Senin, 23 Juli 2018

# curhat # diapers

Sakhi dan Diapersnya (Part 1)

Saya mau sharing tentang penggunaan diapers pada Sakhi, anak kedua saya. Sebelumnya flashback yuk saat dulu saya mencoba-coba merk diapers yang cocok di kulit Sakha si kakak Sakhi, plus yang cocok di kantong saya. Setelah pencarian yang berliku-liku, Merries Good Skin lah yang menjadi juaranya.

Baca : Lika-liku Diapers Sakha

Dulu saya sempat idealis abis, tergerak untuk go green dengan menggunakan clodi. Dulu sahabat saya kasih kado clodi waktu lahiran Sakha. Sakha sempat pake clodi saat dia belum ikut merantau di Jogja, maklum saya ada yang bantu cuci-cuci waktu itu. Pas balik ke rantau, balik ke kehidupan nyata dong. Pengennya Sakha tetep pake clodi, tapi saya udah bayangin ga sanggup cucinya. Pulang kerja menjelang maghrib udah capek banget ini badan. Biarlah clodi itu menjadi hak adik Sakha nanti, siapa tau nanti pas anak kedua tuh saya jadi lebih rajin..hehehe..

Ternyata oh ternyata pas lahiran Sakhi kemarin, di RS tuh Sakhi udah langsung dipakein diapers alias popok sekali pakai. Pas lahiran kemarin saya juga ngerasa pemulihannya lebih lama, plus saya jadi gampang capek gitu. Yaudin clodinya masih kesimpen manis di lemari. Padahal sebelum HPL Sakhi, si clodi udah saya cuci bersih dan wangi lho.

Baca : Cerita Lahiran Adik Sakha

Okelah, walaupun saya udah nemu diapers yang bagus untuk Sakha yaitu Merries Good Skin. Lantas apakah saya akan memakaikan diapers ini ke Sakhi? Ternyata tidak, saya masih pengen cari-cari diapers yang lebih murah yang kualitasnya lebih bagus daripada Merries Good Skin..hehehe.. tentunya dengan pertimbangan baca pengalaman atau review ibuk-ibuk lain di forum online atau di blog.. Yang lebih murah selalu lebih menarik, dasar emak-emak banget ya!

Okelah, mari kita mulai ulasan rentetan diapers yang pernah dipake Sakhi yaaa. Ulasan ini akan dibagi jadi dua part. Part 1 tentang diapers bertipe Tape alias tipe Perekat yang pernah dipake Sakhi. Part 2 tentang diapers bertipe Pants alias celana..

1) Fitti Rainbow Tape
Ini adalah diapers pertama yang dipakai Sakhi, dapetnya dari RSKIA Sadewa waktu lahiran. Sebenarnya dari rumah saya udah siapin Pampers Premium Care untuk diapers Sakhi, tapi ternyata dapet diapers gratisan dari RS. Beda banget kayak lahiran Sakha dulu yang setelahnya full dipakein popok kain.

Baca : Tanya BPJS Untuk Melahirkan di RSKIA Sadewa

Baca : Finally We Meet Our Little Prince!!!!

Fitti Rainbow Tape
Saya pernah kepo harga diapers ini di Shopee, untuk ukuran S yang berisi 12 pcs dihargai sekitar Rp. 14.000 per bagnya. Murah banget kan, jatohnya cuma Rp. 1.200 per pcs nya.

Plus :
  • Bahannya lembut
  • Bentuknya tipis cocok untuk bayi baru lahir
  • Tidak bocor samping
  • Sakhi tidak ruam popok walaupun telat ganti diapers
  • Murah

Minus :
  • Perekatnya terlalu kuat jadi ga bisa melar, teksturnya kayak selotip

2) Pampers Premium Care Tape
Beli diapers ini dengan ukuran New Born berisi 28pcs di Pamela swalayan sekitar Rp. 60.000 per bagnya. Jatohnya per pcsnya Rp. 2.100 an gitu. Dulu pas beli mikirnya ini untuk bayi baru lahir lho, jadinya harus yang premium soalnya kulitnya masih sensitif banget kan.
Pampers Premium Care NB
Nah walaupun ukuran NB, tapi ternyata diapers ini ukurannya lebih besar dari Fitti tape ukuran S. Jadi diapers ini agak ditekuk gitu di bagian sekitar pusar pas dipake Sakhi. Karena di hari-hari awal lahirnya Sakhi sering banget pup, jadinya sehari bisa habis sampe 6 diapers gitu. Akhirnya saya tersadar juga kalau ini mahal..hehehe.. Jadinya saya ga repurchase lagi. Kebetulan Sakhi juga dapet beberapa kado lahiran berupa diapers juga. Syukurlah.

Plus :
  • Bahannya lembut banget
  • Tipis tidak bulky. Setelah dipipisin juga tetep tipis.
  • Terdapat indikator pipis berwarna kuning. Kalau baby pipis akan berubah jadi hijau.
  • Motifnya lucu berwarna soft
  • Tidak bocor samping
  • Sakhi tidak ruam popok walaupun telat ganti diapers

Minus :
  • Mahal

Baca : Kado Lahiran Sakhi

3) Mamypoko Extra Dry Tape
Stok diapers Pampers Sakhi udah mulai menipis, akhirnya belanja ke Pamela swalayan lagi untuk hunting diapers yang agak murah..hehehe. Tapi sayang pas ngajak ayah Sakha belanja tuh beliau kayak ga rela kalau anaknya yang baru lahir dikasih diapers yang murah, takut iritasi katanya..hehehe.. Akhirnya setelah hunting diputuskan untuk membeli Mamypoko Extra Dry ukuran New Born berisi 30pcs seharga Rp. 56.000. Jadi per pcsnya dapet harga sekitar Rp. 1.800.
Mamypoko Extra Dry NB
Diapers ini bermotif Winnie The Pooh. Terdapat indikator pipisnya juga, jadi bisa lebih gampang untuk ngecek pee baby. Karet perekatnya juga bisa melar dengan gampangnya. Cuman yang agak gak sreg ini kenapa saya ngerasa kalau diapers ini kependekan buat badan Sakhi..hehehe.. Selain itu diapers ini jadi bulky banget kalau udah kena pee.

Plus :
  • Bahannya lebih lembut dari Fitti dan Pampers Premium
  • Terdapat indikator pipis sama seperti Pampers Premium 
  • Di bagian dalam warnanya ijo, jadi bikin enak dipandang aja pas ganti diapers..hehehe.. Dan saya baru tau kalau ternyata warna ijo itu adalah bahan penyerap khusus dan mampu menyerap pipis selama 12 jam.
  • Tidak bocor samping
  • Sakhi tidak ruam popok walaupun telat ganti diapers

Minus :
  • Tebal alias bulky, bikin Sakhi rada ngangkang pas pipisnya agak penuh
  • Agak mahal? *mahal atau murah itu relatif ya..hehehe..

Alhamdulillah pas stok diapers mau habis, rejeki Sakhi dapet kado lahiran berupa MamyPoko Extra Dry juga tapi yang ukuran S. Spesifikasinya sama kayak yang New Born ini, cuma yang ukuran New Born tuh ada lekukan di bagian pusarnya, biar tali pusarnya tetep terbuka gitu, ga ketekan sama diapersnya. Nah kalau yang ukuran S ga ada lekukannya gitu.
Lekukan di bagian pusar

4) Mamypoko Standar Perekat
Ceritanya saya minta tolong ayah Sakha buat belikan diapers ke Pamela swalayan. Saya bilang belikan yang merk Mamypoko Extra Dry gitu yang isi 84 gitu. Soalnya saya liat kapan hari dia lagi promo, jatohnya bisa murah banget per pcsnya. Eh sama ayah Sakha dibelikan yang tipe Standar dong sekaligus dua bag, karena kan saya pesennya tadi 84 diapers. Huft..hahaha..dasar lelaki..
Mamypoko Standar Perekat NB-S
Mamypoko Standar ini adalah diapers tipe ekonomis dari merk Mamypoko. Harga per bagnya Rp. 46.000 dengan isi 44pcs ukuran New Born - S, jadi cuma Rp. 1.000 an per pcs nya. Ukuran diapers ini lebih besar daripada Mamypoko Extra Dry ukuran S lho.

