ini Sakha masuk sana ditemenin ayahnya aja. Saya ga tega menganggu nyenyaknya tidur Sakhi dengan suara musik, jadinya kami nunggu di luar aja, duduk di bawah pohon yang rindang.
Menunggu Sakha
Di bagian tengah gedung terdapat kursi yang melingkari pohon. Di bawahnya terdapat rumput sintetis yang membuat suasana jadi lebih adem. Saya nyaman berlama-lama disini sambil menunggui Sakha dan ayahnya. Walaupun siang itu cuaca sangat terik tapi saya ga ngerasa kepanansan disini.
Suasana taman outdoor
Penampakan menara dari bawah
Ini nih oleh-oleh Sakha main di Ruang Musik. Ayah Sakha yang ambil fotonya. Ya semoga Sakha nanti bisa main alat musik ya, apapun itu. Maklum emak bapaknya ga ada yang berdarah seni nih, ga bisa main alat musik, bisanya cuma coding.. dan testing tentunya..hehehe..
Main flute
Main biolanya gini amat mas
Puas bermain musik Sakha ngajak pulang nih. Katanya dia laper gitu..hehehe.. Sebenernya disediakan kantin disini, tapi biar praktis ya udah lah mending pulang makan aja sekalian beli cemilan di jalan. Sebenarnya ada satu ruangan lagi nih yang belum dikunjungi yaitu Ruang Dongeng Anak. Mungkin next time kalau kesini lagi bisa saya ulas..
Penampakan ruang dongen dari luar
Okay kayaknya sekian dulu sharing saya tentang Perpusda Jogja alias Ghratama Pustaka ini. Menurut saya tempat ini cocok banget untuk destinasi liburan keluarga. Main-mainnya dapet, edukasinya pun dapet juga kan ya. Gratis pula..

Bagi yang mau kesini nih saya jepretin ketentuan yang harus dipatuhin selama di perpus.
Peraturan Perpusda
Selamat berkunjung ya.. 

See you on my next post..



Ringkasan :
Nama Tempat : Grhatama Pustaka Yogyakarta
Alamat : Jalan Janti, Wonocatur, Banguntapan, DI Yogyakarta (Sebelah Jogja Expo Center)
Jam buka : Weekdays (08.00 - 22.00), weekend (08.00 - 16.00)
Harga tiket masuk : Gratis
Fasilitas : Lantai 1 (Ruang Bermain, Ruang Koleksi Buku Anak, Ruang Musik, Ruang Dongeng, Bioskop 6D)
Rate : 4.8/5

2 komentar:

  1. waa.. sip2.. buat yg blum pernah kesitu bermanfaat banget ni infonya mbk granit.. keren perpustakaannya.. mulanya saya ragu mo kesini, bayangan saya perpus itu isinya buku thok, trus disana harus tenang, senyap, ga boleh brisik n biasanya ga ramah anak.. tapi beda jauh ma bayangan saya ya..keren perpus ini.. jadi ga sabar pengen kesana.. makasi ya mbk buat infonya 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba Nani, terimakasih dah mampir ke blog saya. Semoga kunjungan ke perpusnya menyenangkan ya.. :)

      Hapus

Follow Me @granitprihara