Senin, 30 Juli 2018

# mom & kids # playground

Hore Sakha Main Seru di Kidzooona Hartono Mall Jogja

Tahun ini kami merayakan lebaran di perantauan, ga mudik gitu. Kenapa? Ya karena saya baru lahiran Sakhi di bulan April lalu. Untuk bawa Sakhi mudik kok kasian, terlalu kecil. Apalagi harus melalui perjalanan kurang lebih delapan jam naik mobil, seperti saat mudik lebaran tahun lalu.

Baca : Cerita Lahiran Adik Sakha

Baca : Cerita Mudik Lebaran 2017

Lebaran di Jogja ini rasanya sepi banget, karena ya gak kumpul bareng keluarga. Tetangga perumahan juga pada mudik semua. Kami cuma silaturahmi ke tetangga sebelah aja karena beliau-beliau mudiknya di hari H lebaran setelah selesai sholat Ied.

Selesai makan opor ayam seadanya, kami mulai mati gaya dong. Mau kemana kita? Masak cuma mau di rumah aja. Tercetuslah ide untuk jalan-jalan, pengen tau lalu lintas kota Jogja pas lebaran gini. Trus kepikiran juga pengen ajak Sakha main seru di Kidzooona.

Dari dulu pengen banget ngajak Sakha kesana, tapi belum kesampaian karena lokasinya sungguh jauh dari tempat tinggal kami. Trus takutnya udah melewati perjalanan jauh, tapi ternyata sampe sana rame gitu. Jadinya ga bisa menikmati kan. Tapi kalau lebaran gini kan harusnya disana sepi. Lha masak orang asli Jogja pas lebaran gini ngajak anaknya ngemall? Pastinya diajak silaturahmi unjung-unjung ke keluarga besar kan..

Kidzooona Jogja terletak di Hartono Mall Lantai 2, ga jauh dari lokasi arena bermain Fun World. Cari aja arena permainan yang paling terang pencahayaannya dan itulah Kidzooona..hehehe..

Baca : Serunya Main di Fun World, Hartono Mall Jogja

Benar aja dugaan saya, suasana Kidzooona siang itu cukup sepi. Kami datang sekitar pukul 12.00 di hari lebaran. Jadi tiketnya termasuk hari libur yaitu Rp. 90.000 per jamnya. Kalau hari biasa Rp. 60.000 per jam. Harga tiket itu termasuk untuk satu orang pendamping. Untuk tambahan pendamping kena tarif Rp. 30.000 per orangnya.
Tarif tiket masuk Kidzooona
Kabar gembiranya adalah untuk baby usia di bawah setahun tiket masuknya gratis dong. 0 tahun Rp. 0! Hore Sakhi gratisss hore..hehehe.. Jadinya Sakha sepaket sama ayahnya, sedangkan Sakhi sepaket sama saya. Bayar Rp. 90.000 sejam ga papa ya, demi kebahagiaan empat manusia ini. Maklum di zaman kanak-kanak saya dan ayah Sakha tuh ga ada mainan model beginian. Eh tapi Sakhi belum ngerti ding, jadi ya demi kebahagiaan tiga manusia ini..hehehe..

Sebelum masuk arena permainan kami harus memakai gelang penanda gitu, plus dikasih kunci loker. Loker bisa digunakan untuk menyimpan sandal, sepatu, atau tas. Sama dengan arena playground yang lain seperti Kiddy Playland, disini pengunjung juga diwajibkan memakai kaos kaki. Untungnya saya udah siap kaos kaki dari rumah..hehehe.. Kalau kelupaan, bisa beli disini seharga Rp. 5.000 untuk kaos kaki anak dan Rp. 10.000 untuk kaos kaki dewasa.

Menyimpan barang di loker

Baca : Bahagia Dengan Rp. 25.000 di Kiddy Playland Lippo Plaza Jogja

Selesai menyimpan barang di loker, kami langsung cuz ke arena permainan. Jangan lupa hape dicas full ya! Wajib dibawa nih hape, buat foto-foto. Masak udah bayar mahal ga ada dokumentasinya..wkwkwk.. Bukan cuma kegiatan main seru anak aja yang wajib diabadikan, ke-ndesoan ibuknya pun harus wajib dijepret. Kayak gini nih..
Bola, kenapa kau bagus sekali. Dulu di jamanku kecil kau tak ada
Yes, masuk arena permainan Kidzooona ini mata kami langsung terfokus pada lautan bola biru yang tersebar di sebagian besar ruangan. Hasrat untuk nyemplung pun kian tak tertahankan. Sakha super duper happy naik turun prosotan. Emaknya masih aja mainin bola-bola itu. Ayah? Ya yang moto dong..
Happynya naik turun prosotan
Permainan prosotan disini dilengkapi dengan mainan panjat tebing dan permainan ketangkasan dengan tali. Sakha betah banget di spot ini. "Ayo nak, kita coba permainan yang lain.. masih banyak mainan yang lebih seru!", ajak saya ke Sakha. Padahal si emak ga mau Rp. 90.000 terbuang percuma hanya untuk mandi bola..hehehe..
Permainan panjat tebing
Masih di sekitar lautan mandi bola terdapat seluncuran dari balon raksasa alias istana balon. Mirip kayak yang ada di pelataran JEC waktu hari Minggu, cuman bedanya disini masih bersih, bagus, dan tak ada tembelan lakban disana sini..
Istana balon di tengah lautan bola

Baca : Minggu Pagi Mati Gaya? Ke Pelataran JEC Aja Yuk..

Puas dengan lautan bola kami rada move on sedikit ke area lompat-lompat. Pernah tau kasur angin? Nah disini kayak ada semacam kasur angin raksasa yang digunakan untuk lompat-lompat. Seru sekali, Sakha sama ayahnya lompat-lompat disitu. Saya pengen ikutan lompat juga, tapi kan waktu itu saya nggendong Sakhi yang lagi bobok dengan nyenyaknya.
Kasur angin raksasa untuk lompat-lompat
Capek lompat-lompat, saatnya main yang kalem-kalem ya. Waktunya bermain peran! Kidzooona menyadiakan arena pretend play profesi untuk anak. Anak bisa berpura-pura menjadi penjual es krim, penjual bunga, petugas kantor pos, penjaga swalayan, dokter, perawat, petugas pemadam kebakaran, polisi bahkan jadi narapidana.. :D Lengkap dengan kostumnya lho..
Area pretend play
Baca : Macam-macam Pretend Play Untuk Anak

Hmmm..agak heran aja sama Sakha, padahal di rumah dia demen banget main pura-pura. Sukanya main dokter-dokteran dan petugas pemadam kebakaran. Tapi pas di Kidzooona ini Sakha kurang minat. Jadi agak maksa dong saya, masak udah bayar mahal ga dicoba semua mainannya..hahaha.. Maafkan amamu ini Sakha..
Sakha terpaksa nih pura-pura jadi petugas pemadam kebakaran
Rupanya eh rupanya ternyata Sakha lebih tertarik untuk naik ke atas balon raksasa sambil main bola-bola melayang. Dia dari tadi ngeliatin ada anak nangkring di atas balon raksasa kayak seru gitu. Akhirnya dia pengen main juga dong. Jadi ada udara yang keluar dari lobang balon, kalau bola plastik ditaruh di atasnya otomatis akan melayang. Sakha heboh banget mainin ini.
Sakha betah di atas sini
Setelah cukup lama nangkring di atas balon, saya ga kehabisan ide biar Sakha mau coba mainan lain. Saya bilang kalau ada lego raksasa gitu. Soalnya saya liat ada benda mirip kayak lego tapi gede banget, tapi dia bukan lego..ah bingung kan. Kayak gini bentuknya..
Betah juga main disini
Di area ini Sakha juga betah banget. Dia bikin rumah-rumahan menurut imajinasinya. Saking asiknya main, dia ga mau ikut acara game untuk anak-anak pengunjung Kidzooona. Yes, kayaknya di Kidzooona tu setiap berapa jam sekali ada event game gitu untuk pengunjung. Yang ikut bisa dapet merchandise gitu.