Plus :
  • Ukuran lebih besar tapi lebih tipis daripada Mamypoko Extra Dry
  • Tidak bocor samping
  • Sakhi tidak ruam popok. Tapi kalau telat ganti bisa lembab gitu pantatnya. Jadi kalau pakai diapers ini harus diganti 3 atau 4 jam sekali.
  • Murah banget

Minus :
  • Bahan agak kasar
  • Kalau anak berubah posisi si diapers ini bisa bunyi kresek2 gitu
  • Bentuknya kotak, ga fit, agak susah diadjust
  • Karet di paha nyeplak kalau dipake Sakhi
  • Tidak colourfull, cuma satu warna

Berikut gambar perbandingan Mamypoko Extra Dry dan Mamypoko Standar yang berhasil saya abadikan :
Keliatan kalau ukuran tipe standar lebih besar
Bagian dalam diapers

5) Sweety Bronze Comfort
Stok diapers sudah mulai menipis lagi, iseng-iseng saya cek Shopee cari diapers apa sih yang terlaris dan harganya ga terlalu mahal. Saya tertarik banget dengan merk Sweety Bronze Comfort. Baca reviewnya bagus kan, langsung dah saya beli dengan memanfaatkan Shopback biar dapet cashback. Langsung beli dua bag biar dapat subsidi free ongkir.

Baca : Nyaman Belanja Online Plus Dapat Cashback, Cobain Shopback Yuk!

Sweety Bronze Comfort
Harga diapers ini di Shopee waktu itu adala Rp. 45.000 untuk ukuran New Born - S, dapet 44 biji pula. Saya harus membayar ongkir Rp. 10.000 karena yang Rp. 20.000 udah disubsidi Shopee. Yah intinya jatohnya diapers ini per pcsnya sekitar Rp. 1.100. Murah kan!

Setelah barang datang ternyata diapersnya bagus lho! Menurut saya kualitasnya jauh lebih baik daripada Mamypoko Standar, padahal mereka sama-sama di kelas diapers ekonomis. Saya jadi mikir, yang varian Bronze aja bagus gini apalagi Sweety yang Silver atau Gold ya..

Plus :
  • Bahannya lembut banget, mirip kayak bahan Pampers Premium Care
  • Tipis, setipis Pampers. Kalau bayi pipis juga ga bikin bulky.
  • Motif kartun yang lucu walaupun masih satu warna aja, ga colourfull
  • Gampang diadjust
  • Sakhi tidak ruam popok walaupun telat ganti diapers
  • Murah banget
Minus :
  • Cuttingnya lebih kecil daripada Mamypoko
  • Sakhi pernah bocor samping pas pake ini, terutama pas pup

* * *

Oke sekian ya sharing saya tentang diapers tipe Tape alias tipe Perekat yang pernah dipake Sakhi. Dari tipe tape di atas, saya paling sreg dengan Sweety Bronze Comfort karena walaupun harganya ekonomis tapi kualitasnya cukup bagus. Mungkin bagi yang ingin mencobanya, sebaiknya beli size yang lebih besar satu tingkat, mengingat cuttingnya kecil kan.

Untuk sharing tentang diapers tipe Pants alias tipe celana yang pernah dipake Sakhi bisa bacak link di bawah ini ya..

Baca : Sakhi dan Diapersnya (Part 2)

Sekali lagi, diapers itu cocok-cocokan kok. Semua kembali ke kondisi masing-masing ibu dan si kecil..


Sumber gambar :
Cartoon : https://media.istockphoto.com/vectors/baby-diaper-bright-vector-children-illustration-isolated-on-whi-vector-id497859544?k=6&m=497859544&s=612x612&w=0&h=izxAkz5CmHtK_dIHQZPunZVLrZib6znj_S7tYtWnQ5Y=

2 komentar:

  1. mbak, kalo di orami itu setiap bulan desember pampers bisa diskon smpe 12%.. di desember aku bisa nyetok buat 3-6 bulan.. datengnya berkardus2, smpe ayahnya abi malu, soalnya tak jatohin di kantor ayahnya abi.. hihihi.. tapi bulan desember dst biasanya diskonnya turun, kalo udh gitu, aku larinya ke clandys.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ciyus mbaaa?.. ntar desember aku cek lagi deh orami..huwahahaha..
      hooh sama ini jg tak alamatkan ke kantor.. mesti di ciye ciye in lho habis belanja apa gitu sama orang kantor..wkwkwk..padahal yo blonjo pampers..
      mba jujur ki..aku rung tau neng clandys lhoo.. cuzz lah tapi wedi tergoda baju2 lucu..

      Hapus

Follow Me @granitprihara