Selasa, 18 September 2018

# kuliner

Malam Mingguan di Essen Choco Pot

Flashback dulu ya, dulu setiap malam minggu seringnya kami sekeluarga keluar untuk jalan-jalan. Paling sering tu malem mingguan ke Lippo Plaza, karena itu mall paling deket dari tempat kami tinggal waktu itu. Nah kadang juga kami sempatkan untuk ngemil cantik di kedai pisang bakar Ghifari. Tapi sayang sekarang udah tutup bin bangkrut dia. Jadinya bingung kan mau malmingan kemana selain ngemol..


Saya inget beberapa waktu lalu di grup arisan PT Ungu Terong ada yang share pernah makan di kafenya Roti Essen di Jalan Gedongkuning. Jalan Gedongkuning ini merupakan rute sehari-hari saat nganter sekolah Sakha. Saya malah baru tau kalau toko Roti Essen ini ada kafenya di lantai dua. Cuzz dah akhirnya malam minggu saya ngajak  Sakha dan ayahnya kesini..hohoho..

Ini cerita flashback ya, jadinya Sakhi belum terdeploy di dunia waktu itu..hehehe.. Toko Roti Essen terletak di Jalan Gedongkuning no 48 A, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Gampang banget kok ditemuin, Indomaret Gedongkuning ke selatan sedikit, nanti toko kuenya ada di kanan jalan dengan plang warna orange yang mencolok..

Waktu malam minggu pengunjungnya lumayan banyak, jadinya agak kerepotan untuk memarkir mobil. Toko roti ini area parkir mobilnya sangat terbatas, terpaksa harus parkir di pinggir jalan di depan rumah warga. Tapi ga papa kok, tukang parkirnya cukup cekatan dan bertanggung jawab.

Sampe di toko roti ini kami langsung cuzz ke lantai dua, di area kafenya. Surprisingly ternyata yang rame pengunjung tuh toko kuenya bukan kafenya. Kafenya sepi banget, padahal itu udah masuk jam makan malam. Oh ya nama kafe disini adalah Essen Choco Pot. Konon menu spesialnya adalah cokelat panas di dalam wadah cangkir gerabah alias Choco Pot itu.
Suasana tangga di lantai dua
Kami memilih tempat duduk di pinggir jendela. Jadi bisa menikmati pemandangan lalu lintas Jalan Gedongkuning dari lantai dua. Lumayan bisa jadi hiburan tersendiri untuk Sakha. Pas banget karena dia lagi suka sama mainan bertema transportasi seperti Robocar Poli dan Tayo. Saat bus Trans Jogja yang berwarna biru lewat, Sakha semangat banget bilang "Amaaaa..itu bus Tayo lewat amaaa!".
Tempat duduk pinggir jendela
Mba waiters bergerak cekatan saat tau kami duduk. Beliau memberikan daftar menu dan dengan ramah menjawab saat kami bertanya tentang menu yang terasa kurang familiar. Range harga makanan disini cukup terjangkau menurut saya. Menu makanannya pun beragam, mulai dari bistik, ayam-ayaman, nasi bakmoy, mie ayam, fish & chip, pasta, zuppa soup, dan pancake. Yes, lebih banyak menu westernnya ya..hehehe..
Menu makanan halaman 1
Menu makanan halaman 2
Menu makanan halaman 3
Untuk ragam minumannya pun tak kalah banyak lho. Ada minuman panas dan dingin. Beragam jenis choco pot, susu, jus dan minuman lainnya tersedia disini. Kamipun sempat bingung untuk memilih menu apa yang akan dipesan. Untung si mbak waiters sabar banget menunggu.
Menu minuman halaman 1
Menu minuman halaman 2
Menu minuman halaman 3
Akhirnya diputuskan untuk memesan Fish & Chips dan Pancake Strawberry Keju. Untuk minumannya entah kenapa kok kami ga kepikiran untuk memesan Choco Pot. Mungkin karena malam itu cuaca cukup panas, jadinya pengen minum yang dingin-dingin, alhasil pesan Jus Melon dan Es Cappucino. Atau mungkin waktu itu saya lagi hamil Sakhi ya, hawanya sumuk dan haus terus kan jadinya..hehehe..