Di sebelah area lego raksasa ini ada dua buah roda raksasa yang terbuat dari balon. Jadi anak bisa masuk ke dalam lobang rodanya gitu. Kalau anak berjalan maju, otomatis rodanya bakal maju juga. Sakha sempat main sebentar. Dia ga mau jalan dong, takut katanya. Ya udah cuma ndlosor gini aja dia..
Roda raksasa
Oh ya ada satu permainan yang menarik banget buat saya. Saya ga tau namanya sih, intinya dia itu kumpulan stick. Kalau kita tekan stick itu pake tangan, maka akan bisa mencetak tangan. Apa sih namanya? Bentuknya kayak gini nih..
Permainan apa ini?
Tau sedang asik memainkan mainan itu, Sakha nyamperin saya dong. Eh ternyata dia juga kegirangan banget pas mainin ini. Dia sampe cetak wajahnya gitu. Kebentuk wajah, ditekan-tekan lagi, cetak lagi. Gitu terus sampai bosan..hehehe..

Ga kerasa udah hampir satu jam kami main di Kidzooona ini, tapi kok nama Sakha dan Sakhi belum dipanggil sama mbak operator. Akhirnya lanjut deh Sakha main sepeda lengkap dengan track dan rambu-rambu lalu lintasnya. Sakha tampak kesulitan mengayuh sepedanya, soalnya si sepeda ini bentuknya ceper banget.
Naik sepeda ceper
Disini juga ada permainan pasir kinetik, tapi kali ini Sakha ga terlalu tertarik untuk main itu. Mungkin karena udah keseringan main di rumah ya..hehehe.. Padahal di Kidzooona ini cetakan pasirnya besar-besar, mirip kayak di stand pasir kinetik waktu ada acara Wonder Field Festival beberapa bulan lalu.

Baca : Sekarang Main Pasir Ga Harus ke Pantai Lho...

Baca : Keseruan di Wonder Field Festival, Plaza Ambarukmo Yogyakarta

Saat mau pulang saya baru sadar juga kalau ternyata area permainan baby sama toodler tu dipisah. Lah dari tadi brarti Sakhi sama saya main di area toodler terus dong! Hahaha.. Padahal tujuannya dipisah kemungkinan biar si bayi ga kena tabrak, lempar, tendang atau sikut di anak toodler.. :D
Area permainan untuk bayi
Permainan di area baby cukup lengkap lho, ada tanjakan, prusutan, mandi bola, alat musik, dan juga perpustakaan mini. Untuk bunda yang ingin menyusui bayi, silahkan gunakan nursing room di dalam area ini. Wow asik!
Area ketangkasan bayi
Nursing room
Di playground ini misal jam main anak udah habis, maka akan ada petugas yang woro-woro lewat speaker gitu untuk memanggil nama si anak. Udah sejam lebih dikit nih, tapi nama Sakha dan Sakhi belum dipanggil aja waktu itu. Oke karena kami sadar diri, kami siap-siap untuk keluar..hehehe..

Untung Sakha ga ada rewel-rewelnya waktu menyudahi sesi bermain. Good job! Overall, menurut saya main disini sangat menyenangkan. Mainan disini terawat dengan baik, bersih banget gitu. Saya tanya ke ayah Sakha kira-kira apa yang membuat tempat ini mahal tiket masuknya? Beliau cuma jawab, "Lihat aja itu bolanya..ga ada yang mbladus sama sekali, tiap minggu pasti dibersihin ini. Maintenancenya mahal".. Hahaha, masuk akal juga..

Oh ya pencahayaan di Kidzooona ini super terang, jangan takut hasil fotonya jelek ya..hahaha.. Tertarik? Yuk mari main sini..

Fyi, di bulan Juni lalu Kidzooona buka cabang baru lho. Tempatnya di Jogja City Mall. Wah bisa jadi alternatif lain kalau angon anak disana bosan sama Amazone..

Baca : Main Sepuasnya di Amazone Jogja City Mall (JCM)

Makin penasaran kan buibu? Cuzzz dah..

2 komentar:

Follow Me @granitprihara