Baca : Kabar Baik Itu Datang Lagi

Sambil menunggu pesanan datang saya asik memperhatikan sekeliling kafe. Arsitektur kafe ini agak western gitu, tapi ada unsur Jawa nya. Dinding kafe ini dihiasi berbagai macam wallpaper stiker bernuansa London. Namun furniture yang digunakan semua dari kekayuan yang difurnish cokelat gitu. Perpaduan tersebut membuat suasana di kafe ini semakin hangat dan hommy.
Suasana kafe
Tempat duduk dekat jendela
Dari tempat duduk dekat jendela tersebut saya bisa melihat pemandangan di lantai bawah yaitu toko roti yang ga pernah sepi pengunjung.
Pemandangan lantai satu
Beberapa menit menunggu akhirnya pesanan kami datang..horeeeeee.. Saya review satu-satu ya disini..

Fish & Chips
Porsi Fish & Chips disini lumayan banyak, tapi ga sebanyak porsi ala Mc D. Daging ikannya lembut dan tepungnya ga terlalu tebal gitu. Rasanya dominan gurih. Potongan ikannya pun dibuat ga terlalu besar, mungkin biar gampang dimakan. Sakha suka banget, apalagi saya ya. Kalau chips alias kentang gorengnya standart aja. Dia gorengnya garing di luar, tapi di dalamnya rada empuk. Sakha suka-suka aja apalagi dilengkapi dengan saos tomat maemnya.
Fish and chip
Pancake Strawberry Keju
Pancakenya lembuuut banget. Topping es krim strawberrynya banyak banget. Taburan kejunya juga melimpah. Sebenernya yang pesen menu ini adalah ayah Sakha, tapi beliau ga habis gitu lho. Dengan bahagia saya yang menghabiskan.. lha enaaaak..hehehe..
Pancake strawberry keju
Jus Melon
Jus melonnya super kental banget. Buih-buihnya sampe banyak gitu dan rasanya maniiis. Di lidah saya sih cocok-cocok aja. Harganya lebih mahal dari jus King Juice tapi rasanya lebih enak di Essen ini menurut saya.
Jus melon dan kawan-kawan
Baca : King Juice, Raja Juice di Jogja

Es Cappucino
Ayah Sakha bilang es cappucinonya premium gitu, bukan kayak cappucino yang sachet-an dan tinggal seduh itu. Cappucino ini disajikan dengan gula cair yang terpisah. Cappucinonya juga kental banget. Kafe ini ga pelit dalam menyajikan minumannya, semuanya kental dan enak. Worth it sama harganya. Pas saya nyicip juga rasanya juga nampol dan memang kerasa kayak bukan cappucino murahan..hehehe..

Oh ya jujur aja kami betah berlama-lama disini. Tapi karena hari udah semakin malam dan waktu itu Sakha pengen liat kuda (alias dokar) di jalan Malioboro, yaudah deh kami langsung capcus.

BacaCantiknya Wajah Baru Malioboro Jogja

So menurut saya tempat ini sangat recommended untuk destinasi nongkrong syantik alias untuk ngemil-ngemil sambil refreshing. Kalau misalkan kurang cucok dengan menu makanan di kefe ini, pengunjung tinggal turun ke bawah untuk membeli aneka jenis roti dan kue, oh ya jajanan pasar ada juga lhoo.. Lengkap kan.. Gimana penasaran kah? Langsung cuz malam mingguan kesini yaaa..



Ringkasan :   
Nama : Essen Choco Pot 
Lokasi : Jalan Gedungkuning no 48A, Rejowinangun, Yogyakarta  
Jam buka : 06.30 - 21.30 
Porsi : Kenyang
Rasa : Enak banget 
Rating : 4.9/5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara